Sahabat, pernahkah Anda mendengar istilah storytelling? Atau, pernahkah Anda kesulitan saat menceritakan suatu hal kepada orang lain? Padahal, sebelumnya Anda telah mempersiapkan segalanya. Kesulitan dalam menceritakan sesuatu berbentuk storytelling dialami banyak orang. Dan inilah mengapa Anda harus mempelajarinya. Memahami storytelling akan membuat Anda selangkah lebih maju dalam untuk menjadi seorang copywriter jempolan. Dan bagi seorang copywriter, kemampuan storytelling yang dimilikinya akan sangat berpengaruh pada bisnis yang saat ini sedang dijalankan. Dengan membuat storytelling yang bagus, tentunya akan berguna untuk meningkatkan reputasi brand dan juga meninggalkan kesan mendalam pada masyarakat yang menjadi target dari brand tersebut. Pembaca Jejualan, simak artikel pentingnya storytelling untuk bisnis online berikut ini.

Pengertian Storytelling

Pengertian storytelling sebenarnya sangat luas. Namun pengertian storytelling yang paling umum adalah teknik atau kemampuan menceritakan tentang kisah, adegan, peristiwa maupun dialog. Storytelling dimaksudkan untuk menyajikan cerita dengan cara, gaya penyampaian, dan intonasi yang diharapkan menarik minat pembaca.

Pentingnya storytelling untuk bisnis online

Saking banyaknya pengertian storytelling, para ahli digital marketing sendiri masih berbeda pemikiran. Hal ini karena sering dikaitkan dengan pemasaran konten ata cerita yang hendak disampaikan pada pelanggan. Pada umumnya, storytelling untuk brand mengambil latar belakang sejarah perusahaan serta menyangkut visi dan misinya. Artinya, storytelling ini bertujan merepresntasikan karakter brand atau merek dalam sebuah cerita.

Hanya saja, dalam pembuatan cerita tersebut tetap harus memperhatikan karakter pembaca, bagaimana mengatur intonasi, dan pemilihan kata yang tepat. Sebuah cerita atau storytelling akan dikatakan berhasil apabila pembaca merasa terhibur.

Storytelling kerap dijadikan sebuah konsep dasar bagi para ahli pemasaran untuk membedakan dirinya dengan competitor. Pemasar akan mencarai cara untuk menawarkan potensi pada pembacanya. Maka tak heran, storytelling telah menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran.

Manfaat Storytelling

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya storytelling untuk bisnis online, sekarang mari kita membahas manfaat dari storytelling. Ada tiga manfaat utama storytelling yang bisa Anda dapatkan. Berikut penjelasannya untuk Anda:

  • Storytelling yang baik dapat menarik perhatian pembaca. Dengan framing promosi dengan cerita yang menarik, tentu akan menjadi faktor ketertarikan pembaca untuk memperhatikan copywriting Anda.
  • Storytelling membuat pesan yang ingin Anda sampaikan mudah diingat pembaca. Membuat copyrwriting yang menarik tentu menjadi keharusan untuk bisa menarik lebih banyak orang.
  • Manfaat lain dari storytelling adalah pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Tentunya ini akan sangat efektif jika diterapkan pada iklan Anda.

Teknik Storytelling

Setelah mengetahui tentang bagaimana pengertian storytelling, dan juga beberapa manfaat yang akan didapatkan, sekarang saatnya Anda tahu beberapa teknik cara membuat storytelling. Terdapat beberapa teknik storytelling paling populer:

Sparkline

Teknik storytelling pertama yang harus Anda ketahui adalah Sparkline. Sparkline adalah teknik storytelling yang menceritakan perbedaan antara yang terjadi, harapan yang diinginkan, serta langkah yang seharusnya dilakukan. Sebelum membuat storytelling dengan teknik ini, umumnya storytelling akan melakukan pemetaan struktur cerita dengan kehidupan nyata.

Intinya adalah menulis. Dengan menuliskan permasalahan yang dialami dalam kehidupan nyata, tentunya akan menarik perhatian pembaca. Sebagai copywriter, Anda harus dapat menuangkan harapan serta membarikan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Teknik ini sangat cocok untuk mempengaruhi pembaca secara emosional dan mengajak pembaca menemukan solusi dari Anda.

Start False

Selanjutnya adalah Start False. Ini adalah teknik storytelling memulai cara memulai dengan sebuah cerita tentang kegagalan, lalu dari kegagalan tersebut Anda sanggup menemukan solusi yang inovatif untuk mengatasi dan memecahkan permasalahannya. Teknik Start False sering digunakan untuk membuat storytelling yang menceritakan pengalaman kegagalan seseorang dan menjelaskan cara-cara Anda menemukan solusi dan mengatasi kegagalannya. Teknik storytelling tersebut dapat digunakan untuk membuat cerita yang menarik. Yang harus diperhatikan adalah relevansi antara storytelling dengan merek yang ingin Anda presentasikan.

Monomyth

Monomyth adalah cara membuat storytelling dengan menggunakan cerita perjalanan pahlawan. Joseph Campbell adalah orang pertama yang mempopulerkan teknik ini. Pada teknik monomyth umumnya akan dimulai dengan kisah seorang pahlawan yang meninggalkan tempat asal untuk mencapai sebuah tujuan. Tentu dalam perjalannya tersebut banyak kesulitan yang dihadapi.

Kemudian mereka akan kembali ke tempat asal setelah berhasil memperoleh tujuannya. Misalnya dari tempat berguru atau keterampilan yang bermanfaat bagi banyak orang. Teknik ini sangat relevan digunakan untuk membuat konten yang menginsipirasi banyak orang dengan menceritakan pengalaman seseorang dari awal hingga berhasil.Pentingnya storytelling untuk bisnis online

Elemen-Elemen Dalam Sebuah Artikel Storytelling

Perkenalan

Pertama, Anda harus memperkenalkan awal kejadian, atau mengapa Anda menceritakan tentang topic tersebut. Perkenalan ini akan membantu pembaca untuk ikut mengenali penyebab awal dari cerita yang ditulis.

 

Konflik

Sebagaiman sebuah cerita, tidak akan seru kalau tidak ada konfliknya. Konflik disini artinya tak bukan semata tentang perkelahian, perbedaan pendapat, dan semacamnya. Dalam konteks bisnis, konflik disini adalah sebuah masalah yang kemungkinan tengah dihadapi oleh audiens yang Anda targetkan. Masalah inilah yang membuat brand Anda ada dan kemudian mengapa orang harus menggunakannya. Pengungkapan masalah dalam storytelling adalah nyawa atau mesin dari konten cerita tersebut.

Closing

Ada konflik tentu harus ada konflik atau kesimpulan atau closing. Mengapa harus ada solusi? Tentu agar audiens bisa mengambil manfaatnya. Dalam konteks bisnis, closing atau kesimpulan ini bisa berarti call to action. Atau mengajak pemirsa Anda untuk melakukan langkah lebih lanjut. Bisa saja berlangganan bulletin via email, download ebook, hingga konversi menjadi keputusan pembelian.

Beberapa Hal yang Harus diperhatikan saat membuat Storytelling Untuk Bisnis

Simpel

Berceritalah secara sederhana. Dengan bahasa sehari-hari yang gampang dipahami. Walaupun menggunakan bahasa sehari-hari namun dengan tata bahasa yang simple dan relevan akan sangat disukai audiens Anda. Ingatlah tujuan Anda. Anda sedang menulis storytelling untuk meningkatkan bisnis. Anda bisa melakukannya dengan cerita sebuah masalah yang solusinya adalah produk Anda.

Jadilah Unik dan Beda

Salah satu cara menarik perhatian audiens adalah menjadi unik dan beda. Untuk itu Anda harus memperbanyak membaca, agar kosakata Anda semakin kaya. Juga perhatikan penggunaan idiom-idiom kekinian. Dan yang paling penting adalah berceritalah dengan gaya Anda sendiri. Dengan menjadi diri diri sendiri, akan membuat sebuah storytelling menjadi unik.

Runtut

Audiens akan bingung mendapati sebuah cerita yang tidak runtut dan lompat-lompat. Akan sangat mungkin terjadi gagal paham yang mengakibatkan orang justru tak bersimpati pada Anda. Buatlah cerita yang mengalir dengan menempatkan bridge atau jembatan pada tempat yang tepat.

Pentingnya storytelling untuk bisnis online

Perhatikan Pembagian Partnya

Agar storytelling Anda tidak membosankan untuk dibaca sampai akhir, Anda bisa membaginya per bagian berbentuk subheading. Subheading akan membantu storytelling Anda lebih terstruktur dan mudah dipahami pemirsa.

Jangan lupa tambahkan pemanis

Dalam sebuah artikel atau video berbentuk storytelling jangan lupa untuk menambahkan pemanis. Pemanis dalam hal ini bisa foto atau video yang memperindah tampilan visual cerita Anda.

Kesimpulan

Storytelling tidak bisa lepas dari dunia digital marketing. Dengan membuat storytelling yang beda dan unik tentu akan bisa menarik perhatian pembaca atau pemirsa. Pembaca Jejualan, demikianlah artikel tentang storytelling untuk bisnis. Terutama pentingnya storytelling untuk bisnis online. Semoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment