Berbicara tentang penyebab kegagalan dalam bisnis online akan selalu menjadi hal yang ditakuti para pebisnis online. Di luar sana mungkin banyak orang yang menganggap bahwa terjun di dunia bisnis online sangatlah mudah karena bisa dipantau dari mana daja dan kapan saja. Akan tetapi di  balik itu semua ada beberapa antisipasi yang harus Anda ketahui. Sekarang ini memang semua orang bisa menjadi pebisnis asalkan memiliki beberapa skill untuk mengembangkannya, jika tidak maka bisnis yang Anda kelola akan mengalami kegagalan.

Penyebab kegagalan dalam bisnis online biasanya sangat umum terjadi. PAda saat seseorang ingin memulai bisnis online, pastinya akan mendengar banyak cerita sukses dalam menjalankannya. Hal tersebut tentu saja tidak semudah yang kita pikirkan. Ada banyak perjuangan di balik omset melesat para pebisnis online tersebut. Dalam memilih terjun ke dunia bisnis online, pastinya Anda akan menemui apa yang namanya kegagalan.

Faktor penyebab gagalnya bisnis online ternyata tidak hanya dialami oleh pebisnis pemula. Banyak orang yang sudah lama terjun ke dunia bisnis juga mengalami kegagalan karena hal yang cukup sepele. Yang perlu Anda tahu jika Anda akan ingin menjalankan bisnis online Adalah jangan mengabaikan hal sekecil apapun karena bisa berpengaruh pada bisnis online yang sedang Anda kelola. Oleh karena itu Anda harus berusaha meminimalisir terjadinya kegagalan dalam bisnis.

Kegagalan dalam bisnis online

Yang Menjadi Penyebab Kegagalan Pada Bisnis Online dan Solusinya

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membuka bisnis online, maka hal utama yang perlu dipertimbangan secara matang adalah kegagalan. Hal ini bukanlah untuk menakuti melainkan antisipasi. Bisnis bisa gagal jika Anda melakukan hal-hal sepele seperi berikut ini.

Hal sepele yang membuat bisnis online gagal

1. Perencanaan bisnis yang kurang matang

Perencanaan tentunya sangat penting dalam membuka bisnis. Sayangnya masih banyak orang yang terburu-buru saat memulai bisnis online sehingga kurang memaksimalkan perencanaan yang matang. Hal ini biasanya terjadi pada pebisnis baru yang terlalu bersemangat hingga mengabaikan hal kecil ini. Tanpa disadari, Anda akan menjadi penyebab bisnis Anda gagal di tengah jalan.

Solusi

Agar rencana bisnis lebih maksimal dan jauh dari kegagalan, maka Anda perlu membuat tahapan perencanaan usaha seperti, tujuan bisnis, siapa saja target konsumen, apa bisnis yang sesuai dengan keahlian Anda, bagaimana kita menganalisa kebutuhan pasar, memperhitungkan modal, membuat bagiamana cara mempromosikannya dan masih banyak perencanaan lainnya. Dengan adanya rencana maka akan meminimalisir terjadinya kegagalan dalam bisnis.

2.Kurang menguasai bisnis yang sedang dijalankan

Hanya karena banyak orang yang memilih bisnis X, maka Anda juga harus memilih bisnis X meski Anda sebenarnya tidak menguasai. Hasilnya justru gagal di tengah jalan dan rugi dengan modal yang sudah Anda keluarkan. Sebaiknya hindari mengikuti bisnis yang hanya ikut-ikutan karena hal ini justru tidak akan bertahan lama seperti mengalami kegagalan.

Solusi

Agar lebih mudah dalam mengembangkannya, maka Anda perlu memilih bisnis sesuai dengan keahlian Anda. Terutama jika bisnis yang Anda jalankan memerlukan keahlian dalam bidang tertentu. Memilih bisnis dengan keahlian yang Anda miliki akan memudahkan Anda dalam mengembangkannnya karana Anda sudah menguasainya.

Kegagalan dalam bisnis online

3.Terlalu punya ekspektasi yang tinggi

Memiliki ekspektasi yang berlebihan ketika awal membuka bisnis memang hal yang wajar. Hal ini biasa dialami oleh pebisnis pemula yang ingin selalu mendapatkan keuntungan besar meski masih berada di awal bisnis yang dijalankan. Tanpa disadari, hal tersebut justru akan menghambat seseorang untuk mengembangkan binisnya . Dengan bertumpu pada ekspektasi tinggi akan membuat seseorang malas belajar karena memiliki mindset yang salah seperti menganggap bisnis online sangat mudah dan lebih cepat menghasilkn uang.

Solusi

Sebagai pebisnis baru Anda sebaiknya harus lebih banyak belajar. Hindari memiliki ekspektasi tinggi dulu. Usahakan untuk lebih fokus pada hal-hal yang bisa mendukung proses belajar dan praktek dalam menjalankan bisnis online.

4.Strategi pemasaran yang tidak tepat

Salah satu kegagalan yang sering dialami pebisnis online adalah strategi pemasaran yang kurang tepat. Khususnya bagi pebisnis baru, mereka cenderung bersemangat sehingga tidak terlalu memikirkan bagaimana cara memasarkan produk yang beda dari  yang lain. Dengan memakai teknik yang biasa-biasa saja, maka perkembangan bisnis akan kurang maksimal sehingga banyak yang memutuskan untuk gulung tikar lantara tidak laku.

Solusi

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus banyak belajar tentang strategi marketing yang baik mulai dari bagaimana caranya promosin hingga strategi pemasaran produk yang paluing efektif. Anda bisa belajar secara online dari pakar-pakr ternama melalui Youtube atau teman bahkan kerabat yang sudah berpengalaman. Ingat ya, sekarang ini zaman sudah semakin berkembang, Anda bisa belajar apapun dari internet.

5.SDM yang kurang berkualitas

Dalam menjalankan bisnis, pastikan Anda memilih kualitas SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas. Jangan hanya cocok dengan satu orang meski tidak cakap dalam berbisnis lalu Anda mengajaknya. Hal ini justru akan membuat usaha online Anda berantakan.

Solusi

Pilihlah rekan bisnis yang juga sudah ahli dalam bisnis yang Anda kembangkan. Dengan begitu akan semakin mudah dalam mengembangkan bisnis. Selain itu Anda juga harus mencari partner bisnis yang memiliki semangat kerja tinggi dan memiliki ide-ide brilliant untuk perkembangan bisnis Anda.

Kegagalan dalam bisnis online

6.Manajemen keuangan yang buruk

Keuangan yang buruk memang selalu menjadi hal utama yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis. Hingga saat ini ternyata masih banyak pebisnis online yang kurang ckap dalam mengelola keuangan. Bahkan banyak yang menganggapnya sepele. Mereka tidak sadar kalau pengelolaan keuangan yang buruk hanya akan menyebabkan kegagalan dalam berbisnis.

Solusi

Dalam hal ini, Anda sebaiknya bisa memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan untuk bisnis. Hal ini ternyata sangat penting meski bisnis yang Anda jalankan hanya bisnis kecil-kecilan, misalnya toko kelontong. Jika Anda mampu mengelola dengan baik keuangan dalam berbisnis, maka akan jauh dari kegagalan. Hal ini karena tidak semua pebisnis mampu mengelola keuangan dengan baik.

7.Tidak adanya keberanian dalam mengambil resiko

Bisnis online yang telihat menarik ternyata tidak selamanya menarik untuk dijalani. Hal ini terlihat dari adanya resiko yang harus diambil. Sayangnya tidak semua pengusaha mau mengambil resiko sehingga membuat bisnis yang dijalankannya harus gulung tikar. Jika Anda tidak mau mengambil resiko, maka bisnis hanya ada di situ-situ saja bahkan terancam tidak berkembang.

Solusi

Mampu keluar dari zona nyaman dalam pengembangan bisnis online sangatlah diperlukan. Untuk bersaing dengan kompetitor, maka Anda harus berani mengambil resiko. Yang namanya usaha pasti ada naik turunnya, maka dari itu Anda harus berani mengambil resiko dengan keluar dari zona nyaman.

Itulah beberapa penyebab kegagalan yang paling banyak dialami oleh pengusaha. Meski begitu segala penyebab kegagalan dalam berbisnis selalu ada solusinya. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online bisa memilih Jejualan yang bisa Anda hubungi melalui layanan SMS, whatsapp dan line Account.

Send Comment