Ongkos kirim menjadi salah satu pertimbangan pelanggan saat akan membeli sebuah produk secara online. Pelanggan selalu ingin tahu berapa biaya yang mereka keluarkan agar barang yang mereka beli sampai ke rumahnya. Karena itu Anda perlu menyediakan fitur yang dapat melakukan pengecekan ongkos kirim di website toko online Anda.

Dengan adanya tools ongkos kirim, pelanggan tak hanya tahu berapa biaya kirim yang harus dikeluarkan, namun lebih dari itu. Mereka juga bisa memilih jasa ekspedisi yang ingin digunakan. Selain kualitas produk, kemudahan proses checkout-kirim juga menjadi perhtian dari pelanggan. Karena itulah, Anda membutuhkan plugin ongkos kirim terbaik untuk memudahkan pelanggan.

Terlebih jika Anda menggunakan CMS populer, baik WordPress ataupun WooCommerce, tersedia banyak sekali plugin ongkos kirim terbaik yang bisa Anda piih. Baik gratis maupun yang berbayar.

Apa Itu Plugin Ongkos Kirim?

Plugin ongkos kirim adalah tools tambahan yang umumnya disediakan untuk mengembangkan website toko online agar lebih professional dan berorientasi pelanggan. Sebenarnya, hampir setiap plugin dari ongkos kirim untuk toko online mempunya layanan yang hampir dikatakan identik. Fitur standar tersebut antara lain shopping cart untuk memudahkan pelanggan saat hendak melakukan pembelian melalui website.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, diharapkan untuk meningkatkan transaksi website toko online Anda. Pastikan memilih plugin ongkos kirim terbaik yang dapat menunjang toko online Anda dalam memberikan semua informasi yang berkaitan dengan ongkos kirim.

Plugin Ongkos Kirim Terbaik Untuk Toko Online

Sudahkah website toko online Anda menggunakan plugin ongkos kirim? Jika belum, plugin ongkos kirim terbaik di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda:

1. OngkosKirim.ID

Plugin ongkos kirim terbaik

Plugin ongkos kirim terbaik pertama adalah OngkosKirim.ID. OngkosKirim.ID adalah salah satu plugin yang  banyak digunakan oleh para online sellers untuk memberikan informasi seputar biaya kirim dan ekspedisi pada pelanggannya.

Fiturnya sendiri cukup komplit untuk toko online skala apapun. Misalnya, ongkos kirim yang dihitung hingga ke tingkat kecamatan. Begitu juga dengan pilihan ekspedisi juga sangat lengkap. Mendukung nyaris semua jasa layanan ekspedisi. Belum lagi data ongkos kirim yang diupdate secara realtime.

Untuk Anda yang membutuhkan transaksi ekspor impor, OngkosKirim.ID juga menyediakan fitur multi currency dan multi language. Sehingga memudahkan buyer dari luar negeri saat bertransaksi dengan Anda.

2. Epeken

Apakah Anda adalah pengguna WooCommerce? Jika ya, maka Anda perlu menjajal Epeken. Epeken adalah plugin shipping yang terkoneksi dengan WooCommerce. Penamaan Epeken ini terinspirasi dari kata “Peken” dari bahasa Jawa yang berarti pasar. Plugin yang dikembangkan oleh tim developer JNE ini pertama kali dirilis pada tahun 2015. Untuk bisa menggunakan Epeken, pengguna bisa memilih menyediakan beberapa lisensi yang harganya dapat menyesuaikan dengan budget Anda.

Setidaknya ada dua pilihan lisensi, yaitu bulanan tan tahunan. Jumlah kota pengiriman dalam negeri juga cukup banyak. Hebatnya lagi, plugin ini sangat cocok untuk Anda yang juga bergerak di bidan ekspor karena Epeken support dengan pengiriman internasional.

Baca Juga: Strategi Pengiriman Toko Online

3. Plugin Ongkos Kirim

Plugin ongkos kirim terbaik

Di posisi selanjutnya ada Plugin Ongkos Kirim. Sebentar, Anda tidak salah membaca. Memang itulah namanya. Pada awalnya, Plugin Ongkos Kirim menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir. Tetapi seiring waktu, Plugin Ongkos Kirim sudah menggunakan API-nya sendiri dalam pengembangan produk.

Setidaknya ada empat pilihan paket yang bisa dipilih pengguna. Yaitu paket Basic, Personal, Multi, dan Developer. Anda dapat menggunakan Paket Basic secara gratis yang dapat dinikmati selama 14 hari. Fitur yang Anda dapatkan antara lain free API ongkir hingga mencakup level kecamatan, banyaknya pilihan kurir, hingga akses forum pengguna.

Untuk Anda yang melayani konsumen dari luar negeri, Plugin Ongkos Kirim juga tersedia dalam Bahasa Inggris dan memungkinkan berbagai pilihan kurs. Sangat menyenangkan, bukan?

4. Raja Ongkir

Plugin ongkos kirim selanjutnya adalah Raja Ongkir. Raja Ongkir adalah salah satu plugin yang paling banyak digunakan oleh para online sellers untuk memberikan informasi seputar biaya kirim dan ekspedisi pada pelanggannya.

Raja Ongkir menjadi begitu populer karena memberikan API-nya secara gratis. Bahkan banyak digunakan oleh phak lain yang mengembangkan plugin ongkos kirim lainnya. Walaupun pada halaman FAQ-nya mereka mengatakan suatu saat bisa saja ini bisa menjadi fitur yang terbatas. Sedangkan agar diletakkan di website, penggunanya harus memasang aplikasi mereka di bagian widget dengan meletakkan kode yang telah mereka sediakan pada widget dengan jenis text.

Widget ini nantinya dapat langsung dapat digunakan untuk mengecek harga jasa layanan kurir, seperti plugin ongkos kirim lainnya. Raja Ongkir juga akan memberikan saran terkait ukuran widget yang maksimal berukuran 250 pixel.

Dan memang sampi sejauh ini, Raja Ongkir memberikan layanannya secara cuma-cuma, alias gratis. Baik untuk kode yang dipasang pada widget serta API yang digunakan oleh para developer.

Tak hanya itu, Raja Ongkir juga dapat dinikmati oleh Anda yang menggunakan smartphone Android. Tentu saja juga dapat digunakan secara gratis.

5. WooCommerce JNE Shipping

Salah satu raksasa ekspedisi Indonesia juga tak mau kalah. Mereka juga menyediakan plugin ongkos kirim untuk online sellers yang khusus menggunakan JNE sebagai jasa ekspedisi. Namanya WooCommerce JNE Shipping.

Plugin yang satu ini memiliki tiga versi. Yaitu JNE Free, JNE Full, dan JNE Exclusive. Jika menggunakan JNE Free, Anda hanya bisa menggunakan pilihan pengiriman JNE Regular.

Untuk dapat menikmati lebih banyak opsi pengiriman, Anda bisa mengupgrade ke versi Full atau Exclusive. Tak hanya opsi pengiriman lebih banyak, fitur premium memungkinkan Anda terintegrasi dengan WooCommerce POS Shipping, tracking, dan lain sebagainya.

6. IndoOngkir

Plugin ongkos kirim terbaik

Plugin selanjutnya adalah IndoOngkir. Untuk Anda yang sedang mencari plugin gratis, ini bukanlah plugin yang cocok untuk Anda. Untuk dapat menggunakannya, setidaknya Anda harus membayar paket paling murah, yaitu Paket Basic sebesar 297 ribu rupiah per tahun.

Karena berbayar, tentu Anda boleh berharap lebih dari fitur yang nantinya didapatkan. Salah satu fitur yang cukup menarik adalah Anda bisa mengaktifkan kurir berbeda untuk wilayah yang berbeda.

7. Woongkir

Di tempat terakhir ada nama Woongkir. Plugin ongkos kirim ini dikembangkan dari API Raja Ongkir. Plugin ini memiliki berbagai pilihan kurir mulai dari POS Indonesia, TIKI, JNE, SiCepat, Pahala Express, J&T, Wahana, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Menyediakan kemudahan belanja bagi para pelanggan adalah sebuah kewajiban. Termasuk bagi Anda yang berkecimpung di dunia toko online. Semoga dengan ini, Anda lebih paham tentang plugin ongkos kirim terbaik untuk toko online.

Ingin merasakan bagaimana serunya mengelola website toko online Anda sendiri? Jejualan punya beragam paket website toko online, lengkap dengan fitur-fitur pendukungnya. Sekarang Anda dapat menikmati trial website toko online Jejualan dan rasakan keseruannya!

Send Comment