Pengelolaan keuangan menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh pemilik bisnis, baik bisnis berskala besar ataupun dalam tingkatan UKM. pengelolaan keuangan akan menjadi dasar perkembangan suatu bisnis. Keadaan suatu bisnis juga dapat dilihat dari cara mereka mengelola keuangan. Sebuah bisnis yang baik pasti memiliki pengelolaan keuangan yang baik, begitu pula sebaliknya. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Mulai dari melakukan pencatatan dengan Microsoft Excel sampai menyewa jasa akuntan. Namun ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan software akuntansi gratis. Selain mudah, cara ini juga bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Daftar 10 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis versi Jejualan

Berikut software akuntansi gratis yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pengelolaan keuangan:

1. Wave

Software akuntansi Wave

Wave merupakan software akuntansi gratis yang memiliki fitur-fitur seperti melakukan pengiriman invoice, pencatatan laporan keuangan, sampai membuat kwintasi secara online. Dengan software akuntansi dari Wave ini, Anda dapat menghubungkan rekening bank dan kartu kredit tanpa batas ke dalam pembukuan. Wave telah digunakan oleh ratusan ribu pengguna baik secara gratis maupun berbayar.

2. Zipbook

Software akuntansi Zipbooks

 Salah satu software akuntansi gratis dan sangat cocok untuk UKM adalah Zipbook. Meskipun diberikan secara gratis Zipbook memiliki fitur yang cukup lengkap. Zipbook juga menjadi pilihan bagi freelance atau pekerja lepas untuk mengatur keuangan mereka. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna, Zipbook memberikan layanan live chat yang selalu aktif ketika jam kerja. Namun karena Zipbook belum ada di Indonesia, Anda harus menyesuaikan jam kerja dengan jam kerja di luar negeri. Untuk mengakses Zipbook, Anda langsung bisa menuju lamannya di https://zipbooks.com/.

 

3. Akaunting

Software akuntansi Akaunting

Akunting menawarkan berbagai fitur penting yang dibutuhkan oleh suatu bisnis. Dengan Akunting, Anda dapat melakukan invoice, menyingkronkan akun, melacak pengeluaran, menyiapkan tagihan berulang, pengelolaan pelanggan, dan juga pengelolaan vendor. Akunting merupakan software akuntansi yang dapat diakses secara gratis namun untuk mengakses fitur yang lebih canggih seperti pembayaran online, Anda harus mengunduh aplikasi yang akan membebani dengan biaya tahunan.

4. Slickpie

Software akuntansi Slickpie

Slackpie merupakan salah satu software akuntansi yang menawarkan tampilan yang mudah dimengerti oleh pemula. Buat Anda yang belum memiliki banyak pengalaman di bidang software akuntansi, Anda dapat menjatuhkan pilihan kepada Slickpie. Selain itu Slackpie juga dapat diakses secara gratis, namun sayangnya untuk saat ini Slackpie belum terdapat pilihan bahasa Indonesia.

5. GNUCash

Software akuntansi GNUCash

GNUCash telah dikenal dan dipakai oleh banyak orang, terlebih software akuntansi ini memang didesain untuk usaha kecil menengah. GNUCash dilengkapi dengan fitur-fitur seperti account invoicing, receivables, account payables, account investasi, depresiasi nilai, tax table, akun kredit, dan juga pinjaman. Dengan GNUCash, Anda dapat melacak pendapatan, rekening bank, beban, dan juga saham. Untuk mengaksesnya Anda dapat mendownload di https://www.gnucash.org/

6. Cloudbooks

Software akuntansi Cloudbooks

Dengan Cloudbook versi gratis, Anda dapat menggunakan software akuntansi ini dan dapat menambahkan pengguna secara bebas, dapat membuat faktur, membuat proyek, melakukan pelacakan waktu terintegrasi, melacak pengeluaran, dan juga memberikan perkiraan. Sedangkan dengan versi berbayar, Anda akan mendapatkan fasilitas pengiriman invoice lebih dari 5 setiap bulan dan dapat menawarkan pembayaran online pada invoice milik Anda.

7. Zoho Invoice

Software akuntansi Zohoinvoice

Zoho Invoice merupakan software akuntansi gratis yang dapat diakses di smartphone dan telah dapat Anda juga dapat mengintegrasikan Zoho Invoice ke dalam versi website yang tersedia di komputer atau laptop. Dengan begitu Zoho akan memudahkan penggunanya karena dapat diakses dimana saja. 

8. NCH Express

Software akuntansi NCHexpress

NCH Express merupakan salah salah software akuntansi yang versi gratisnya dapat mendukung pengelolaan keuangan usaha kecil dengan karyawan kurang dari 5. Dengan software akuntansi ini, Anda dapat mengakses dan menghasilkan 20 laporan keuangan yang dibutuhkan oleh bisnis. Dengan NCH Express ini Anda juga dapat mengelola utang dan piutang. Sedangkan untuk dapat mengakses pembukuan secara online, Anda harus melakukan pembelian software akuntansi versi cloud.

9. TurboCash

Software akuntansi Turbocash

TurboCash merupakan aplikasi akuntansi gratis yang sangat cocok untuk bisnis kecil, menengah dan juga besar, TurboCash akan membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis mulai dari membuat laporan laba rugi, membuat neraca, neraca percobaan, laporan rekonsiliasi bank, invoice, akuntansi PPN, pengendalian stok, dan juga pembuatan buku besar.

 

10. Sofware Akuntansi Gratis Kledo

Software akuntansi Kledo

Kledo merupakan salah satu aplikasi gratis yang akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis. Ada berbagai fitur akuntansi yang dimiliki oleh Kledo, seperti untuk pencatatan pengeluaran, pencatatan pemasukan perusahaan, dan juga untuk membuat laporan keuangan. Kemudahan yang ditawarkan Kledo dapat ditemukan pada fitur-fitur yang diberikan oleh Kledo. Berikut fitur-fitur yang dimiliki oleh Kledo:

  • Berbasis Cloud

Software akuntansi berbasis cloud akan mempermudah penggunanya karena tidak perlu mendownload ataupun menginstal terlebih dahulu untuk menggunakannya. Kledo merupakan  software akuntansi berbasis cloud. Pengguna cukup mengakses di https://kledo.com dan semua akses dapat dilakukan di sana. 

  • Invoice Lebih Praktis 

Kledo akan membantu Anda dalam membuat invoice yang lebih praktis. Anda cukup masukan data dan Kledo akan membuatkan faktur invoice untuk pelanggan Anda. Selain itu dengan Kledo, Anda juga dapat membuat invoice dari penawaran dengan satu klik.

  • Purchasing Order Lebih Cepat

Purchasing order merupakan dokumen yang dibuat pembeli sebagai petunjuk barang yang ingin mereka beli dari pihak penjual. Dengan Kledo pembuatan purchasing order lebih cepat dan juga Anda dapat melakukan konversi purchasing order menjadi faktur pembelian dengan dengan satu klik.

  • Pencatatan Biaya yang Rinci

Dengan Kledo, Anda dapat melakukan pencatatan bisnis dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat mencatatan pengeluaran, lacak pos pengeluaran, dan juga mendapatkan laporan pengeluaran secara rinci. 

  • Dapat Melacak Stok dan Inventori

Kledo akan membantu Anda dalam melacak stok dan juga inventori produk. Anda juga dapat menggunakan multi gudang dan juga multi cabang.

  • Dapat Melacak Aset Tetap secara Realtime

Kledo membantu mengatur aset bisnis tanpa ribet. Selain itu, Kledo juga membuatmu mudah melacak aset tetap, mendepresiasi aset secara otomatis dan mendapatkan laporan aset secara realtime.

  • Memiliki 30 Laporan Keuangan dan Bisnis

Kledo dilengkapi dengan 30 laporan keuangan dan bisnis. Anda dapat membuat keputusan bisnis secara tepat dengan informasi yang akurat tentang performa bisnis. Dengan Kledo Anda juga dapat melihat laporan keuangan bisnis kapanpun Anda membutuhkannya, tanpa menunggu akhir bulan.

 

Kesimpulan

Jadinya, jika kamu punya bisnis kecil dan ingin merapikan keuangan, gunakan dulu software akuntansi gratis, tak perlu yang berbayar dulu. Dan Jejualan sarankan kamu menggunakan software gratis yang paling bagus, yang patut dicoba tentunya software akuntansi Kledo, gratis dan mudah banget untuk digunakan.

Send Comment