Bikin website menjadi sebuah langkah maju dan terbaik yang bisa anda terapkan. Anda tentu punya banyak alasan kenapa harus membuat sebuah website, mulai dari sebagai sarana promosi, sebagai metode untuk meningkatkan penjualan produk, sebagai portofolio, atau mungkin untuk sarana menyebarkan informasi yang up to date kepada pemirsa? Ya, semua itu anda sendiri pastinya yang tahu jawabannya.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Keamanan Website Untuk Pemilik Toko Online

Dalam hal ini, proses pembuatan website itu sendiri akan bisa anda lakukan dan terapkan dengan mudah. Ketika menciptakan sebuah website, sudah pasti ada banyak hal yang akan perlu anda lakukan, tapi anda dari sini akan stuck atau bingung harus melakukan apa. Tak perlu cemas karena di sini anda akan mendapatkan pencerahan mengenai apa saja yang sebaiknya anda terapkan usai bikin website tersebut.

1. Periksa Terlebih Dahulu Email Anda

Pada tahapan awalnya setelah bikin website ini adalah sebaiknya anda memeriksa email yang dimiliki terlebih dahulu. Dengan melakukan pemeriksaan terhadap email terkait, sudah pasti anda akan memperoleh kemudahan untuk mencapai apa yang anda inginkan dan butuhkan didalamnya. Email anda akan berisikan tentang banyak hal dan informasi yang anda butuhkan berkaitan dengan domain itu sendiri. Informasi tak kalah penting lainnya adalah yang berisikan tentang akun hosting anda, akun domain, akun client area, dan lain sebagainya. Semua itu akan bisa anda manfaatkan dan maksimalkan. Dalam hal ini, anda bisa menggunakannya untuk Login ke cPanel dan juga Panel Hosting yang tersedia didalamnya.

2. Masuk Ke cPanel Atau Area Klien Anda

Pada tahapan selanjutnya usai bikin website, maka anda disarankan untuk segera masuk ke cPanel atau Client Area yang sudah tersedia. Cara masuknya bagaimana? Cek kembali poin nomor satu di atas. Cek email anda dan lihat apa Login untuk mengakses Client Area tersebut. Setelah informasi ini anda dapatkan maka anda bisa beralih ke penerapan selanjutnya. Dalam hal ini, semua yang anda butuhkan akan benar-benar bisa tersedia dengan mudah didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi. Pada saat anda mampu melakukan semuanya dengan baik, tentu saja hal ini akan dapat memberikan kepada anda sesuatu yang signifikan itu sendiri. Poin-poin penting yang harus diperiksa di cPanel antara lain sebagai berikut:

  • Cek terlebih dahulu Domain Nameserver yang anda miliki. Cek apakah sudah benar mengarah pada IP Address Server Hosting yang dituju? Jika sudah benar, maka ini berarti aman dan anda bisa menggunakannya.
  • Jangan lupa memeriksa Username dan Password yang bisa anda gunakan untuk masuk ke bagian cPanel Hosting yang anda miliki itu sendiri. Di sinilah anda bisa mengecek semuanya apakah sudah sesuai atau belum.

3. Kustomisasi Website Anda

Tahapan yang paling menarik dalam bikin website adalah ketika anda melakukan kustomisasi atau pengaturan terhadap website itu sendiri. Tentu saja ada banyak hal yang perlu dikustomisasi. Tapi anda tidak perlu cemas. Pasalnya, pada penerapannya hal tersebut akan bisa benar-benar mudah untuk anda lakukan. Asalkan anda tahu bagaimana cara menerapkan itu semua dengan baik. Proses kustomisasi website tentu saja meliputi tulisan apa yang akan anda berikan pada bagian Heading, Logo apa yang akan anda terapkan, dan juga informasi-informasi lainnya yang pasti akan tersedia dan bisa anda manfaatkan didalamnya.

Segalanya dalam bikin website ini akan bisa anda coba dan maksimalkan dengan mudahnya. Inilah yang jelas dan pasti akan memberikan kepada anda sesuatu yang tepat dan berbeda. Pada dasarnya, anda akan benar-benar tahu dan paham itu sendiri bahwa untuk memperoleh apa yang diinginkan, hal tersebut bisa anda capai dan terapkan dengan mudah. Jadi tentukan saja Template Theme apa yang akan anda pakai. Anda bisa memilih tema apa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda tersebut.

4. Atur SEO Website Anda

Satu hal utama dalam bikin website ini adalah bagaimana nantinya anda bisa mengatur SEO yang dimiliki oleh situs anda itu sendiri dengan mudah. Untuk bisa memaksimalkan penggunaan SEO pada website anda, sudah pasti ada banyak hal yang perlu anda ketahui didalamnya. Ini berkaitan dengan bagaimana cara dan proses yang akan bisa anda terapkan dan maksimalkan itu sendiri. SEO adalah hal berkaitan dengan konten.

Jadi sudahkah anda membuat konten yang SEO bagi website anda? Jika belum maka anda bisa memulainya dari sekarang. Masuk saja ke Dashboard atau Backend dari situs anda tersebut. Anda bisa menggunakan CMS yang banyak pilihannya. Ada WordPress, Joomla, Custom CMS, dan lain sebagainya. Di sinilah anda bisa memasukan postingan yang nantinya akan bisa sesuai dengan SEO yang anda butuhkan itu sendiri. Dalam hal penerapannya inilah semua itu akan bisa anda atur dan juga maksimalkan dengan lebih mudah dan tepat. Pada akhirnya, di sinilah semua itu akan bisa anda capai dan dapatkan.

5. Buat Website Anda Online

Lalu dalam hal bikin website ini, anda juga harus membuat website anda online dengan mudahnya. Tata cara membuat website anda tersebut online bisa dilakukan dengan beragam hal. Salah satunya adalah dengan request ke Google untuk melakukan crawl terhadap website anda.

Apabila anda bingung bagaimana cara melakukan dan menereapkannya, anda bisa meminta jasa dari web developer yang profesional dimana nantinya anda akan bisa mendapatkan kemudahan dalam rangka melakukan hal tersebut. Pada akhirnya, inilah yang nantinya akan bisa memberikan kemudahan dan keuntungan kepada anda itu sendiri, banyak sekali hal yang tepat dan terbaik yang bisa anda coba.

6. Jangan Lupa Sinkronisasikan Domain Dan Hosting Anda

Ketika anda bikin website, tak boleh lupa juga bahwa anda sebaiknya melakukan sinkronisasi terhadap domain dan hosting yang anda miliki tersebut. Dengan cara inilah maka anda pun akan bisa lebih mudah untuk memanfaatkan dan memaksimalkan semua yang anda butuhkan dan perlukan didalamnya. Ini akan mampu memberikan kepada anda kemudahan supaya nantinya domainyang anda miliki juga mampu terhubung dengan IP Address Server yang ada didalamnya.

Tak boleh lupa juga bahwa anda bisa menggunakan username dan password yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Dengan penerapan dan cara inilah maka anda pun akan bisa lebih mudah melihat bahwa hosting dan domain anda tersebut bekerja sebagaimana mestinya.

7. Menciptakan Akun Social Media Untuk Campaign

Pada penerapan atau tahapan selanjutnya untuk bikin website tersebut, anda bsiaa mencoba untuk menciptakan akun social media yang nantinya akan anda tujukan atau pakai sebagai media Campaign. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting mengingat akun Social Media tersebut juga akan berguna bagi anda untuk promosi jangka panjang. Cobalah membuatnya sekarang juga.

Send Comment