Memilih strategi digital marketing yang tepat tentunya akan membuat bisnis online yang Anda kelola semakin lancar. Menjalankan suatu bisnis harus dilakukan dengan pemahaman dan konsentrasi yang tinggi. Jika salah mengambil jalan, tidak menutup kemungkinan Anda akan terjerumus dalam jurang kegagalan. Resiko kegagalan memang selalu ada, tapi akan lebih baik bila dihindari atau setidaknya menyiapkan beberapa rencana untuk menanggulanginya.

Strategi digital marketing dinilai akan sangat membantu promosi dalam bisnis online. Sekarang ini Sudah saatnya bagi setiap pemilik bisnis untuk menguasai digital marketing. Keharusan untuk menguasai digital marketing berlaku baik bagi perusahaan besar, usaha menengah, maupun usaha kecil. Semua bisnis membutuhkan digital marketing. 

Hal ini juga tak lepas dari dari kenyataan bahwa mayoritas penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet dan bergantung kepada perangkat elektronik seperti laptop dan smartphone sehingga strategi marketing juga harus diubah khususnya untuk memudahkan aktifitas belanja online.

Strategi digital marketing

Strategi digital marketing

Apa yang dimaksud dengan digital marketing?

Setiap tahunnya, tren digital marketing baik skala nasional maupun global mengalami perubahan dan perkembangan. Digital marketing juga menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling diminati sejak beberapa tahun belakangan. Lalu, apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah semua usaha marketing yang memanfaatkan alat elektronik atau internet. Istilah digital marketing di sini mengacu pada aktivitas penjualan maupun promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan fungsi dan peran teknologi digital. Tujuannya adalah untuk menarik minat konsumen, branding produk dan memperkenalkan profile perusahaan secara online.

Meskipun terdengar mudah, akan tetapi melakukan promosi online jauh lebih sulit daripada promosi dari mulut ke mulut. Harus ada strategi ditigal marketing yang dimiliki agar kegiatan yang dilakukan sampai ke target marketing dan menghasilkan sesuatu.

Apa saja keunggulan mengembangkan bisnis dengan strategi digital marketing?

Aktivitas marketing dengan strategi marketing yang satu ini memang cukup populer karena akan menawarkan banyak keunggulan. Apa saja keunggulan mengembangkan bisnis dengan strategi digital marketing?

Berikut keunggulannya;

1.Pengukuran hasil digital marketing yang akurat

Dengan melakukan pengukuran hasil digital marketing yang akurat, maka dapat melakukan evaluasi tentang strategi yang telah dilakukan, apakah efektif atau tidak. Penyesuaian dapat dilakukan secara berkala untuk memberikan hasil yang diinginkan dengan biaya yang relatif dan tentunya lebih terjangkau.

Strategi digital marketing

Strategi digital marketing

2.Agar dapat menjangkau target pasar yang ideal

Dengan menggunakan digital marketing, kalian bisa memastikan bahwa promosi yang disampaikan akan sampai di hadapan target pasar. Hal ini karena sulit untuk memastikan apakah iklan yang dipasang di majalah akan bisa sampai pada target pasar. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, akan tetapi dikatakan bahwa kapasitas untuk bisa menjangkau target pasar jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan digital marketing.

3.Biaya yang lebih terjangkau

Biaya yang dikeluarkan untuk strategi digital marketing pada umumnya sangat terjangkau. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk para pemilik usaha kecil dan menengah dengan budget yang terbatas. Anda juga bisa mengambil keuntungan dari teknik pemasaran ini. Dan bagi mereka yang belum menguasainya juga dapat dengan mudah belajar digital marketing dari berbagai sumber terpercaya.

4.Mampu menjangkau target pasar yang lebih luas

Pengguna smartphone dan internet sekarang ini tidak lagi terbatas di kota-kota besar saja. Para penduduk yang tinggal di kota kecil saat ini juga sudah menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini. Penggunaan sosial media yang semakin meluas juga menjadi lahan yang tepat untuk melakukan promosi. 

5.Lebih mudah dalam mengubah taktik dan strategi

Pada strategi marketing klasik, dibutuhkan waktu untuk melihat tingkat kesuksesan yang bisa diraih dan tidak banyak hal yang bisa dilakukan dalam jangka waktu tersebut. Hal ini tentunya berbeda dengan digital marketing di mana Anda dapat dengan mudah melihat jumlah pengunjung yang ada dan melakukan perubahan-perubahan kecil yang membuat Anda ingin mengubah taktik dan strategi yang lebih baik.

Strategi digital marketing

Strategi digital marketing

Bagaimana strategi digital marketing yang tepat agar bisnis online semakin lancar?

Semua pemilik bisnis harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan digital marketing. Berikut strategi digital marketing yang tepat agar bisnis online semakin lancar;

1.Optimalkan SEO



Penerapan teknik SEO yang tepat selalu menjadi peran penting pada strategi digital marketing. Ini juga merupakan usaha untuk mengoptimasi website Anda agar lebih mudah ditemukan di hasil pencarian. Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Namun, harus dipahami juga bahwa ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dari SEO. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menerapkan teknik SEO.

2.Manfaatkan Social Media Marketing

Social media marketing adalah kegiatan mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial menggunakan strategi tertentu. Anda tidak bisa hanya sekadar membuat akun bisnis Anda di media sosial lalu membuat konten tanpa strategi. Diperlukan riset untuk menentukan kanal media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis Anda. Di sini Anda juga harus menetapkan tujuan dan metrik yang jelas untuk mengukur keberhasilan strategi social media marketing Anda. 

3.Konten Marketing

Untuk memanfaatkannya, Anda harus membuat konten yang benar-benar berkualitas berupa konten yang menghibur, unik, engaging, menggunakan kata kunci yang tepat, dan dibuat berdasarkan in-depth research. Konten berkualitas seperti ini nantinya akan dimasukkan dalam berbagai saluran mulai dari sosial media, blog, hingga website.

Strategi digital marketing

Strategi digital marketing

4.Google Adword

Dengan kemudahan sarana dan materi untuk belajar adwords, siapapun bisa membuat iklan produk mereka tampil dihalaman pertama mesin pencari Google. Strategi digital marketing dengan memaksimalkan AdWords memiliki banyak keuntungan, di antaranya adalah kemampuan untuk mencapai target pasar mereka pada saat dan waktu yang tepat, serta kemungkinan ROI yang cepat karena mereka hanya perlu membayar saat seseorang meng-klik iklan tersebut.

5.Affiliate marketing

Program afiliasi atau affiliate marketing bukan hal asing di dunia marketing. Sudah banyak perusahaan baik dari luar negeri maupun dalam negeri yang menyediakan program afiliasi. Dengan affiliate marketing Anda bisa mengajak pelanggan reguler untuk mengiklankan produk Anda ke teman-teman atau followernya di media sosial.

Begitulah strategi digital marketing yang tepat dan harus Anda coba agar bisnis yang Anda jalankan semakin lancar. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment