Strategi marketing online tidak harus memerlukan biaya yang banyak. Bagi anda yang hanya memiliki budget terbatas juga bisa memasarkan jualan online Anda dengan beberapa strategi yang  berbeda dari yang lain. Ketika memutuskan untuk memiliki bisnis online, dari awal Anda tentunya sudah meminimalisir budget agar mendapatkan hasil terbaik. Setiap pebisnis selalu punya cara yang berbeda untuk memasarkan produk yang dikembangkan. Yang perlu Anda tahu adalah bahwa memasarkan bisnis tidak selalu harus dengan budget yang jor-joran.

Menentukan strategi marketing online dengan budget terbatas tentu sangat bisa untuk Anda lakukan. Dengan hanya budget yang terbatas, Anda masih bisa mengembangkan bisnis. Tapi tanpa adanya strategi marketing akan sulit sekali dalam mengembangkan bisnis. Jadi yang paling penting dalam berbisnis online adalah strateginya, bukan seberapa besar budgetnya.

Bagi pebisnis pemula mungkin akan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah bagaimana caranya agar bisnis tetap berjalan meski hanya memiliki budget yang terbatas. Untuk masalah ini Anda tidak perlu khawatir karena banyak strategi pemasaran yang bisa Anda coba tanpa harus mengeluarkan anggaran yang besar.

Strategi marketing online

Strategi Marketing Online Paling Ampuh Dengan Budget Terbatas

Kendala yang seringkali dialami oleh pebisnis ketika sudah separuh jalan adalah adalah anggaran yang semakin menipis. Akan tetapi hal tersebut bukanlah masalah besar karena Anda tetap bisa menjalankan bisnis Anda. Lalu bagaimana jika Anda memiliki anggaran terbatas dalam memasarkan produk?

Berikut trik strategi pemasaran online paling ampuh dengan anggaran terbatas

1.Maksimalkan konten

Dalam dunia marketing, konten adalah segalanya. Konten adalah raja sehingga Anda bisa melakukan apa saja dengan hanya memaksimalkan konten. Anda bisa membuat konten yang baik dan bisa mempromosikan produk Anda. Untuk memaksimalkan konten, Anda tentu harus memiliki website agar konten yang Anda buat semakin menarik dan terlihat profesional. Dengan begitu Anda bisa membuat konten dengan menampilkan keunggulan produk yang Anda jual agar calon pembeli bisa lebih mudah memutuskan untuk membeli atau hanya melihat saja.

2.Optimasi SEO lokal

Dengan melakukan optimasi SEO lokal, maka akan membantu memaksimalkan produk Anda berada di peringkat paling atas pada mesin mesin pencari. Optimasi SEO tentunya  tidak memerlukan biaya yang banyak. Yang perlu Anda lakukan hanya memfokuskan pada pencarian lokal dengan membuat halaman Googe Plus. Kemudian tinggal menandai lokasi Anda pada google maps. Selain itu Anda juga bisa bekerja sama dengan forum lain agar bisa menampilkan bisnis Anda. Semakin banyak orang menyebut nama bisnis yang Anda share ke internet maka akan membantu meningkatkan peringkat pada hasil pencarian.

Strategi marketing online

3.Maksimalkan konten video

Video memang masih menjadi cara efektif untuk berbagi konten dalam memasarkan bisnis. Membuat konten video juga merupakan strategi yang efektif dalam memasarkan bisnis online. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat video karena cukup menyiapkan konten informatif dengan durasiyang pendek. Tak perlu memakai kamera canggih karena bisa memanfaatkan smartphone. Di sini yang Anda butuhkan adalah skil mengedit supaya video terlihat menarik di mata konsumen.

4.Memanfaatkan sosial media marketing

Peran sosial media dalam bisnis online memang sangat berpengaruh. Terlebih sekarang ini banyak orang yang sudah memakai media sosial. Anda bisa memulai dengan membuat profil untuk bisnis Anda di facebook, instagram dan media sosial lainnya. Dengan melakukannya secara konsisten maka akan menumbuhkan banyak pengunjung yang mewakili arah lalu lintas ke website Anda.

Jangan menganggap remeh akan kekuatan sosial media karena hal tersebut bisa menjadi ujung tombak pemasaran saat ini. Dari media inilah Anda bisa menemukan konsumen yang tepat dan memaksimalkan website yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga harus memiliki strategi yang matang agar dapat target Anda tepat sasaran.

5.Memaksimalkan email marketing

Email marketing selalu menjadi solusi ampuh untuk strategi pemasaran yang paing hemat. Cocok dipilih untuk pebisnis online yang sedang menekan budget. Melalui email marketing, Anda juga bisa mendapatkan  feedback langsung dari pelanggan. Cara memaksimalkan strategi ini juga sangat mudah. Selama Anda memiliki daftar yang bagus dan aliran email keluar yang stabil, maka Anda dapat melihat pengembalian yang signifikan.

6.Memanfaatkan personal branding

Di sini Anda bisa mempromosikan diri dengan keahlian yang Anda miliki di media sosial. Misalnya saja di blog. Nilai yang nantinya didapatkan di sini adalah bahwa orang cenderung mempercayai orang lain lebih dari sekedar perusahaan. Personal branding akan membuat Anda memiliki kekuatan yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan konten Anda atau menarik prospek baru tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

7.Mendaur ulang konten lama

Tidak ada yang salah dalam strategi mendaur ulang konten lama. Dulu tentu Anda pernah membuat konten website yang kurang maksimal, bukan? Ini bisa menjadi kesempatan untuk mendaur ulang konten tersebut dengan memasukkan informasi  terbaru. Akan ada banyak informasi baru yang bisa Anda tambahkan agar konten lebih menarik. Cara ini juga bisa dipakai untuk memaksimalkan penjualan online. Dan tentu saja ini tidak mengeluarkan banyak biaya.

Strategi marketing online

8.Memanfaatkan iklan PPC

PPC (pay per click) merupakan strategi yang selalu dipakai oleh pebisnis online, khususnya bagi Anda yang memiliki budget minim. Meski iklan ini tidak gratis, namun tidak akan menghabiskan budget yang Anda miliki jika dibandingkan dengan memasang iklan dengan metode lainnya. Hal ini karena dengan strategi ini akan membantu Anda dalam menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Misalnya saja jika ingin beriklan di facebook, maka bisa beriklan dengan Rp10.000 per hari.

Tak melulu iklan berbayar, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan iklan secara gratis. Dalam hal ini biasanya pelaku bisnis akan memilih bergabung dengan komunitas. Yang Anda lakukan di sini adalah dengan melakukan hal yang sederhana seperti  membalas komentar pengunjung pada blog bisnis yang Anda kelola.

Apapun cara yang Anda tempuh pada akhirnya Anda perlu membangun komunikasi yang lebih dekat dengan calon pelanggan. Dengan begitu produk yang Anda jual akan lebih mudah diterima di semua kalangan.

Demikianlah strategi marketing online dengan budget terbatas yang bisa Anda lakukan. Karna yang paling penting bukanlah kecilnya anggaran yang Anda miliki tetapi bagaimana Anda menjalankan strategi bisnis yang Anda kelola. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online bisa memilih Jejualan yang bisa Anda hubungi melalui layanan SMS, whatsapp dan line Account.

Send Comment