Jumlah lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah pengangguran tentu membuat sebagian orang untuk memutar otak supaya tetap bisa mendapatkan penghasilan. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu mengasah kemampuan atau sesuai dengan bakat kita sendiri. Di zaman digital ini untuk mendapatkan pekerjaan melalui internet harus bisa kreatif dan memiliki bakat serta kelebihan daripada yang lainnya.

Tidak sedikit orang yang sukses menjalankan bisnis kekinian semisal membuka usaha kuniler, membuka usaha pembuatan vlog, ataupun membuka jastip alias jasa pentitipan. Jika anda sudah bisa mulai membuka bisnis anda tentu akan akan membutuhkan karyawan untuk membantu bisnis anda dan itu akan bermanfaat untuk mereka yang menganggur ataupun yang ingin menambah penghasilan mereka.

Tetapi jika anda masih takut untuk membuka usaha/bisnis anda karena resiko akan kegagalan dalam menjalankannya, maka dibutuhkanlah strategi-strategi guna untuk mengurangi resiko kegagalan tersebut. Berikut ini adalah 9 strategi memulai bisnis kekinian dari kami yang dapat anda lakukan :

Baca juga : 5 Tren Bisnis Kekinian Yang Populer

1. Tetapkan Bisnis yang Ingin Dijalankan

Strategi memulai bisnis yang pertama yaitu Menetapkan bisnis apa yang ingin dijalankan. Banyak orang yang hanya sekadar ingin ikut-ikutan tren demi untuk mendapatkan uang dengan cepat sering menjadi alasan utama dalam menjalankan bisnis. Sayangnya, tidak sedikit pula para pemilik usaha yang mengalami kegagalan karena ternyata usaha yang mereka jalankan tidak sesuai dengan minat, bakat, maupun passion mereka.

Jika anda memang sudah memiliki niat yang kuat dan komitmen untuk memulai bisnis kekinian, mulailah dengan mengenali dan mengali potensi diri sendiri. Misalnya jika anda memiliki ketertarikan dan kemampuan pada hal-hal yang berkaitan dengan kuliner, maka cobalah jalankan bisnis makanan seperti misalnya makanan diet sehat atau kudapan sehat khusus untuk anak-anak.

2. Melakukan Survey

bisnis online kekinian

Jejualan

Strategi memulai bisnis yang kedua yaitu Melakukan survey bisnis disekitar .Lakukanlah survey untuk mengetahui tingkat persaingan, target pasar, dan potensi bisnis yang sedang dirintis. Ini merupakan hal yang penting karena menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis anda. Mulai dari menarik konsumen yang mempunyai minat daya beli, menentukan harga yang dapat bersaing, hingga agar mendapatkan lokasi yang cukup strategis untuk memulai bisnis kekinian anda.

3. Siapkan Modal

Strategi memulai bisnis yang ketiga yaitu menyiapkan modal untuk memulai bisnis. Tak bisa kita pungkiri jika modal menjadi hal penting untuk memulai suatu bisnis. Kecil besarnya modal yang diperlukan itu tergantung pada jenis usaha apa yang ingin dijalankan. Bahkan, ada beberapa jenis bisnis kekinian yang bisa dimulai hanya dengan modal minim yaitu internet dan smartphone.

Jika bisnis rintisan anda membutuhkan jasa pengiriman yang mudah, cepat, dan aman, jangan ragu untuk menggunakan jasa GrabExpress, salah satu layanan dari Grab untuk mengirimkan dokumen maupun paket barang.

4. Jangan Pernah Berhenti Untuk Belajar

9 Strategi Jitu Dalam Memulai Bisnis Kekinian

Jejualan

Strategi memulai bisnis yang keempat yaitu jangan pernah berhentu untuk belajar. Puas karena sudah berhasil untuk memulai bisnis kekinian? Anda harus hati-hati, justru tantangan ke depannya nanti akan semakin sulit, sehingga anda tetap harus belajar untuk mengikuti perubahan pasar yang terjadi. Tetapi terus belajar juga membuat anda gampang stres dan membuat semangat anda menjadi turun.

5. Menjadi pribadi yang kreatif

Strategi memulai bisnis yang kelima yaitu menjadi pribadi yang kreatif. Kreativitas merupakan hal utama dalam membangun suatu usaha bisnis. Buatlah ide bisnis yang berbeda dengan bisnis orang lain yang sudah maju. Mengapa? Hal ini dikarenakan akan lebih sulit untuk bersaing dengan bisnis yang sudah ada lebih lama dan terkenal di masyarakat.

Untuk bisa mendapatkan ide bisnis, Anda dapat melakukan riset kecil dengan cara membandingkan bisnis-bisnis usaha yang sudah ada, lalu anda tarik kesimpulan hal-hal apa saja yang tidak terdapat di dalam bisnis mereka tersebut. Jika memang anda terpaksa harus meniru bisnis yang telah ada, maka lakukanlah inovasi didalamnya.

6. Milikilah Jiwa Tahan Banting

Strategi memulai bisnis yang keenam yaitu memiliki jiwa yang tahan banting saat menemui kegagalan. Ingin mempunyai dan menjalankan bisnis tetapi Anda termasuk pribadi yang mudah menyerah? Coba pikir-pikir lagi deh! Karena akan terdapat dua kemungkinan, bisnis anda bisa sukses atau bisa gagal. Bagus jika bisnis Anda bisa langsung sukses, tetapi bagaimana jika gagal? Pastinya Anda pernah mendengar ungkapan seperti ini “gagal adalah keberhasilan yang tertunda”, hal ini tentu berlaku dalam dunia bisnis lho.

Jika Anda menemukan kegagalan di awal dalam berbisnis, jangan langsung memutuskan menyerah dan meninggalkan bisnis Anda begitu saja. Pelajari pokok permasalahan dari tiap kegagalan tersebut, lalu carikan solusi yang tepat, lalu bangun dan buka kembali bisnis Anda. Di dalam dunia bisnis sangat memerlukan orang-orang yang memiliki jiwa tangguh.

7. Pilih Bisnis Sesuai Passion Anda

bisnis dari hobi

Jejualan

Strategi memulai bisnis yang ketujuh yaitu memilih bisnis sesuai dengan passion anda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bisnis itu sangat rentan dengan kegagalan terutama pada saat awal membangun sebuah bisnis. Untuk menyiasatinya, anda pilih bisnis/usaha yang memang Anda sukai atau sesuai passion.

Hal ini penting, dikarenakan Anda akan lebih bertahan lama dan berjuang ketika sedang berada di masa-masa sulit sekalipun. Misalnya saat bisnis kuliner anda sepi pembeli, jika Anda suka dengan memasak tentunya akan mencoba berbagai resep-resep terbaru supaya masakan anda lebih disukai oleh pembeli.

Baca Juga : 3 Tips Supaya Bisnis Anda Berkembang Pesat

8. Bangga Terhadap Usaha Anda

Strategi memulai bisnis yang kedelapan yaitu bangga terhadap usaha/bisnis anda. Banggalah dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Bagaimana orang lain akan menyukai dengan produk/jasa yang Anda tawarkan jika Anda sendiri tidak bangga dengan produk/jasa Anda sendiri? Anda bisa mempromosikan dengan bangga produk/jasa Anda pada keluarga dan teman-teman dekat Anda.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan produk sendiri untuk kegiatan sehari-hari seperti misalnya dengan memakai baju dari toko sendiri.

9. Berikan Kualitas Terbaik

Strategi memulai bisnis yang terakhir yaitu memberikan kualitas yang terbaik kepada pelanggan. Kualitas tidak dapat membohongi pembeli. Jalani bisnis Anda dengan jujur dan berikanlah kualitas terbaik kepada konsumen anda agar mereka merasa puas dengan produk/jasa Anda. Tenang saja kualitas yang terbaik akan membuat konsumen selalu datang dan setia kepada Anda lho!

Baca juga: Peluang & Tantangan Bisnis Di Era Digital

Strategi-strategi di atas dapat Anda aplikasikan untuk mengembangkan bisnis terkini. Ingatlah selalu, bahwa dalam membangun suatu usaha sangat diperlukan kerja keras dan pantang untuk menyerah. Jangan takut untuk memulai usaha dari nol ya! Dengan kerja keras, usaha anda dapat berkembang dan tentunya Anda dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkannya.

Terakhir

Jejualan akan secara rutin untuk meng-update berbagai artikel informatif yang menarik lainnya untuk membantu perkembangan bisnis toko online anda supaya bisa sukses. Selain itu, kami juga menawarkan layanan pembuatan toko online yang berkualitas dan dengan harga yang terjangkau. Layanan kami tentu saja bergaransi selama 30 hari penuh. Jika anda kecewa dengan pelayanan kami saat masih dalam masa garansi, anda bisa mengajukan klaim kepada kami untuk kami tindaklanjuti dan bahkan uang anda akan kami kembalikan seluruhnya.

Kami juga bermitra dengan penyedia layanan domain murah dan hosting berkualitas, layanan pembuatan website, layanan promosi online dan lain sebagainya. Yang mana mitra kami yaitu IDwebhost sudah dipercaya oleh 100 ribu lebih pelanggan.

Send Comment