Semua dari kita tentu tahu bahwa bisnis online adalah sebuah tempat dimana persaingan terjadi begitu ketat. Hampir semua orang yang terjun di dunia bisnis tentu paham, bahwa agar bisa bertahan di tengah persaingan ketat, seorang pebisnis harus tahu strategi online marketing.

Tetapi, menentukan strategi online marketing yang tepat bukanlah pekerjaan yang mudah. Trial and error akan menjadi makanan sehari-hari untuk Anda. Ada strategi yang bagus untuk satu jenis bisnis online, tetapi belum tentu bekerja dengan baik di jenis selling online yang lain.

Di internet, banyak sekali platform jualan online yang dengan mudah dijangkau dan ditemui. Dari e-commerce seperti Amazon dan eBay, website toko online  hingga media sosial seperti Facebook, dan Instagram. 

Kanca Jejualan, pada artikel ini, Kami akan berbagi pada Anda tentang strategi online marketing untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Manfaat Online Marketing

Sebelum lebih jauh membahas tentang strategi online marketing untuk pemula, ada beberapa manfaat online marketing yang bisa Anda dapatkan. Apa saja? Ini dia daftar manfaat online marketing untuk pemula: 

Dapat Dilakukan Siapa Saja

Melakukan aktivitas pemasaran secara online dapat dilakukan siapa saja. Baik itu perusahaan atau bahkan perorangan. Semua skala bisnis bisa memanfaatkan marketing online karena alat-alatnya kini sangat mudah diakses. Kalau tidak punya komputer, dengan bekal smartphone dan koneksi internet, Anda sudah bisa memulai aktivitas marketing online. 

Efisiensi Biaya

Upaya marketing tradisional, seperti baliho, billboard, dan iklan di media massa cenderung mahal dan susah untuk diakses, terutama para pengusaha kecil. Dengan marketing online, Anda bisa berhemat anggara marketing dengan hasil yang sama atau bahkan lebih baik lagi. 

Meningkatkan Pendapatan 

Tak hanya dapat menghemat anggaran pemasaran, marketing online juga dapat meningkatkan pendapatan lebih efektif. Survey Google, pelaku bisnis yang memanfaatkan marketing online berhasil meningkatkan pendapatan hingga nyaris 3 kali lipat. 

Baca Juga : Berapa Modal Bikin Coffee Shop? 

Dapat Menargetkan Pasar Secara Spesifik

Salah satu kelebihan pemasaran online adalah, Anda bisa menargetkan audiens yang spesifik. Berbagai data bisa dijadikan “senjata” untuk memenangkan pasar. Mulai dari lokasi, usia, minat, hingga gender yang paling sesuai dengan target pasar Anda. 

Strategi Online Marketing Untuk Pemula

Bayangkan, apa yang terjadi jika hingga hari ini tidak ada internet? Mungkin kita akan kesulitan untuk menjual dan membeli barang karena keterbatasan informasi. Berikut ini adalah strategi online marketing yang patut Anda coba: 

 Memilih platform E-commerce yang Tepat 

Tips pertama sukses jualan online adalah memilih platform e-commerce yang tepat. Platform e-commerce adalah tulang punggung dari bisnis online, selain website toko online tentu saja. Platform e-commerce menjadi tempat dimana proses jual beli menjadi lebih efisien. Pilihlah platform e-commerce yang memberikan semua fitur yang Anda inginkan saat membuka toko online Anda pertama kali.

Untuk memilih platform e-commerce yang tepat, Anda harus banyak melakukan riset dan memilih opsi yang tersedia cocok dengan bisnis yang Anda jalankan. 

Memiliki Selling Point Unik 

Untuk dapat menjadi seorang pebisnis online yang sukses, Anda harus memiliki selling point yang unik. Apa maksudnya selling point yang unik? Selling point adalah hal yang membedakan Anda dengan pesaing. Jadi, agar tahu apa selling point yang Anda miliki, melakukan riset kompetitor adalah cara terbaik.

Lakukan analisa, apa yang tidak ada pada mereka, sementara Anda memilikinya. Bisnis yang tidak memiliki selling point unik umumnya akan kesulitan bersaing, terutama dengan bisnis yang telah lebih dulu ada. 

Mengetahui Siapa Audiens Anda 

Salah satu kesalahan umum yang ditemui pada pelaku online marketing pemula adalah ketidakmampuannya mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar. Banyak pebisnis online yang baru terjun akan memberikan deskripsi panjang tentang produk atau toko mereka. Sementara calon konsumen bisa jadi tidak terlalu memperhatikan deskripsi tersebut. Yang mereka inginkan adalah, produk yang Anda jual dapat menjadi solusi kebutuhan mereka 

Membuat Website yang Ramah Pengguna 

Di dunia jualan online, e-commerce bukan satu-satunya jalan yang bisa Anda pilih. Jika berjualan online, tentu belum sah jika Anda tidak membangun website toko online sendiri. Bangunlah website dengan reputasi yang bagus.

Reputasi yang bagus disini tak hanya terkait dengan produk yang Anda jual. Berikanlah jaminan keamanan untuk setiap keputusan yang dilakukan calon pelanggan di website Anda. Tingkatkan performa website toko online Anda di internet dengan optimasi SEO. Dan pastinya, manjakan mata pengunjung dengan tampilan yang ramah pengguna dan mobile friendly. 

Mengoptimalkan Social Media Marketing 

Tidak bisa dibantah bahwa media sosial adalah saluran yang cukup powerful untuk menghubungkan Anda dengan calon konsumen potensial. Sosial media membuat aktivitas bisnis menjadi tampak kreatif dan menyenangkan. Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas di media sosial, Anda bisa mengoptimalkannya dengan iklan.

Agar iklan media sosial Anda tepat sasaran, silakan gunakan tools analitik yang ada untuk mempelajari siapa audiens yang Anda inginkan. Ini akan berperan penting pada strategi pemasaran di sosial media. 

Memberikan Penawaran yang Menarik Untuk Pelanggan 

Untuk bisa memenangkan persaingan, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah memberikan penawaran terbaik untuk pelanggan. Setidaknya, terdapat tiga penawaran yang disukai oleh konsumen, yaitu: 

Gratis Ongkir

Jika ada toko online yang menawarkan promo gratis ongkir, bukan tidak mungkin akan diserbu oleh pembeli. Bisa dikatakan, ongkos kirim menjadi topik yang sensitif bagi konsumen. Salah satu strategi jualan online yang banyak dipakai adalah memberikan gratis ongkir setelah melakukan pembelian dengan nominal tertentu. 

Diskon 

Diskon banyak dipilih sebagai strategi untuk menarik pelanggan baru. Banyak toko online yang memberikan diskon besar untuk pembeli yang melakukan transaksi pertama kali di toko tersebut. 

Refund dan Garansi Uang Kembali 

Memberikan garansi uang kembali menjadi strategi jualan online yang banyak dipakai oleh banyak toko online. Banyak seller yang menjadikan cara ini untuk membangun kepercayaan konsumen. Bisa dibilang, cara ini sangat tricky dan berisiko. Jadi Anda harus memastikan produk yang Anda jual dapat memuaskan konsumen. 

Menyediakan Pilihan Pembayaran yang Lengkap

Anda harus menyediakan banyak opsi pembayaran agar memudahkan konsumen saat hendak melakukan pembayaran. Pilihan pembayaran yang sudah sangat populer di kalangan konsumen e-commerce Indonesia antara lain transfer bank, kartu kredit, dan layanan payment gateway

Penutup

Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, menemukan strategi pemasaran yang tepat adalah keharusan. Strategi marketing online banyak jenisnya. Proses yang akan membantu Anda untuk menemukan strategi yang tepat. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.   

 

Send Comment