Pengembangan usaha kecil menengah bisa anda lakukan dengan penerapan dan juga strategi yang tepat. Dalam hal ini, anda bisa mencoba untuk melakukan sesuatu yang tepat agar pengembangan UKM yang dimiliki bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Tentu tak bisa dipungkiri bahwa dalam rangka mengembangkan UKM itu sendiri ada banyak tantangan dan juga kendala yang harus dihadapi. Namun hal ini tentu bukanlah menjadi masalah selama anda tahu bagaimana cara mengatasi itu semua, serta kreatif dalam mencari peluang pasar yang tepat. Agar anda bisa berada di jalur yang tepat serta tahu bagaimana penerapan pengembangan usaha kecil menengah tersebut, maka anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • People

Product memiliki arti sebagai produk. Price adalah harga. Place adalah tempat. Promotion merupakan langkah promosi. People adalah orang atau target yang akan anda sasar dalam perdagangan anda nanti, atau bisa juga SDM atau tim yang anda miliki. 5 P ini harus anda atur strateginya dengan baik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menentukan Produk Yang Akan Dipasarkan

Dalam tahapan awal pengembangan usaha kecil menengah ini, tentu saja yang hraus anda lakukan adalah dengan menentukan produk apa yang sekiranya akan anda pasarkan tersebut. Produk yang akan anda pasarkan ini tentu saja ada banyak jenisnya. Jika kita berbicara mengenai kategori produk yang bisa dijual di pasar, tentu semua itu tidak akan ada habisnya. Pasalnya memang ada banyak sekali jenis dan pilihan produk yang tersedia dan bisa dijual tersebut. Jika anda mampu melakukan semuanya dengan baik, sudah pasti produk yang anda jual tersebut akan mampu bersaing dengan baik di era modern ini. Sudah pasti semuanya harus benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan didalamnya.

Kualitas dari produk yang akan dijual juga harus diperhatikan. Akan lebih baik jika anda memilih produk yang fleksibel atau sesuai dengan apa yang sedang trending saat ini. Dengan demikian, akan lebih mudah nantinya bagi anda untuk membidik pasar yang akan ditarget dengan produk dan layanan yang akan dijual terkait. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi anda. Pasalnya, semua itu akan bisa anda dapatkan dengan mudah dan tepat nantinya.

2.  Menentukan Harga Jual Produk

Inilah yang kemudian disebut sebagai Price atau harga. Dari sini anda harus benar-benar tahu berapa harga yang sekiranya akan anda pasang dalam produk yang dijual itu sendiri. Dari sinilah ada beberapa parameter yang bisa anda jadikan sebagai acuan untuk terhindar dari kerugian pada saat menentukan harga itu sendiri:

  • Parameter pertama adalah dengan mengenakan harga berdasarkan biaya produksi ditambah dengan keuntungan, misalnya keuntungan 30 persen dari harga produksi.
  • Tahapan kedua dalam mengenakan Price tersebut adalah berdasarkan harga kompetitor. Misalnya anda melihat pesaing anda mematok harga sekian Rupiah, maka anda bisa mematok harga sedikit di bawah kompetitor tapi pastikan bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang sama. Ini akan lebih menarik perhatian dari pelanggan anda nantinya.
  • Tentukan harga berdasarkan permintaan produk pelanggan itu sendiri. Jadi dari sini pelanggan bisa menentukan sendiri produk apa yang mereka inginkan dengan kualitas yang sesuai dengan harga produksinya. Serta tak lupa dikonfirmasi pula berapa kuantiti produk yang akan dibeli.

3. Pemilihan Tempat Yang Strategis

Dalam penerapan pengembangan usaha kecil menengah tersebut, tentu saja pemilihan tempat yang strategis juga harus dilakukan. Dengan memilih tempat yang strategis, sudah pasti penjualan akan bisa berlangsung dengan lebih maksimal dan tepat. Dari sinilah akan lebih banyak lagi manfaat yang akan bisa anda peroleh dan capai didalamnya. Inilah yang kelak nanti akan menghadirkan kepada anda sesuatu yang terbaik. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda pahami:

  • Lokasi dari tempat berjualan tersebut harus mudah diakses oleh semua orang, serta jauh dari keramaian.
  • Kemudian, yang tak kalah pentingnya adalah dengan menentukan target pasar yang akan dibidik. Anda bisa membidik kalangan pekerja kantoran, pekerja pabrikan, pelajar, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.
  • Pastikan bahwa tempat usaha anda tersebut juga mudah dijangkau oleh mereka dari segi transportasi. Sehingga tidak akan membuat mereka berpikir dua kali datang ke tempat anda.
  • Tak lupa bahwa produk yang anda jual tersebut juga harus mampu menarik perhatian pelanggan dengan baik. Dari sinilah anda akan bisa mendapatkan manfaat didalamnya dengan lebih tepat dan baik.

4. Lakukan Promosi Secara Tepat

Pada tahapan selanjutnya yang harus anda lakukan dalam pengembangan usaha kecil menengah ini adalah melakukan promosi dengan tepat dan benar sebagaimana mestinya. Dengan melakukan promosi secara efektif, maka hasil yang anda dapatkan pun juga akan lebih besar dan maksimal. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari cara offline atau online. Yang jelas semua harus memiliki parameter dan hasil yang terukur.

Akan lebih baik lagi jika sebelum melakukan promosi, anda sudah melakukan riset terlebih dahulu tentang produk anda, serta siapa sekiranya calon pelanggan yang akan anda target. Lalu apakah anda akan menggunakan media online atau offline untuk melakukan promosi itu sendiri. Jika semua sudah bisa anda lakukan dengan tepat, sudah pasti hasilnya pun juga akan lebih maksimal lagi.

5. Cari SDM Yang Profesional Dan Terbaik

Untuk kategori People (orang) dalam pengembangan usaha kecil menengah ini, tidak hanya berdasarkan pada orang yang akan menjadi target pasar anda. Tapi juga berkaitan dengan SDM yang anda miliki. Pastikan bahwa anda mencari dan memiliki SDM yang terbaik dan profesional. Dengan adanya SDM yang profesional dan terbaik tersebut, sudah pasti banyak manfaat yang nantinya akan bisa anda dapatkan. Untuk menemukannya, tentu anda harus melakukan seleksi dengan matang dan tepat. Jika anda mampu melakukan seleksi dengan baik, maka memperoleh SDM yang profesional pun akan bisa dilakukan dengan mudah.

Anda harus benar-benar profesional dalam melakukannya. Jangan hanya karena mereka adalah kenalan atau referensi saudara, maka anda bisa menerapkan langkah pengembangan usaha kecil menengah secara sembarangan. Pastikan bahwa anda melakukan dan menerapkan itu semua dengan metode yang tepat dan baik. Dari sinilah anda akan benar-benar tahu dan paham apa yang sebenarnya anda inginkan didalamnya.  Serta yang tak kalah pentingnya adalah menjaga keberlangsungan bisnis anda tetap aman karena dikelola oleh para SDM yang profesional dan ahli di bidangnya.

Penutup

Kini anda sudah paham tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan usaha kecil menengah. Anda bisa mulai menerapkan langkah yang tepat tersebut dari sekarang. Saatnya membuat usaha anda berkembang dan semakin sukses untuk jangka panjang.

Baca Juga: Cara Promosi Cuma Berbekal Kreativitas Dan Waktu

Send Comment