Prioritas finansial harus bisa anda susun dengan metode yang tepat. Dalam kehidupan anda, tentu tidak luput dari yang namanya pengeluaran dan pemasukan. Pemasukan mungkin sudah bisa anda dapatkan secara rutin setiap bulannya. Tapi bagaimana dengan pengeluaran anda? Apakah anda termasuk orang yang hedon dan tidak bisa merencanakan keuangan dengan baik? Apakah masih sulit bagi anda untuk menabung dengan baik? Jika sudah demikian maka sudah saatnya bagi anda untuk sadar terkait skala prioritas finansial itu sendiri.

Dengan merencanakan prioritas finansial tersebut, sudah pasti anda akan mampu meraih impian yang diinginkan dengan mudah untuk masa depan yang lebih baik. Selain itu, anda juga harus mampu menerapkan cara yang terbaik dalam rangka mengatur semua yang anda butuhkan didalamnya. Mungkin semua akan baik-baik saja ketika anda masih single. Tapi bagaimana jika anda sudah berkeluarga? Tentu kebutuhan yang semakin banyak harus anda hadapi. Lalu sudah siapkan anda dengan tabungan, pengeluaran tak terduga, dan hal-hal lainnya yang berpotensi membocorkan kondisi finansial anda? Jangan sampai menyesal, simak selengkapnya panduan menyusun prioritas finansial dengan cara berikut:

1. Atur Tingkat Urgensi

Tahap awal yang bisa anda lakukan dalam merencanakan prioritas finansial adalah dengan mengatur tingkat urgensi dari kebutuhan anda itu sendiri. Anda harus paham dan tahu apa saja hal yang penting dan harus diutamakan dan mana yang hanya sebagai kebutuhan tambahan atau pemuas saja. Misalnya untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, uang saku, uang transportasi, dan lain sebagainya harus dipastikan sudah terpenuhi terlebih dahulu.

Jika sudah, barulah anda bisa melangkah ke tahap yang berikutnya yaitu dengan menyusun prioritas level lebih lanjut, yaitu kebutuhan membeli pulsa internet, kebutuhan untuk membeli pulsa listrik, membayar air, dan lain sebagainya. Jika anda sedang mengontrak atau mencicil uang bulanan untuk bayar rumah, mobil dan lain sebagainya, maka pastikan untuk menyisikan uang anda bagi kebutuhan ini. Jangan sampai anda melewatkannya.

2. Kerahkan Potensi Terbaik Anda

Setelah memahami prioritas finansial di atas, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui kemampuan yang anda miliki saat ini dan kemudian memaksimalkannya untuk menjadi lahan bisnis atau uang. Dalam hal ini, anda bisa mencoba untuk melakukannya dengan metode dan juga penerapan yang tepat. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menyusun apa saja rencana bisnis yang akan anda lakukan untuk jangka panjang.

Misal dalam beberapa waktu ke depan anda ingin membuat bisnis baru, menjadi entrepreneur, membuka bisnis kuliner, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa anda menerapkan dan melakukan semuanya itu dengan cara tepat dan baik yang anda inginkan. Hal tersebut harus benar-benar anda pahami sejak dini. Dari sinilah anda akan mendapatkan pencerahan tentang rencana keuangan yang akan anda lakukan ke depannya nanti dalam hal prioritas finansial.

3.  Sortir Daftar Yang Sudah Dibuat Berdasarkan Tingkat Urgensinya

Sudah selesai membuat daftar mana lahan bisnis yang akan anda coba untuk buka, cari mana yang berpeluang paling besar untuk dijalanlah lebih dulu. Kemudian, langkah penerapan tambahan lainnya adalah dengan sortir apakah anda akan mengutamakan kebutuhan primer, sekunder, atau tersier. Semua harus disortir dengan baik dan tepat. Jangan sampai anda salah dalam melakukan penyortiran karena hal ini pastinya akan jelas berdampak sangat signifikan pada penerapan yang akan anda lakukan nantinya.

4. Utamakan Rencana Masa Depan Terpenting

Prioritas finansial juga bisa anda susun berdasarkan rencana masa depan yang akan anda buat tersebut, misalnya bagi anda yang sudah berkeluarga anda bisa menyusun rencana kapan anda akan punya rumah, kapan anda akan punya mobil, kapan anda akan memiliki bisnis sendiri, apakah anda berencana untuk menguliahkan anak anda ke Universitas atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi? Jika sudah demikian, maka yang terbaik dan terpenting adalah memahami tentang rencana masa depan tersebut.

Anda harus paham bahwa dalam prioritas finansial ini, ada banyak sekali hal-hal sangat penting yang harus anda ketahui. Jika anda ingin meraih masa depan yang sukses dan terbaik, sudah pasti penerapannya adalah dengan menggunakan metode dan perencanaan yang tepat. Pada saat anda mampu melakukan semau itu dengan baik, sudah pasti anda akan bisa melihat hasil menguntungkan yang anda butuhkan dalam jangka panjang. Untuk tahapan selanjutnya anda juga harus tahu apa saja faktor yang berpengaruh pada prioritas finansial antara lain sebagai berikut:

Faktor Yang Mempengaruhi Prioritas Finansial Seseorang

  • Yang pertama adalah seberapa besar pendapatan atau income yang mereka terima. Dalam hal ini setiap individu tentu memiliki income yang berbeda-beda. Ada yang memiliki pemasukan yang besar, tapi ada juga yang pas-pasan. Ada juga yang pendapatannya besar, tapi terlihat sedikit karena mereka memiliki tanggungan berupa cicilan rumah, mobil, dan lain sebagainya.
  • Status dan peran dalam masyarakat juga menjadi acuan bagaimana prioritas finansial seseorang itu sendiri. Misalnya anda bekerja sebagai pegawai negeri dengan penghasilan yang berbeda dengan pedagang harian, tentu saja kebutuhan dan prioritasnya juga berbeda. Demikian dengan anda yang berstatus sebagai karyawan swasta, tentu punya prioritasnya sendiri. Apalagi jika anda adalah bos atau pengusaha yang sukses, malah lebih besar lagi prioritas finansialnya.
  • Peran dalam keluarga juga menentukan prioritas finansial itu sendiri. Misalnya anda adalah seorang suami yang memiliki tanggungan istri dan anak. Sudah pasti yang harus diprioritaskan adalah menghidupi anak istri, serta bagaimana caranya untuk menyekolahkan anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi nanti agar bisa menjadi pintar dan membuat bangga orang tua.
  • Lalu yang tak kalah pentingnya adalah lingkungan tempat tinggal itu sendiri. Bagi anda yang tinggal di perumahan elite tentunya memiliki kecenderungan untuk mengikuti gaya hidup tertentu. Demikian juga jika anda tinggal di lingkungan masyarakat yang ekonominya rendah atau biasa-biasa saja. Meski tidak 100 persen memberikan pengaruh, tapi tetap saja terkadang hal ini juga bisa menjadi pemicu seperti apa penerapan prioritas finansial yang anda lakukan.

Kesimpulan

Yang terpenting dalam prioritas finansial ini adalah anda harus paham betul tentang apa yang anda butuhkan dan inginkan. Tentu saja semuanya juga memiliki kecenderungan masing-masing untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Tapi anda juga harus paham betul apa saja rencana dan persiapan yang sebaiknya anda lakukan dan terapkan dalam rangka menyusun rencana masa depan yang tepat dan lebih baik lagi. Sehingga dalam jangka panjangnya nanti, anda pun akan mampu mendapatkan kemduahan dari segi keuangan dan lain sebagainya.

Lakukan perencanaan keuangan anda sekarang juga dan pastikan melakukannya dengan baik agar masa depan keuangan anda dilakukan dengan penerapan yang tepat dan signifikan tersebut. Ketahui mana yang prioritas dan mana yang bisa anda kesampingkan. Itu adalah bagian terpenting dalam pengaturan finansial untuk kemudahan jangka panjang kehidupan anda.

Baca Juga: Begini Lho Ternyata Cara SEO Bekerja

Send Comment