tahap riset

Riset Pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data serta interpretasi dan implementasi dari hasil riset tersebut. Tujuan utama dari riset yaitu untuk mengetahui informasi secara akurat sehingga dapat menjelaskannya secara objektif.
Sistematis dan obyektif mengandung arti bahwa riset pemasaran menggunakan beberapa tahap yang merupakan kesatuan logis sehingga hasilnya dapat diterima atau dipahami semua pihak. Penggunaan beberapa tahap dalam riset pemasaran ini diperlukan untuk menjamin agar informasi yang dihasilkan benar-benar valid. Namun demikian, perlu dipahami bahwa tahap-tahap dalam riset pemasaran tidak bersifat baku. Untuk itu, tahapan di sini dimaksudkan sebagai kerangka yang memudahkan dan menjamin hasil riset sesuai dengan yang diharapkan.

Tahap-Tahap Riset Pemasaran

Tahap-tahap yang harus dilakukan dalam menjalankan riset pemasaran diantaranya adalah:

1. Merumuskan Masalah

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjalankan riset pemasaran adalah merumuskan masalah. Proses perumusan masalah ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda mengerti betul dengan tujuan yang akan dicapai setelah riset selesai. Pada dasarnya riset disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang dihadapi dalam bisnis.

2. Menentukan Desain Riset

Desain riset menggambarkan perencanaan yang akan dilakukan dalam riset dan mengacu pada masalah yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada tahap inilah periset perlu merinci dengan detail prosedur yang diperlukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dan menjawab masalah riset serta menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan. Terdapat tiga jenis desain riset, yaitu eksplorator, deskriptif, dan kausal.

pengumpulan data

3. Merancang Metode Pengumpulan Data

Pada tahap ini periset menentukan metode pengumpulan data, yaitu data primer dan sekunder. Salah satu cara untuk mengumpulkan data primer yakni dengan wawancara pribadi baik melakukannya lewat telepon atau dengan tatap muka langsung. Sedangkan untuk mendapatkan data sekunder yaitu dengan melakukan pencarian melalui perpustakaan, internet, majalah dan lain sebagainya. Dapat diketahui perbedaan antara keduanya, primer yaitu pengumpulan data secara langsung sedangkan sekunder melalui perantara seperti buku.

4. Mengambil Sampel dan Melakukan Pengumpulan Data

Selanjutnya anda melakukan pengambilan sampel dan pengumpulan data di lapangan. Anda bisa melakukan pengambilan sampel didasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu probability atau non probability sampling. Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang cara pengambilan sampel yang benar.

5. Melakukan Analisa dan Interpretasi Data

Interpretasi data meliputi editing, koding, transkrip, dan verifikasi. Masing-masing kuesioner atau hasil observasi diedit dan dikoding kemudian data tersebut di transkrip atau dimasukkan ke dalam komputer. Selanjutnya dilaksanakan verifikasi atau pengecekan kembali apakah data yang asli sudah benar terekam, dan sesuai dengan rencana metode analisis yang telah disusun. Kemudian data tersebut dapat dianalisa.

6. Pembuatan Laporan dan Presentasi

Hasil dokumentasi dan penelitian mulai dari tahap pertama hingga tahap kelima, didokumentasikan atau direkap dalam bentuk laporan hasil penelitian dengan sistematika yang teratur mulai dari identifikasi masalah atau penentuan masalah, pendekatan yang digunakan atau teori yang digunakan, desain penelitian, pengumpulan data, analisa data, serta temuan yang diperoleh. Semua disajikan untuk proses pengambilan keputusan. Setelah itu diperinci lagi untuk dibuat sebuah presentasi yang menarik sehingga data Anda dapat diterima dengan baik.

Itulah beberapa tahap riset pemasaran yang dapat Anda lakukan. Dengan riset pemasaran yang baik, Anda dapat menjalankan bisnis dengan sukses. Kini, Anda juga dapat mengembangkan bisnis dengan membuka toko online. Anda dapat membuatnya dengan mudah melalui Jejualan.

Jejualan merupakan salah satu jasa pembuatan toko online yang bisa Anda gunakan. Fitur menarik yang ditawarkan Jejualan juga beragam seperti kemudahan dalam membuatnya, memiliki banyak pilihan desain menarik, harga yang terjangkau, hingga gratis domain .com dan .net seumur hidup. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Jejualan dan dapatkan free trial hingga 15 hari.

2 Comments

Erfan -

Artikel yang mencerahkan mbak/mas admin, dari sekian banyak langkah yang ada maka perlu ditambahkan dengan konsistensi dan pengukuran secara berkelanjutan. Selalu ada perubahan yang terjadi , terlebih ketika telah melibatkan serangkaian data baru dalam suatu riset

    admin -

    Terima kasih kak, semoga sukses terus usahanya 🙂

Send Comment

Captcha *