Pengelolaan keuangan bisa dilakukan dan direncanakan secara strategis dan sistematis. Dengan cara tersebut maka anda pun akan bisa mendapatkan hasil yang tepat dan terbaik. Untuk tahapan lebih panjang, nda bisa melihat bahwa banyak sekali yang bisa anda terapkan untuk bisa mencapai hasil yang dibutuhkan. Awalnya, menerapkan pengelolaan keuangan yang tepat memang bukan hal yang mudah, tapi seiring dengan berjalannya waktu, anda akan bisa mengatasi berbagai macam rintangan yang ada di depan dengan metode yang tepat. Dari sinilah semuanya akan bisa menghadirkan hasil yang terbaik.

Tak mengherankan jika dalam pengelolaan keuangan tersebut, anda harus benar-benar paham langkah-langkahnya. Pengelolaan ini mungkin tidak akan terlihat dampaknya secara jangka pendek. Tapi dalam jangka panjang, anda tentu akan bersyukur karena sudah menerapkan metode yang tepat dalam pengelolaan itu sendiri. Pada akhirnya nanti, anda pun akan mampu memperoleh dan mendapatkan hasil yang anda inginkan dengan signifikan itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1. Lakukan Pencatatan Aset Yang Dimiliki

Tahapan awal dalam pengelolaan keuangan yang bisa anda lakukan adalah dengan mencatat harta atau aset yang dimiliki. Dengan melakukan pencatatan tersebut setidaknya adna akan bisa mengetahui apa  saja aset yang bisa anda potensikan sebagai aset yang produktif dan aset yang konsumtif.

Masih bingung dengan perbedaanya? Berikut penjelasannya.

  • Aset produktif adalah sebuah aset yang nantinya akan memberikan keuntungan kepada anda. Pasalnya aset tersebut nantinya akan bisa dijua kembali dengan harga yang relatif lebih besar, aset produktif yang dimaksudkan dalam hal ini adalah rumah, kost, apatermen, dan aneka jenis property yang memiliki nilai signifikan. Membeli emas sekian gram dalam bentuk perhiasan yang kemudian anda simpan, juga bisa dikatakan sebagai bentuk aset produktif yang bisa anda miliki didalamnya.
  • Aset konsumtif beda lagi. Ini adalah jenis aset yang tidak memberikan keuntungan kepada anda. Tapi anda bisa menggunakannya sebagai sarana untuk mempermudah rutinitas dan aktivitas yang anda lakukan setiap harinya. Contoh dari jenis aset yang satu ini adalah perlengkapan rumah tangga, gadget dan lain sebagainya.

2. Catat Pengeluaran Dan Pemasukan Secara Berkala

Dalam hal ini, pengelolaan keuangan juga bisa anda lakukan dengan cara mencatat pemasukan dan pengeluaran secara berkala. Dengan cara inilah maka anda pun akan mampu menganalisa keuangan yang anda lakukan dengan tepat dan baik. Anda pun juga akan bisa menerapkannya dengan tepat dan signifikan.

Contoh kecilnya bisa anda mulai dari pembagian pemakaian untuk uang gaji bulanan anda.

Misalnya anda memiliki gaji bulanan sejumlah Rp 5 juta. Kemudian dari gaji tersebut. Rp 1 juta akan anda pakai untuk pemenuhan makanan sehari-hari.

Kemudian, Rp 2 juta akan anda pakai untuk menabung, lalu Rp 1 juta sisanya akan anda pakai untuk investasi, baik itu anda rupakan dalam bentuk emas atau lain sebagainya. Sementara sisanya yang Rp 1 juta bisa anda pergunakan untuk hal tak terduga dan juga kebutuhan tambahan lainnya. Dari sini saja anda sudah melakukan proses pencatata dan rencana pengeluaran/pemasukan anda dengan baik. Inilah yang kemudian akan membawa anda pada dampak yang anda butuhkan itu sendiri.

3. Perhatikan Pengeluaran Rutin Anda

Satu hal yang terpenting dalam pengelolaan keuangan tersebut adalah bagaimana anda mengelola semuanya dengan tepat dan baik. Jika anda hendak mengelola uang anda, maka sangat penting pula bagi anda untuk memperhatikan terlebih dahulu, berapa uang yang sudah anda keluarkan. Misalnya anda hanya membatasi uang yang keluar per bulannya adalah Rp 2 juta, maka jangan sampai anda mengeluarkan lebih dari Rp 2 juta. Malah bagus jika anda tidak sampai keluar uang Rp 2 juta per bulannya.

Bisa kurang dari itu saja akan menambahkan uang tabungan yang anda simpan.

Dari sini jika anda melakukannya secara berkala dalam satu tahun maka setidaknya anda akan sudah memiliki uang tabungan dengan jumlah Rp 50 juta sampai dengan Rp 75 juta per tahunnya. Kalau gaji anda lebih besar dari itu maka bukan hal yang tidak mungkin bahwa uang tabungan yang anda simpan nantinya akan bisa mencapai Rp 100 juta bahkan bisa Rp 150 juta dengan mudahnya.

4.  Bedakan Mana Prioritas Dan Mana Keinginan

Dalam pengelolaan keuangan tersebut, tentu saja yang tak kalah penting adalah dari segi mindset atau psikologis yang anda miliki. Tentu saja anda harus tahu dan bisa membedakan mana yang prioritas dan mana yang keinginan. Dari sinilah anda nantinya akan bisa mendapatkan manfaat yang anda butuhkan itu sendiri. Anda akan bisa menentukan mana yang sebaiknya anda dahulukan, misalnya kebutuhan anda sehari-hari, lalu mana yang sekedar keinginan anda. Semuanya harus mampu anda susun dengan baik.

Prioritas yang dimaksudkan di sini adalah kebutuhan penting anda

Misalnya makan dan minum, serta perlengkapan kebutuhan pokok seperti kebutuhan sembako, peralatan mandi, dan lain sebagainya. Jika semua itu sudah ada dan terpenuhi, atau bisa digunakan dalam jangka waktu beberapa bulan kedepan, barulah mulai berpikir membeli sesuatu yang anda inginkan. Di sini anda bisa mencoba untuk memilih membeli pilihan produk yang sesuai dengan kenginan anda tersebut, misalnya Smartphone, Game, dan lain sebagainya.

5.  Rencanakan Program Masa Depan Anda

Kenapa pengelolaan keuangan itu sangatlah penting? Karena tujuannya tak lain dan tak bukan memang adalah demi masa depan anda yang lebih baik. Anda pastinya ingin punya rumah sendiri, bukan? Anda pastinya ingin punya kendaraan sendiri, bukan? Kapan anda akan bisa membeli mobil, AC dan juga kebutuhan tambahan lainnya untuk uang anda? Tanpa perencanaan yang matang, sudah pasti mustahil untuk bisa memenuhi itu semua. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi anda dalam merencanakan semua yang anda butuhkan tersebut dengan tepat dan baik.

Inilah pentingnya kenapa anda harus benar-benar paham tabungan dan juga investasi. Menabung bisa anda mulai dari sekarang sejak muda, sehingga saat tua nanti anda tidak merana dan kekurangan uang. Lakukan investasi yang berkala pula dalam rangka membantu anda untuk bisa mendapatkan uang tabungan yang lebih besar lagi di masa mendatang, misalnya dengan berinvestasi emas yang memiliki nilai tetap dan tidak terpengaruh inflasi.

Akhir Kata

Sudah punya gambaran tentang pengelolaan keuangan yang tepat? Berikut adalah beberapa poin yang penting untuk membuat masa depan anda lebih baik:

  • Catat harta yang anda miliki.
  • Catat semua pemasukan dan pengeluaran yang anda miliki dengan baik.
  • Perhatikan pengeluaran rutin anda
  • Rencanakan program untuk masa depan
  • Susun budgeting anda dengan baik.

Semoga pengelolaan keuangan yang anda rencanakan bisa berhasil, demi masa depan yang lebih baik untuk anda dan orang-orang tercinta.

Baca Juga: Begini Lho Ternyata Cara SEO Bekerja

Send Comment