Social-Media-Strategy

Anda pasti tahu seberapa sering orang menghabiskan waktu di medsoc? Hampir setiap waktu bukan? Hal ini menjadi lucu sekaligus menyedihkan. Pengguna sibuk memperbarui dan memperbaiki profil. Bagian ini menjadi penting karena mempengaruhi cukup besar bagi Anda yang melakukan pemasaran di medsoc. Berikut 7 cara praktis dan hemat waktu bagi Anda!

  1. Pastikan Anda menggunakan ukuran gambar media sosial yang tepat

Luangkan beberapa menit, optimalkan foto profil dan foto sampul Anda pada setiap saluran. Pastikan foto termasuk dalam dimensi yang direkomendasikan untuk setiap jaringan. Banyak orang berpikir jaringan sosial akan memastikan gambar itu sesuai dengan benar. Nyatanya, Anda tidak pernah tahu kapan gambar profil akan digunakan kembali di tempat lain di jaringan sosial. Bagaimana tampilannya saat diperluas? Bagaimana tampilannya saat kecil di arus orang? Bagaimana tampilannya di ponsel dibandingkan desktop?

Jaringan sosial memberi kita ukuran gambar yang optimal karena mengetahui bahwa foto-foto akan digunakan dalam berbagai contoh. Anda mungkin harus mempercayainya, berikut informasi  mengenai Social Media Image Sizes.

Ukuran gambar standar untuk jaringan sosial utama adalah sebagai berikut:

  • Foto profil Facebook: 170 X 170 piksel
  • Foto sampul Facebook: 828 X 465 piksel
  • Foto profil Twitter: 400 X 400 piksel
  • Gambar header Twitter: 1.500 X 500 piksel
  • Foto profil Google+: 250 X 250 piksel (minimum)
  • Foto sampul Google+: 1080 X 608 piksel
  • Foto profil LinkedIn: 400 X 400 piksel (minimum)
  • Latar belakang kustom LinkedIn: 1584 X 396
  • LinkedIn cover photo: 974 X 330 piksel
  • Gambar banner LinkedIn: 646 X 220 piksel
  • Foto profil Instagram: 110 X 110 piksel
  • Foto profil Pinterest: 150 X 150 piksel
  • Gambar profil YouTube: 800 X 800 piksel
  • Foto sampul YouTube: 2.560 X 1.440 piksel di desktop

Setelah Anda mengoptimalkan ukuran, Anda dapat mengoptimalkan menggunakan survey untuk menilai seberapa kompeten, menyenangkan, dan berpengaruh yang Anda bayangkan.

  1. Jadikan foto profil Anda konsisten di semua saluran

Apakah Anda benar-benar menyukai beberapa foto diri Anda dan tidak ingin menampilkan orang lain? Hampir semua melakukannya. Jadi, banyak foto profil Anda yang merupakan gambar aktual yang Anda sukai. Hal ini menjadi alasan Anda menggunakan foto profil yang sama di semua jaringan sosial Anda. Maka, memiliki foto profil yang konsisten akan meningkatkan kesempatan Anda agar orang mengikuti Anda di jaringan sosial yang berbeda.

Semakin banyak orang melihat logo Anda atau wajah jika Anda adalah seorang influencer media sosial, maka semakin besar kemungkinan Anda berada di pikiran mereka saat membutuhkan produk atau layanan Anda.

  1. Untag diri Anda dari foto yang buruk dan posting yang tidak pantas

Berhati-hatilah dengan foto yang diberi tag dapat membantu membersihkan profil Anda dengan lebih cepat dan memproyeksikan gambar yang lebih profesional di media sosial. Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memeriksa setelan pemberian tag foto Anda. Pastikan mencerminkan kebijakan media sosial Anda. Siapa yang ingin Anda tandai pada postingan bisnis Anda? Apakah Anda ingin menyetujui tag ini sebelum muncul di profil Anda?

  • Facebook memungkinkan Anda untuk meninjau dan menyetujui tag pada foto Anda dan juga tidak menyukai foto Anda
  • Instagram memungkinkan Anda menyetujui foto yang Anda ditandai sebelum muncul di profil Anda
  • Twitter memungkinkan Anda membatasi siapa yang dapat menandai Anda di foto dan menghapus tag apapun

Pastikan Anda meninjau postingan yang Anda ditandai secara teratur untuk menangkap foto buruk atau posting yang tidak pantas.

Catatan: Beberapa orang mungkin bertanya mengapa Anda tidak langsung mematikan penandaan sama sekali. Ada manfaat untuk mengizinkan orang menandai Anda di foto-terutama untuk bisnis. Misalnya, pada instagram Anda ingin pelanggan menandai bisnis Anda di foto produk atau layanan Anda sehingga muncul di foto bagian Anda. Gambar yang ditandai ini sangat berharga untuk tujuan keterlibatan pengguna dengan memberikan foto tambahan untuk produk Anda. Nantinya orang lain akan melihat profil Anda.

  1. Pastikan penjualan Anda konsisten di seluruh jaringan

Sama seperti foto profil Anda, konsistensi adalah kunci dalam hal memberi nama dan menangani media sosial. Dengan foto, konsistensi benar-benar tentang pengakuan. Sementara satu alasan untuk memiliki pegangan sosial yang konsisten sebenarnya adalah searchability.

Bila Anda ingin menyebutkan merek di Twitter, Anda mungkin hanya melempar simbol @ di depan nama mereka dan mulai melakukan tweeting. Hal ini menjadi menyebalkan saat pengguna bukan menyadari produk Anda tetapi lebih ke pada nama kota, kode area, dan istilah SEO. Penjualan secara sederhana yang mencerminkan nama atau perusahaan Anda akan meningkatkan kemungkinan. Orang juga akan mudah mencari dan mengikuti Anda.

  1. Tambahkan kata kunci ke profil Anda untuk SEO

Apa yang ingin kamu ketahui? Apapun niche Anda, sangat penting membuat diri Anda ditemukan di bidang itu. Misalnya, ketika orang Google atau Facebook mencari penjual gorden, maka nantinya logo perusahaan Anda muncul. Percaya atau tidak, cukup menambahkan kata kunci yang relevan ke profil sosial Anda bisa membantu Anda. Bagaimana cara melakukannya seperti berikut.

  • Identifikasi istilah yang paling banyak dicari orang saat mereka mencari profesional di bidang niche atau industri Anda. Alat kata kunci seperti SEMrush dan Google Keyword Planner dapat membantu Anda melakukannya
  • Masukkan kata kunci tersebut ke profil media sosial Anda. Persyaratan ini akan muncul di judul, deskripsi pekerjaan, dan keterampilan LinkedIn Anda. Seharusnya muncul dalam salinan bio Anda, dalam nama foto, minat, pengalaman, dan kategori lainnya yang bukan nama Anda.

Jangan mengabaikan hal ini, bekerjalah dengan cara yang logis, profesional, dan jelas bagaimana Anda menerapkan cara ini.

  1. Isi setiap bidang bio Anda dengan menarik!

Saat Anda sibuk menambahkan kata kunci ke semua bidang, Anda mungkin mempunyai waktu luang untuk memastikan semua sudah terisi. Ada ruang yang dikosongkan mencerminkan Anda tampil tidak profesional dan malas. Penting untuk menuliskan jelas dan singkat mengenai bisnis dan apa yang ditawarkan. Anda juga harus pastikan tulisannya menarik agar orang lain pergi untuk melihatnya. Lalu beberapa medsoc lahir dengan terus diperbarui dalam jangka waktu tertentu, jangan lupa memantaunya!

  1. Tautkan ke profil media sosial Anda yang lain

Salah satu bidang dalam beberapa profil sosial Anda mungkin adalah Situs Web. Banyak yang menganggap bidang ini terlalu harfiah dan hanya mampir dengan tidak melanjutkan membaca. Jangan berhenti, gunakan bidang ini untuk menautkan profil sosial Anda yang lain sebagai cara lain untuk promosi silang.

Facebook memungkinkan Anda menambahkan beberapa tautan ke bidang situs web mereka. Ada juga aplikasi yang memungkinkan Anda menampilkan akun Instagram dan YouTube di tab Facebook. LinkedIn memungkinkan Anda menambahkan akun Twitter ke profil Anda. Pinterest memungkinkan Anda menghubungkan kedua Facebook dan Twitter, selain memiliki bidang situs web dalam profil Anda.

Kesempatan untuk promosi silang ada di sana. Mungkin tidak ada cara yang lebih mudah untuk memperbaiki akun Anda dengan cepat. Memperbarui minat menjadi cara mudah untuk memberi tahu orang sedikit tentang diri Anda dan bisnis Anda dengan cara yang bisa mereka kaitkan. Dengan terus kreatif Anda bisa menjadi pemasar yang handal, lakukan sekarang dengan mudah. Cari selengkapnya di sini ya!

Send Comment