Belanja online adalah rutinitas yang banyak dilakukan para Millenials dan Gen-Z saat ini. Kemudahan bertransaksi via internet menjadikan banyak orang memiliki berbelanja lewat ecommerce atau toko online. Dengan adanya belanja online ini maka siapa saja bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan mudah. Tak hanya itu saja, kecanggihan teknologi menjadikan banyak orang bisa membeli produk yang diinginkan tanpa terbatas oleh jarak. Dulu orang harus mendatangi toko fisiknya langsung jika ingin beli barang atau jasa. Sekarang tidak. Orang bisa membeli produk yang diinginkan hanya dengan buka gadget smartphone atau laptop. Hal ini tentunya sangat menguntungkan. Pasalnya, anda pun akan bisa mendapatkan produk dengan lebih mudah dan cepat. Proses pengiriman pun juga bisa dilakukan dengan segera.

Proses belanja online yang dilakukan pun juga tidak memakan waktu, seperti halnya pada saat membeli produk via langsung datang ke toko. Disini pembeli bisa membeli langsung produk meski jarak memisahkan jauh antara seller dan buyer. Ada pembeli dari kota A yang membeli produk dari kota Z. Hal ini menunjukan jarak bukan lagi batasan untuk melakukan transaksi jual beli. Adanya kemudahan dalam melakukan belanja online membuat banyak orang dengan mudah memperoleh produk yang diinginkan kapan saja dan dimana saja mereka mau. Tentu saja anda membutuhkan metode berbelanja yang aman dan nyaman. Oleh karena itu, panduan di bawah ini akan memberikan informasi kepada Anda agar bisa beberlanja tanpa mengalami masalah keamanan.

Tips #1: Pilih Toko Belanja Online Yang Punya Reputasi Bagus

Tips Aman Belanja Online

jejualan.com

Cara belanja online yang pertama adalah dengan memilih website toko online dengan reputasi yang bagus. Jika anda memilih toko yang memiliki reputasi bagus maka anda akan bisa mendapatkan layanan lebih memuaskan. Kenapa? Hal ini jelas dikarenakan banyak orang yang juga melakukan proses belanja online di tempat yang sama dengan anda. Hal inilah yang nantinya akan memberikan kemudahan kepada anda untuk bisa bertransaksi secara aman. Anda tak perlu was-was dengan keamanan dari uang dan data anda. Penjual pun juga punya persentase yang tinggi pasti akan mengirimkan barang atau produk yang anda pesan. Dari sinilah semuanya akan bisa sangat mudah anda dapatkan.

Tips #2: Pilih Situs Belanja Online Yang Aman dan Terpercaya

Hal penting lainnya dalam tips belanja online yang aman adalah memilih toko yang terpercaya. Ada banyak toko serupa untuk produk yang anda inginkan di internet. Namun, apakah toko tersebut benar-benar bisa diandalkan dan bisa menyediakan produk yang anda pesan dengan maksimal? Hal inilah yang harus benar-benar anda perhatikan. Pastinya ada banyak toko diluar sana yang juga bisa anda pilih. Tapi pilihlah satu yang memiliki banyak respon positif dari pelanggan. Dari sinilah anda akan bisa mendapatkan semua yang diinginkan. Biasanya ciri dari toko yang terpercaya adalah yang memiliki situsnya sendiri. Selain itu, ada juga informasi tentang sitemap atau peta lokasi. Serta toko tersebut memiliki contact WhatsApp, Line, BBM, dan lain sebagainya yang mudah dihubungi.

Tips #3: Teliti Membaca Deskripsi Produk Sebelum Berbelanja

Tips Aman Belanja Online

jejualan.com

Jangan pernah buru-buru pada saat melakukan belanja online. Dengan cara ini maka anda sendiri akan bisa membayangkan produk apa yang nantinya akan bisa anda dapatkan. Dengan teliti sebelum membeli, maka anda pun akan bisa mendapatkan produk yang diinginkan secara jelas dan nyata. Selektif dalam memilih produk juga perlu. Baca dengan seksama spesifikasi apa yang diberikan. Akan lebih baik kalau seller menyediakan informasi tentang profile produk yang dijual melalui video. Baik itu video tutorial cara penggunaan atau video deskripsi. Disinilah anda akan bisa mendapatkan produk dengan kegunaan yang nyata.

Tips #4: Pastikan Mengecek Nominal Angka Yang Dibayarkan

Sudahkah anda memasukan produk yang diinginkan kedalam cart atau kerangjang belanja? Jika sudah, maka kini saatnya untuk melakukan pembayaran. Nanti anda akan dibawa ke halaman dimana anda melakukan pembayaran dengan nominal tertentu. Dari sinilah anda harus melihat dengan baik berapa nominal atau angka yang anda masukan. Pastikan untuk mengetik nominal atau angka yang tepat. Dengan menginput angka yang tepat maka anda akan bisa membayar produk yang dibeli sesuai harga tertera. Jangan sampai salah dalam memasukan digit atau angka. Hal ini akan memudahkan proses jual beli yang dilakukan.

Tips #4: Cek Jumlah Produk Yang Dibeli

Proses belanja online juga harus anda lakukan dengan baik di awal, yakni mengecek dengan detail jumlah produk yang anda beli didalamnya. Jangan sampai membeli terlelu banyak atau kurang quantity-nya. Dengan membeli produk yang diinginkan secara jelas dan tepat, maka banyak manfaat yang nantinya bisa anda peroleh. Anda akan benar-benar membeli produk sesuai dengan yang anda inginkan. Tak hanya itu saja, produk yang anda beli juga akan bisa memiliki jumlah yang pas dan tepat didalamnya.

Tips #5: Lakukan Konfirmasi Pembelian Dengan Menghubungi Seller

Di era belanja online saat ini, anda bisa menghubungi dengan mudah seller atau penjual melalui fitur chat yang tersedia di situs terkait. Anda juga bisa menghubungi langsung di nomor contact yang disediakan oleh penjual. Dengan cara ini maka anda pun akan bisa mendapatkan berbagai pilihan produk yang diinginkan dengan lebih mudah dan tepat. Semua orang kini bisa dengan bebas melakukan transaksi yang diinginkan kapan saja. Anda pun juga bisa melakukan hal yang sama. Hubungi penjual dan menyertakan link bukti pembelian yang anda lakukan. Selain itu, jangan lupa memberikan pesan yang detail tentang spesifikasi produk yang anda inginkan untuk dibeli.

Tips #6: Gunakan Internet Pribadi, Bukan WiFi Publik

Tips Aman Belanja Online

jejualan.com

Wifi publik bukanlah ide yang bagus untuk mendapatkan internet. Meskipun anda bisa berselancar di dunia maya secara gratis, tapi hal ini sangat rentang akan pencurian data. Mereka bisa menggunakan data anda untuk keperluan yang tak diketahui. Daripada anda membiarkan data dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab, alangkah baiknya pada saat anda belanja online, gunakan saja paket data anda pribadi. Di sini anda mungkin harus mengeluarkan uang sendiri, namun keselamatan dari data pribadi anda akan tetap terjaga. Serta supaya anda tidak was-was atau berpikir macam-macam, sebaiknya anda memang menggunakan internet pribadi. Bukan WiFi publik.

Tips #7: Utamakan Menyimpan Bukti Transaksi

Mungkin anda akan mengabaikan menyimpan bukti transaksi belanja online jika kuota pembelian produk anda sedikit, misal hanya 1 pcs, atau 2 pcs saja. Tapi bagaimana jika anda membeli produk dalam jumlah yang sangat banyak? Jika anda membeli produk dalam jumlah 100 pcs, 200 pcs, atau 1.000 pcs, sangat penting untuk menyimpan setiap bukti transaksi yang anda lakukan. Bukti tersebut adalah resi transfer dan juga produk yang Anda beli di situs terkait.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Facebook Marketing Dengan Mudah

Send Comment

Captcha *