Geo-targeting berpotensi meningkatkan ROI (Return On Investment) pada kampanye iklan digital lokal dan global secara dramatis. Namun menurut sebuah studi, hanya 39% agen pemasaran yang saat ini menggunakannya. Alasan mengapa geo-targeting belum ‘lepas landas’ adalah banyak brand yang tidak menggunakannya secara efektif, sehingga tidak meningkatkan ROI mereka sebanyak yang mereka harapkan.

Cara Membuat Kampanye Geo-targeting Yang Lebih Efektif

Membuat kampanye Geo-targeting tidaklah sulit, namun Anda perlu menginvestasikan beberapa waktu untuk menyiapkannya. Jika sebelumnya Anda tidak terlalu sukses dengan Geo-targeting, maka Anda harus mengikuti beberapa tips berikut ini.

Buat Kampanye Terpisah Pada Berbagai Wilayah Untuk Kampanye Kontekstual

Jika Anda menjalankan kampanye berbayar, Anda cukup menggunakan token pengenal lokasi di salinan iklan daripada harus menyiapkan kampanye terpisah untuk masing-masing wilayah. Kata kunci yang digunakan di satu wilayah mungkin akan berkinerja lebih baik di tempat lain. Anda dapat membuat kampanye dengan wilayah spesifik yang terpisah jika Anda ingin membuat lebih banyak iklan bertarget lokal. Namun, sebaiknya membuat satu kampanye saja karena paling baik untuk mendapatkan volume yang dibutuhkan dalam menguji penargetan kata kunci.

Jika Anda mempromosikan sumber traffic kontekstual, seperti jaringan display Google atau platform RTX (sebelumnya dikenal sebagai 50 on Red), ada baiknya Anda membuat kampanye terpisah. Banyak domain Anda yang berkinerja terbaik dalam situs berita dan blog lokal, jadi Anda harus membuat kampanye terpisah untuk setiap wilayah yang Anda targetkan.

Mengawasi Kompetisi

Selalu menjadi ide yang bagus untuk memantau pesaing Anda. Lihat jenis iklan yang mereka gunakan untuk menarik pengunjung serupa. Sayangnya, Anda bisa mengalami beberapa masalah seperti:

  • Anda mungkin tidak dapat melihat iklan lokal mereka di wilayah lain yang mungkin lebih sesuai dengan pelanggan lokal
  • Google dan penyedia penelusuran lainnya mempersonalisasi iklan untuk Anda yang dapat menyulitkan dalam melihat apa yang akan dilakukan konsumen lain

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan salah satu VPN terbaik untuk terhubung ke server di area yang diminati.

Sadar Akan Hukum Setempat

Hukum selalu berbeda, baik di seluruh negara maupun negara bagian. Anda harus menyadarinya sebelum meluncurkan kampanye pemasaran digital. Iklan perjudian terkait adalah salah satu contoh terbesar. Pada tahun 2007, Google dan Yahoo harus membayar denda lebih dari $31 juta karena mengizinkan iklan perjudian di AS. Undang-undang periklanan lainnya dapat berbeda dan kurang dikenal. Sebagai pengiklan, Anda juga dapat dimintai pertanggungjawaban jika menawarkan layanan terlarang atau gagal mematuhi persyaratan iklan di yuridiksi tertentu. Jika layanan atau jenis iklan tertentu dilarang di satu yuridiksi, Anda harus memblokirnya dari opsi penargetan.

Pahami Poin Permasalahan Di Seluruh Wilayah Sebelum Membuat Landing Page

Katakanlah Anda menghasilkan prospek untuk agen real estate di seluruh Amerika Serikat. Akun Anda berada di New York City dan Brimingham, Alabama. Bisakah Anda menggunakan landing page yang sama untuk melayani pengguna di kedua kota? Ingatlah bahwa orang-orang di kedua kota akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Orang-orang di New York City mungkin khawatir dengan biaya perumahan yang meningkat pesat. Mungkin juga, mereka adalah spekulator real estate yang ingin membeli properti untuk dijual kembali setelah lonjakan harga berikutnya. Di sisi lain, pembeli rumah di Alabama mungkin lebih peduli untuk menemukan rumah yang dekat dengan tempat bekerja dan keluarga mereka, ini bisa sulit karena persediaan wilayahnya lebih kecil.

Jika Anda beropersi di beberapa pasar besar, ada baiknya meneliti kebutuhan orang-orang di wilayah tersebut. Anda harus menguji setiap sudut yang berhubungan dengan pelanggan di setiap wilayah. Jangan pernah berasumsi bahwa poin permasalahan mereka akan sama dengan milik Anda. masalah orang akan berbeda-beda di seluruh dunia.

Send Comment


1 + = two