emoji-marketing

Emoji pada tweet terbukti mendapatkan keterlibatan retweet 25,4% penggunanya dan pada postingan facebook juga meningkatkan jumlah like 57% hingga pada berkomentar—shared sebanyak 33%. Tidak mengherankan emoji menjadi menonjol dalam kampanye penjualan bisnis online. Namun dalam perkembangannya, Anda perlu mengetahui cara yang tepat dengan memasukkannya dalam strategi pemasaran.

  • Kenali Makna Dibalik Emoji

Termasuk dalam sebuah kesalahan fatal saat menggunakan emoji pada medsoc dengan menggunakannya tidak tepat. Jangan asal menaruh emoji jika tidak benar-benar mengetahui tujuan yang ingin dilakukan. Anda ingin memposisikan merek sebagai otoritas dan diketahui, tapi jangan mengambil risiko dengan menaruh emoji sembarangan. Maka, pastikan Anda mengikuti perkembangan dan makna emoji terbaru agar selalu terhubung dengan pasar.

Sumber yang bagus adalah Emojipedia karena tidak hanya berfungsi sebagai kamus emoji tapi juga berbagi perkembangan dan berita terbaru di dunia emoji. Sebagai contoh, ketika iOS 10 keluar, Emojipedia menerbitkan sebuah artikel yang memamerkan emoji baru dan bagaimana tampilannya pada platform perangkat lunak lainnya.

  • Gunakan emoji untuk keterlibatan real-time dan pesan reaktif

Sementara, konten dengan emoji yang sudah susah payah disusun sebaiknya langsung diposting tepat waktu agar mendapat keuntungan disukai. Merek mulai menggunakan emoji untuk menunjukkan kepada pelanggan sisi bisnis. Jadi, tidak ada alasan mengapa Anda tidak menyertakan emoji di pos Tweet atau Instagram dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dalam pesan teks. Anda bisa berkreasi dengan seni emoji sekalipun jika keyboard emoji saat ini tidak memiliki simbol yang sesuai dengan merek Anda.

  • Jauhi pesan yang samar

Emoji telah masuk ke dalam budaya berkomunikasi tapi bukan berarti Anda menganggap semua pelanggan adalah pemabaca yang fasih. Seperti cara Chevrolet mengumumkan model Cruze 2016 dalam kampanya #ChevyGoesEmoji. Perusahaan ini melanjutkan secara bebas mengenai penjelasan yang telah diterjemahkan dan serangkaian video Youtube berjudul Emoji Academy dengan berfokus menerangkan deskripsi emoji.

Namun, unsur intrik telah menguntungkan beberapa perusahaan. Kebanyakan orang mungkin tidak akan meluangkan waktu untuk menerjemahkan sesuatu yang ditulis dengan hanya emoji. Kecuali Anda dapat membuat bagian pesan berkode dari kampanye yang lebih besar, tetap dengan pesan yang lebih pendek atau teks bagian dan gabungkan dengan emoji yang sama.Ingat, media sosial hanya bekerja jika Anda bisa mengomunikasikan pesan dengan jelas. Jangan tinggalkan audiens Anda dengan kebingungan yang justru datang dari emoji.

  • Gunakan emoji khusus secara strategis

Kampanye pemasaran yang melibatkan keyboard emoji dan emoji custom-made telah menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Namun, sedikit dari mereka yang mendapat perhatian dari keingintahuan awal mengenai rilis tersebut. Merek besar seperti IKEA dan Foot Locker telah memberi emoji yang menggambarkan kunci Allen dan sepatu kets cantik, tapi apakah hilang dari kehidupan sehari-hari kita?

Jika Anda memutuskan untuk membuat emoji kustom Anda sendiri daripada menciptakan ikon baru untuk hal yang menyenangkan. Lalu mengapa tidak melakukannya untuk tujuan yang baik? Ambil WWF, yang menciptakan satu set emoji kustom untuk mewakili spesies hewan yang terancam punah.

Ikon #EndangeredEmoji hadir dengan serangkaian instruksi khusus. Seperti setiap kali pengguna menggunakan salah satu emoji kustom maka sudah masuk ke dalam upaya menyelamatkan para hewan. Selain membangkitkan kesadaran, kampanye emoji kustom semacam ini memberi alasan pada audiens untuk terus menggunakan emoji di masa depan.

Mencari cara mudah masuk ke emoji kustom? Cobalah Bitmoji. Avatar kartun pribadi ini bebas dibuat dan dapat digunakan untuk mengungkapkan banyak perasaan, ekspresi, dan situasi. Cara terbaik menggunakan Bitmoji untuk mempersonalisasi bisnis Anda adalah dengan mendasarkannya pada manusia seperti seorang CEO atau pengelola media sosial Anda.

Setelah mendownload aplikasi dan menambahkan keyboard Bitmoji ke ponsel Anda, Anda dapat dengan mudah menambahkan Bitmoji ke tweet atau mengirimnya melalui Facebook Messenger. Tapi cara termudah untuk memasukkan Bitmoji ke dalam keberadaan sosial Anda adalah dengan memanfaatkan integrasi Bitmoji Snapchat. Anda dapat menambahkan Bitmoji ke Snap Anda dengan hanya memilih ikon dari menu (sama seperti Anda ingin menambahkan emoji biasa). Anda juga bisa menambahkan Bitmoji ke geofilter kustom yang Anda buat untuk bisnis Anda. Pastikan akun Bitmoji Anda ditautkan ke akun Snapchat Anda dan Anda akan dapat menambahkannya saat Anda menyiapkan geofilter di situs web Snapchat.

  • Buat pengalaman interaktif

Anda tidak perlu membuat keyboard emoji kustom sendiri untuk membuat orang berbicara. Pikirkan alasan merek Anda perlu untuk memasukkan emoji dalam kampanye pemasaran. Buatlah sesuatu yang familiar bagi kebanyakan pengguna ponsel dan menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari mereka. Masukkan kebiasaan dan jadikan audiens Anda sebagai bagian dari kampanye. Misalnya, merek minuman A.S. Tampico membuat game media sosial yang mengharuskan pengguna menebak kombinasi emoji yang menang dari 24 opsi.

Peserta diminta mengomentari saluran media sosial perusahaan dengan tebakan emoji dan menyertakan hashtag kampanye #TampicoEmojiball. Begitu kampanye ditutup, keterlibatan pengguna meningkat membuat jelas bahwa Tampico adalah salah satu pemenang besar itu sendiri..

  • Kenali waktu dan tempat yang tepat untuk emoji

Seperti pesan teks, banyak yang bisa tersesat dalam terjemahan saat menggunakan emoji dalam komunikasi profesional. Untuk memastikan penggunaan emoji Anda tepat merasa seperti sedang memainkan permainan digital. Maka, pastikan Anda tidak hanya mengetahui arti emoji Anda (seperti yang disebutkan di atas) dan juga konteksnya.

Apakah Anda mengirim email ke CEO perusahaan Anda untuk meminta pertemuan serius? Mungkin Anda tidak ingin menggunakan emoji wajah mengedipkan mata. Faktor penting yang perlu dipertimbangkan di sini adalah demografi. Siapa audiens Anda akan memiliki dampak besar jika dan bagaimana Anda menggunakan emoji di pesan Anda. Milenium menjadikan satu-satunya alasan akan merespons dengan baik penggunaan emoji merek Anda. Namun, Anda harus melakukan penelitian dan pengujian audiens untuk mencari tahu hanya dengan siapa Anda berbicara.

Jadi jika Anda seorang pemasar email dan berpikir untuk menggunakan emoji di salah satu baris subjek Anda, cobalah selama satu minggu. Lalu, minggu selanjutnya jangan gunakan emoji apapun di subject atau body subject email anda. Tes mana yang memiliki tingkat terbuka dan klik-tayang yang lebih tinggi? Model pengujian yang sama bisa digunakan di media sosial. Perhatikan tingkat keterlibatan Anda dan penerimaan dari audiens Anda saat Anda menggunakan emoji dan bila tidak melakukannya. Anda bisamenggunakan informasi ini untuk mendorong kampanye dan strategi media sosial masa depan. Anda bisa melakukan tips dan trik di atas sebagai strategi marketing agar berhasil raih keuntungan mulai sekarang juga!

Send Comment