Hal pertama yang dipikirkan saat membuat blog biasanya adalah mendapatkan nama domain yang bagus. Pada artikel ini kami akan menjelaskan mengapa penting untuk memilih nama domain sebelum membuat blog. Selain itu, kami juga menjelaskan bagaimana untuk memilih nama domain yang terbaik dan sesuai untuk blog Anda.

Mengapa Memilih Nama Domain Terbaik Cukup Penting Untuk Blog Anda?

Alasan mengapa Anda harus memilih nama domain yang terbaik karena kemungkinan besar Anda akan terjebak dengan nama domain tersebut untuk selamanya. Anda dapat mengubah penyedia hosting dari waktu ke waktu tergantung seberapa handal penyedia hosting Anda, namun nama domainnya akan tetap sama. Kami mengatakan bahwa Anda akan terjebak selamanya dengan nama domain yang dipilih karena untuk mengganti nama domain, Anda membutuhkan waktu dan memulainya kembali dari awal. Anda tidak akan mau melakukannya di saat blog Anda sudah berjalan dan menghasilkan traffic serta telah membangun brand yang cukup baik. Intinya adalah, Anda perlu memilih nama domain terbaik agar tidak menyesal di kemudian hari.

Bagaimana Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Blog Anda?

Tidak ada aturan khusus dalam memilih nama domain terbaik untuk sebuah blog. Tetapi, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut untuk membantu dalam menentukan pilihan.

  1. Menggunakan Kata Kunci

Anda dapat menggunakan kata kunci dalam nama domain yang mampu menggambarkan tentang blog Anda. Nama domain harus mampu menggambarkan sifat produk atau layanan Anda. Hal ini sangat penting bagi pengunjung untuk mendapatkan ide tentang blog Anda dengan hanya melihat namanya. Misalnya, jika blog Anda mengenai koleksi barang antik, maka Anda bisa mencoba menggunakan nama domain seperti “www.antiques.com” atau “www.collectibles.net”.

  1. Mudah Untuk Diingat

Sebuah nama domain harus mudah diingat karena pengunjung perlu mengetikkan nama domain di web browser agar dapat mengunjungi blog Anda kembali. Jika mereka tidak dapat mengingat nama domain maka Anda beresiko kehilangan traffic dan pengunjung yang potensial. Nama domain yang mudah diingat juga memudahkan dalam menyebarkan namanya dari mulut ke mulut.

  1. Membuat Nama Domain Yang Singkat

Sebuah nama domain harus singkat dengan kurang dari 10 karakter. Hal ini juga membantu agar mudah diingat saat namanya tetap pendek. Ketika nama domain terlalu panjang, itu akan membingungkan dan nama tersebut dapat salah saat diketikkan di mesin pencari.

  1. Gunakan Tanda Hubung Jika Diperlukan

Gunakan tanda hubung (-) di antara kata-kata jika diperlukan untuk nama domain Anda. Jika nama seperti “www.domainname.com” sudah digunakan oleh orang lain, maka Anda bisa mencoba menggunakan “www.domain-name.com” Menggunakan tanda hubung di antara kata-kata terkadang membantu untuk mempermudah pembacaannya. Hal ini juga dapat membantu dalam peringkat mesin pencari.

  1. Membuatnya Lebih Mudah Untuk Diketikkan

Cobalah untuk mendapatkan nama domain yang mudah untuk diketikkan (jika Anda bisa dan masih tersedia). Nama domain yang mudah untuk diketikkan sangat baik dalam proses branding dan meningkatkan peringkat pencarian.

  1. Pikirkan Tentang Lokasi Anda

Jika bisnis Anda adalah bisnis lokal, maka pikirkan untuk menambahkan wilayah, kota, atau negara Anda dalam nama domain yang dipilih. Misalnya seperti VegasCoffee.com. Lakukan hal tersebut jika mencantumkan lokasi benar-benar dapat berpengaruh dalam bisnis Anda.

  1. Menggunakan Ekstensi Domain Yang Tepat

Cobalah untuk mendapatkan Top Level Domain (TLD) .com. TLD atau ekstensi .com adalah ekstensi yang paling populer dan ekstensi yang paling banyak diterima. Penting untuk mendapatkan ekstensi .com karena kebanyakan orang selalu mengetikkan nama domain di web browser dengan menambahkan ekstensi tersebut. Jika Anda tidak bisa mendapatkan satu untuk nama domain Anda, maka Anda dapat menggunakan ekstensi lainnya.

Send Comment


8 − one =