Gaya hidup hedonis secara tidak langsung akan memberikan dampak yang signifikan dalam diri anda. Anda akan menjadi orang yang boros dan tidak pernah memperhitungkan risiko yang akan terjadi ketika berfoya-foya. Pada saatnya nanti, anda akan menyesal karena membeli atau menggunakan uang anda untuk hal-hal yang seharusnya tidak anda perlukan. Memang perkembangan zaman semakin pesat, dan dalam hidup ini kita dituntut untuk terus berkembang dan melakukan banyak hal. Tapi itu bukan berarti kita lantas bisa hedon dan mengeluarkan uang dengan cepat tanpa perhitungan sama sekali. Pada dasarnya anda juga harus tahu dan memahami apa saja hal-hal yang bisa membuat sifat hedonism tersebut tumbuh, antara lain sebagai berikut:

  • Terlalu serakah dan juga kurang bisa mengendalikan hawa nafsu
  • Gampang terpengaruh dan terbujuk rayu oleh iklan dan promosi
  • Tidak punya rencana masa depan yang bagus
  • Menggantungkan diri terhadap barang atau produk tertentu
  • Selalu gonta-ganti barang tanpa sebab dan gampang bosan

Lalu bisakah gaya hidup hedonis semacam ini diubah? Jawabannya tentu saja bisa. Semua bisa anda lakukan dengan memulainya dari diri anda sendiri. Tidak ada yang bisa merubah nasib kita kecualit kita sendiri yang merubah nasib tersebut. Oleh karena itu sangat penting untuk menerapkan beberapa teknik mengubah gaya hidup hedonis berikut ini:

1. Bersikap Sederhana Dalam Hidup

Untuk bisa menghapus sifat gaya hidup hedonis yang ada dalam diri sendiri, maka ingatlah bahwa anda harus mengutamakan yang namanya hidup sederhana. Ketika anda mengutamakan yang namanya hidup sederhana, maka di sinilah anda akan bisa mengatasi berbagai hal dan masalah yang ada di depan dengan baik. Memang bukan hal yang mudah untuk hidup sederhana. Banyak hal yang akan mempengaruhi anda di luar sana.

Sulit untuk tidak mengikuti perkembangan teknologi, tapi akan lebih sulit lagi jika anda terlalu bergantung dengan teknologi yang ada. Sehingga pada akhirnya anda akan dibutakan oleh hal-hal yang seharusnya tidak perlu anda lakukan. Anda sebetulnya bisa melakukan Go Green jika ingin lebih menyederhanakan hidup anda dan tidak memupuk sikap hedonisme dalam diri sendiri.

2. Bekerja Dengan Lebih Giat

Satu hal yang pasti dan harus anda pupuk dengan baik adalah bekerja dengan lebih giat dan juga lebih keras dibandingkan dengan sebelumnya. Nyatanya ini adalah sebuah cara terpenting dalam rangka mendatangkan hasil yang lebih baik. Jika anda bekerja keras, maka anda akan merasakan betapa sulitnya mencari uang, membangun bisnis, dan juga mencari peluang bisnis yang tepat tersebut. Saat anda tahu bahwa semua itu tidak mudah dan butuh perjuangan, maka anda akan jauh dari gaya hidup hedonis.

3. Kurangi Gaya Hidup Konsumtif

Di samping itu, anda akan benar-benar bisa bekerja keras untuk sesuatu yang benar-benar anda butuhkan. Tidak lantas membeli atau melakukan sesuatu yang nyatanya jelas sia-sia. Dengan adanya penerapan yang tepat tersebut, maka anda pun akan mampu menghasilkan sesuatu yang baik dan anda butuhkan itu sendiri. Di sinilah anda akan mampu mendapatkan dan memperoleh semuanya dengan tepat dan juga baik.

Gaya hidup hedonis juga bermula karena anda memiliki mindset sebagai sosok yang konsumtif. Hilangkanlah mindset yang kurang bagus ini dan gantilah dengan mindset bahwa anda harus menjadi pribadi yang produktif. Misalnya bisa dimulai dari membuat makan sendiri, daripada anda harus membeli makan di luar yang notabennya lebih mahal. Tidak perlu menyalakan lampu di pagi hari jika tidak diperlukan. Tidak perlu beli jaket, baju atau kaos baru jika yang lama masih ada.

Tak perlu menghamburkan uang anda untuk memuaskan gaya hidup hedonis yang sudah terlanjur meracuni mindset anda. Ini bisa anda obati dari sekarang dengan cara dan penerapan yang tepat. Anda bisa membagi kebutuhan hidup anda menjadi tiga bagian. Mana yang kebutuhan primer dan utama, mana kebutuhan yang sekunder, dan mana yang kebutuhan tersier. Dari sinilah anda akan bisa memahami bahwa ada hal yang harus anda prioritaskan dan mana yang tidak terlalu perlu.

4. Bergaul Dengan Orang Yang Tepat

Satu hal yang tak kalah pentingnya dalam hal ini adalah sebaiknya anda bergaul dengan orang yang tepat. Ketika anda bergaul dengan orang yang tepat maka dari situlah anda akan bisa menemukan bahwa bergaul tersebut juga perlu upaya yang signifikan. Temukan teman yang bisa membangun anda untuk pikiran yang lebih positif dan baik. Jangan bergaul dengan teman yang suka hedonisme dan kurang bisa berpikir tentang masa depan.  

Dari sinilah perlu sekali selektif dalam memilih teman dan juga sahabat karena bagaimanapun juga gaya hidup hedonis juga ditentukan ketika bersama dengan mereka. Secara tidak langsung banyak hal yang akan mereka berikan kepada anda yang nantinya mempengaruhi gaya hidup anda tersebut. Anda yang awalnya polos dan biasa-biasa saja bisa ikut-ikutan menjadi pribadi yang boros dan tak terkendali jika bergaul dengan orang yang salah.

 5. Buat Skala Prioritas Dalam Kehidupan Anda

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam rangka menghilangkan sifat dan gaya hidup hedonis tersebut. Anda bisa memulainya dengan menerapkan cara yang sederhana, yaitu dengan membuat skala prioritas dalam kehidupan anda. Hal ini jelas akan sangat membantu anda dalam memperoleh semua yang dibutuhkan tersebut. Skala prioritas adalah hal yang sangat penting dalam rangka membantu anda mencapai dan menentukan tujuan hidup.

Secara sederhana anda bisa membuatnya dalam bentuk usia. Misalnya di usia 23 tahun, anda harus sudah bekerja, di usia 25 tahun, anda setidaknya sudah harus memiliki uang tabungan minimal Rp 50 juta – Rp 100 juta. Lalu di usia 28 tahun, anda sudah harus menikah. Di usia 30 tahun anda sudah harus memiliki rumah sendiri atau tinggal di rumah sendiri dan tidak merepotkan orang tua. Semua itu akan bisa menjadi skala yang tepat untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan anda. Hal ini juga akan mencegah gaya hidup hedonis terus berjalan tiada henti dan menghambat anda untuk terus berkembang.

Kesimpulan

Katakan tidak pada gaya hidup hedonis dan pastikan bahwa semua yang anda lakukan tersebut benar-benar memiliki tujuan dan arah yang tepat. Gaya hidup hedonisme hanya akan membuat anda tidak tahu apa yang diinginkan di masa depan. Anda akan hidup seperti kapal yang terbawa arus kemana-mana dengan pasrah. Jadilah sosok yang mampu mengendalikan diri dengan baik sehingga apapun arus atau trend yang ada di depan, anda akan tetap mampu menghadapi semuanya itu dengan baik. Dalam jangka panjang, semakin banyak pula keuntungan dan juga hasil yang akan bisa anda capai dan dapatkan didalamnya.

Baca Juga: Begini Lho Ternyata Cara SEO Bekerja

Send Comment