Pada saat ini perbandingan antara lapangan kerja dengan jumlah angkatan kerja seakan tak seimbang. Jumlah lapangan kerja yang sedikit dan pencari kerja yang semakin bertambah membuat sebagian orang yang banting setir menjadi pengusaha. Dan ya, mayoritas pengusaha tersebut yang baru mengawali bisnisnya pada skala yang kecil.

Hanya sedikit orang yang beruntung yang bisa memulai bisnis dalam skala yang sangat besar. Dan salah satu bisnis yang paling banyak dilirik oleh para pengusaha pemula adalah usaha kerajinan tangan. Apalagi di era internet seperti pada saat ini, memulai bisnis kerajinan tangan bukan lagi sebuah perkara yang sulit.

Sebagai bagian dari industri kreatif, semakin banyak pebisnis pemula yang memutuskan terjun ke bisnis kerajinan tangan. Walaupun demikian, ternyata masih banyak yang belum tahu, bisnis kerajinan apa yang tepat untuk Anda. Padahal secara prospek, bisnis UMKM ini memiliki potensi untuk menjadi penghasilan utama pada tahun 2021 ini.

Kanca Jejualan, pada artikel ini akan membahas secara mendalam, bisnis kerajinan tangan apa saja yang prospektif. Tak hanya itu, kami juga akan membagikan bagaimana cara memasarkan kerajinan tangan tersebut. Jadi, Kanca Jejualan simak artikel ini sampai selesai, ya.

Jenis Kerajinan Tangan yang Dapat Dijadikan Peluang Bisnis

Saat ini tren bisnis banyak digemari orang banyak. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang akhirnya mencetuskan ide bisnis kreatif yang mampu mendatangkan banyak keuntungan. Yang harus Anda ketahui, merintis bisnis pribadi tak selalu membutuhkan modal besar. Anda bisa membuat bisnis kerajinan tangan yang mudah dibuat dan menghasilkan uang.

Berikut ini adalah jenis usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Aksesoris dan Perhiasan

5 Peluang Usaha Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Bukan hanya wanita, sekarang mulai banyak pria yang menggunakan aksesoris hasil kerajinan tangan. Misalnya saja seperti gelang, cincin, jam tangan, dan lain sebagainya. Aksesoris sendiri juga memiliki peminat yang cukup banyak. Anda bisa membuat akesoris dengan variasi bahan kulit atau mutiara yang dapat dikreasikan sesuai dengan ide Anda sendiri.

Anda juga bisa mencari tahu jenis aksesoris yang sedang populer dan memodifikasinya seperti yang Anda inginkan. Semakin unik, menarik, dan kualitas bahan yang bagus, otomatis harga yang ditawarkan bisa semakin tinggi.

2. Lilin Aroma Terapi

Selain dapat berfungsi sebagai penerangan di kala listrik padam, lilin juga dapat dikreasikan menjadi lilin aroma terapi yang mampu menyebarkan aroma wangi ke seluruh ruangan dan mampu memberikan sensasi kesegaran bagi yang menghirupnya.

Bahkan, karena keunikan tersebut, tak jarang orang-orang menjadikan lilin aroma terapi sebagai souvenir. Salah satunya souvenir pernikahan. Karena itulah, lilin aroma terapi bisa menjadi peluang bisnis kerajinan tangan yang bagus dan menguntungkan.

Lilin aroma terapi juga termasuk cukup murah dan mudah untu dibuat. Yang harus Anda perhatikan adalah jenis apa yang akan Anda gunakan. Hasilnya pun akan lebih baik apabila Anda menggunakan lilin yang alamai, seperti palm wax dan soy wax.

Dan jika membicarakan aroma, Anda bisa melakukan percobaan terlebih dahulu agar lilin aroma terapi yang diciptakan memiliki wangi yang enak. Dan agar lebih menarik, perhatikan juga packing tersebut.

Jika Anda memiliki hobi memahat, membuat keramik, atau bahkan menenun,usaha kerajinan tangan tersebut juga dapat memiliki nilai jual yang tinggi pula. Selain menjual produk yang diciptakan, Anda juga membuka jasa pelatihan untuk hobi Anda.

Peminat kursus kerajinan tangan sendiri juga cukup banyak. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun banyak yang menyukai kerajinan tangan seperti ini. Karena dapat melatih kreativitas dan merangsang motorik agar lebih aktif lagi.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

3. Bunga Kertas Artifisial

Bunga kertas artificial juga menjadi salah satu jenis kerajinan tangan yang sangat laku. Ya, penggunaan bunga kertas dapat dianggap lebih murah daripada menggunakan bunga asli. Ya, bunga artificial kini banyak digunakan pada banyak prosesi. Misalnya pada saat proses lamaran, pernikahan, dan pesta ulang tahun.

Bunga artificial seakan menjadi tren dekorasi untuk pesta. Dan yang pasti, ini adalah peluang bisnis yang bisa Anda coba.

Bisnis kreatif yang satu ini pun tidak membutuhkan banyak modal karena bahan bakunya yang relatifi mudah dan murah untuk didapatkan. Untuk promosi, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram.

4. Kerajinan Bantal Karakter

Industri kreatif tidak pernah berhenti menghasilkan produk unik yang bernilai jual tinggi. Salah satunya adalah bisnis bantal karakter. Bila dulu bantal hanya digukanan sebagai alas tidur dengan bentuk kotak yang monoton, sekarang ada bantal karakter yang banyak diminati untuk dijadikan dekorasi rumah atau hadiah unik untuk orang terdekat.

Bantal kreatif sendiri memiliki keunikan berupa bentuknya yang yang lucu dan unik. Ada banyak bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan bantal karakter yang berkualitas. Untuk isi bantalnya sendiri, Anda bisa menggunakan styrofoam.

5. Bisnis Kerajinan Tangan Kain Flanel

5 Peluang Usaha Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Siapa yang tidak kenal dengan kerajinan tangan kain flannel. Selain mudah dibuat, ternyata kain flannel ternyata bisa menjadi peluang bisnis baru untuk Anda. Sebab, dari kain flannel, Anda bisa berkreasi untuk menghasilkan aneka jenis barang. Mulai dari gantungan kunci, bros, hingga kotak tisu.

Selain itu, kain flannel adalah bahan utama pembuatan bucket bunga, yang akan sangat ramai permintaannya ketika musim wisuda tiba. Karena memiliki pasar yang luas, maka tak heran banyak yang menganggap bisnis yang satu ini sangat potensial.

Cara Pemasaran Produk Kerajinan Tangan

Banyak cara untuk memasarkan produk kerajinan tangan yang Anda miliki. Berikut ini adalah cara memasarkan produk kerajinan tangan yang dapat Anda coba:

  • Mengikuti Bazaar

Cara ini bisa dibilang adalah pilihan populer para pebisnis kerajinan tangan. Ada banyak institusi yang cukup rutin menggelar bazaar kerajinan tangan dan UMKM. Salah satunya adalah kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. Mengikuti bazaar dapat mengenalkan produk, juga mejadi sarana untuk memperluas relasi bisnis.

  • Promosi via Website

Salah satu cara untuk memperluas jangkauan bisnis adalah dengan berpromosi via website. Meskipun bisnis yang dijalani sekarang masih terhitung kecil, bukan tidak mungkin usaha kerajinan tangan Anda akan semakin berkembang nantinya.

Jika belum memiliki website sendiri, Anda bisa memulainya dengan membuat website toko online sendiri bersama Jejualan.

  • Promosi via Media Sosial

5 Peluang Usaha Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Kita semua dapat sependapat bahwa saat ini media sosial merupakan alat pemasaran yang paling ampuh. Karena banyaknya pengguna aktif dengan berbagai latar belakang demografi. Dengan media sosial, Anda dapat menjalin interaksi yang lebih luas dengan berbagai kalangan, visibilitas tinggi, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Penutup

Usaha kerajinan tangan banyak jenisnya. Dan sedikit diantara yang banyak itu, kelima jenis usaha kerajinan tangan diatas adalah yang paling mudah dan murah untuk dilakukan.  Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi usaha bagi Kanca Jejualan semuanya.

Online-kan bisnis Anda sekarang juga dengan website toko online dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

Send Comment