Memilih sosial media  untuk bisnis memang cara paling mudah untuk mempromosikannya. Dulu ketika kita berbicara bisnis, maka lokasi toko, tempat kantor serta stok barang menjadi komponen paling penting. Tapi, nampaknya hal tersebut berbeda 180 derajat jika kita berbicara seputar sosial media. Kemunculannya memang sangat membantu pelaku bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya. Bahkan banyak orang yang mengandalkan penghasilan hanya dari channel-channel sosial media seperti facebook, instagram, youtube dan lain sebagainya.

Sosial mesia untuk bisnis tentunya bukanlah hal yang tabu. Perubahan zaman yang semakin modern benar-benar telah mengubah kebiasaan masyarakat kita. Jika sebelumnya penyebaran informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi secara cepat dapat tersebar dengan baik melalui media internet, khususnya melalui jejaring sosial. Hal ini tentu saja juga membuat banyak pelaku bisnis memanfaatkan sosial media untuk mengembangkan bisnisnya.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Candytech pada tahun 2011, Indonesia menjadi negara terbesar kedua setelah Amerika Serikat sebagai pengguna Facebook terbanyak. Hampir mencapai 34 juta anggota, atau tepatnya 33.920.020 anggota. Hal Ini tentu menjadi peluang bagi mereka yang ingin mendapatkan kesempatan untuk melakukan bisnis online terbaik. Media sosial dianggap sebagai strategi jitu untuk memasarkan produk atau jasa secara online.

Media sosial merupakan sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.  Beberapa contoh media sosial untuk bisnis antara lain; Facebook, Youtube, Blog, Instagram, Twitter, Snapchat, LINE, dan Pinterest. Mungkin beberapa dari Anda sudah memanfaatkan media sosial untuk bisnis yang sedang Anda geluti sekarang ini. Dengan adanya media sosial juga sangat penting untuk meningkatkan pengunjung ke website bisnis online Anda.

media sosial

sosial media untuk bisnis

Apa saja manfaat sosial media untuk bisnis?

Menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran memiliki beberapa manfaat antara lain;

1.Meningkatkan visibilitas

Di sini Anda dapat menggunakan media sosial untuk membiarkan customer tahu dan terus mengikuti apa produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan.  Ketika Anda memberikan penawaran-penawaran besar, maka calon customer akan lebih mungkin untuk berbagi dan menyebarkan bisnis Anda pada orang-orang terdekatnya sehingga akan memudahkan orang lain perlahan mengenal bisnis yang sedang Anda jalankan.

2.Memperluas jaringan

Sosial media yang digunakan untuk media bisnis akan memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan customer. Hal ini tentu memungkinkan lebih banyak orang melihat produk-produk Anda yang tidak biasa terjangkau dengan media iklan lainnya.

3.Meningkatkan loyalitas dengan konten

Anda dapat menggunakan konten online dengan tujuan agar publik tahu lebih banyak tentang bisnis yang sedang Anda jalankan dan bagaimana cara Anda dalam menangani customer Anda. Di sini Anda harus mencari konten-konten yang dapat memberikan edukasi untuk Anda. Hal tersebut juga untuk meningkatkan loyalitas merek dan jaringan customer.

4.Meningkatkan popularitas produk

Di sini Anda dapat meningkatkan kesadaran konsumen dengan memberikan penawaran-penawaran terbaik yang bisa membuat mereka tertarik dan ingin mengetahui lebih detail mengenai produk yang ditawarkan. 

media sosial

sosial media untuk bisnis

5.Meningkatkan pengunjung website

Sosial media dapat membantu meningkatkan peringkat di search engine dengan meningkatkan traffic dan backlink yang mengarah ke website Anda. Ketika Anda memberikan informasi yang dianggap penting oleh pengunjung, maka mereka akan membagikan informasi tersebut ke sosial media mereka sendiri dan tentu saja ini akan berguna untuk meningkatkan traffic website Anda.

Bagimana cara memaksimalkan media sosial untuk bisnis online?

Memaksimalkan media sosial untuk bisnis sangatlah penting. Berikut cara mudah untuk memaksimalkan yang bisa Anda lakukan agar bisnis makin lancar.

1.Menentukan tujuan

Menentukan tujuan sangatlah penting. Buatlah strategi dengan tujuan jelas dan terukur keberhasilannya. Hindari mengelola media sosial tanpa rencana dan tujuan jelas. Tingkat keberhasilan dari strategi Anda harus terukur agar lebih mudah ketika melakukan evaluasi. Anda harus membuat tujuan yang menantang agar target lebih mudah dicapai.

2.Membuat konten kalender

Konten kalender sangat penting agar Anda bisa memaksimalkan bisnis menggunakan sosial media. Anda bisa membuat jadwal konten yang menyeluruh dalam kurun waktu tertentu. Selain itu Anda juga perlu merencanakan kapan konten harus dirilis dan di kanal yang mana. Mengelola kanal marketing juga tidak bisa asal posting jika ingin membentuk komunitas konsumen yang aktif dan loyal.

3.Membuat konten yang menarik

Konten marketing yang tersebar di jejaring sosial tentunya sangatlah banyak. Agar lebih menarik dan beda dari yang lain, Anda harus membuat  konten yang segar dan kreatif untuk bisa menonjol di antara pesaing-pesaing Anda. Hal ini tentunya tidak sulit, bukan?

media sosial

sosial media untuk bisnis

4.Pilih platform yang tepat

Strategi pertama bisa dengan menentukan platform mana yang pelanggan dan lead gunakan untuk membangun kehadiran sosial media dalam mencapai tujuan bisnis. Anda juga harus memiliki indikator performa yang spesifik yang akan membantu Anda mengevaluasi apakah Anda melakukan tugas yang baik dan menghasilkan nilai positif untuk bisnis Anda.

5.Konsisten terhadap brand image

Menggunakan sosial media untuk pemasaran akan memproyeksikan citra merek Anda di berbagai platform media sosial. Setiap platform  sosial media mempunyai karakteristik dan target pengguna berbeda-beda. Anda harus lebih konsisten terhadap brand Anda agar bisa bersaing dengan produk lain yang juga memanfaatkan sosial media.

6.Memanfaatkan analytics

Google Analytics dapat digunakan sebagai alat yang dapat membantu Anda dalam mengukur keberhasilan ketika Anda menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran. Ini akan menunjukkan tag pelacakan strategi pemasaran, sehingga dapat memantau keberhasilan pemasaran melalui sosial media.

7.Lakukan monitor

Dengan melakukan monitoring, Anda dapat menganalisis strategi seperti apa yang paling efektif, strategi mana yang kurang efektif, kapan waktu terbaik untuk merilis konten baru, apa saja feedback dari konsumen, dan strategi seperti apa yang harus diambil ke depannya berdasarkan data. Dengan begitu, pemasaran yang Anda lakukan melalui media sosial akan semakin maksimal.

media sosial

sosial media untuk bisnis

Dalam mengembangkan produk dan jasa, sebuah bisnis online membutuhkan feedback dari konsumen mengenai produk dan jasa yang mereka jual sebelumnya. Sosial media adalah kanal marketing yang berperan besar dalam mendapatkan pengalaman konsumen tersebut. Pastikan Anda dapat memaksimalkan dengan baik.

Itulah cara mudah dalam memaksimalkan sosial media untuk bisnis online. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment