Saat ini, bisnis jasa makin banyak diminati. Bukan tanpa alasan mengapa bisnis ini diminati. Salah satunya karena modal yang dikeluarkan lebih sedikit daripada bisnis produk komoditi. Kamu bisa menghasilkan pendapatan bermodalkan keahlian di bidang tertentu. Bahkan, kamu juga bisa memulai bisnis ini tanpa modal yang besar. 

Lantas, sebenarnya, apa itu bisnis jasa? 

Nah, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, Kanca Jejualan yang tertarik dengan bisnis di bidang jasa, tentang apa itu bisnis jasa. Kamu juga akan tahu lebih banyak tentang seluk beluk dari dunia bisnis jasa. 

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Bisnis Jasa? 

Secara sederhana, bisnis jasa adalah sebuah bidang bisnis yang menjual dan menawarkan pelayanan jasa sebagai produknya. Pelayanan jasa, bisa berupa menjajakkan kemampuan, ilmu, dan keahlian dalam bidang tertentu. 

Kemudian, penyedia jasa akan memperoleh bayaran sesuai dengan jasa yang diterima oleh pelanggan. 

Ada anggapan bahwa untuk memulai usaha jasa membutuhkan modal yang lebih sedikit. Selain itu, industri jasa juga mempunyai prospek pendapatan yang menarik. 

Bisnis di bidang jasa, saat ini sedang berkembang dengan pesar. Karena banyak orang yang menggunakan keahlian lain yang dimilikinya untuk menghasilkan pendapatan tambahan. 

Sama halnya dengan bisnis produk komoditas, pelayanan dan kepuasan pelanggan menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis di bidang jasa. 

Baca Juga: Instagram Marketing Tools Untuk Pemula

Terlebih lagi, karena bisnis jasa bukan selamanya berwujud produk fisik, sehingga penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. 

Karakter Bisnis Jasa 

Agar sebuah bisnis bisa disebut sebagai usaha jasa, terdapat empat karakter bisnis yang harus diketahui, antara lain: 

  1. Tidak menjual dan menyediakan produk fisik. Biasanya, bisnis di bidang jasa menjual produk-produk yang tidak dapat disimpan dan tidak terlihat mata. Namun dapat dirasakan manfaatnya. 
  2. Aktivitas utamanya adalah menjual jasa. Sesuai dengan pengertian dari bidang jasa, di mana perusahaan menjual produk berupa jasa yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pelanggan. 
  3. Tidak ada harga baku dari jasa. Pasar jasa tidak memiliki harga yang pasti. Hal ini tak lepas dari banyaknya jenis bisnis jasa yang ditawarkan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Dan juga, penyedia jasa juga memiliki tingkat keahlian yang berbeda-beda, sehingga mempengaruhi harga yang ditetapkan. 
  4. Tidak ada harga pokok pada bisnis jasa. Bisnis jasa tidak menjual produk fisik, sehingga bisnis ini tidak banyak membutuhkan bahan baku produksi yang berwujud. Ini membuat tidak adanya margin keuntungan berdasarkan usaha jasa bidang tertentu. 

Peluang Bisnis Jasa 

Jika dapat dijalankan dengan baik, bisnis di bidang jasa menjanjikan keuntungan yang tinggi. Terlebih lagi, saat ini masyarakat sudah lebih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga, kebutuhan akan jasa baru, selalu ada setiap harinya. 

Kita bisa mengambil contoh ojek online. Siapa yang menyangka bahwa profesi tukang ojek menjadi pilihan banyak orang mencari nafkah. Dan kini, ojek online sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Entah di kota besar, maupun di kota kecil. 

Ada beberapa alasan mengapa bisnis  di bidang jasa adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Antara lain: 

  1. Bisnis jasa tidak membutuhkan modal yang besar. Seperti yang telah kami sebutkan di awal, besaran modal ditentukan oleh bisnis jasa yang akan didirikan. Hal ini membuat margin keuntungan jadi lebih besar. 
  2. Tak perlu memikirkan proses distribusi. Ketika kamu memilih bisnis di bidang jasa, kamu tak perlu bingung memikirkan bagaimana cara untuk mendistribusikan produk hingga sampai ke tangan pelanggan. 

Satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kualitas kerja, agar pelanggan tetap mendapatkan yang terbaik. 

  1. Tak pusing memikirkan stok barang. Yang namanya bisnis di bidang jasa, yang lebih banyak dijual adalah keterampilan dan pelayanan yang dapat kamu berikan. Sehingga, kamu tak perlu memikirkan stok barang. 

Kamu hanya perlu menyediakan modal pada awal bisnis dan menyiapkan strategi pengembangan bisnis yang baik. 

Contoh Bisnis Jasa yang Menguntungkan 

Ada banyak jenis bisnis di bidang jasa yang akan mendatangkan keuntungan pada kamu, sebagai pemilik bisnis. Berikut ini adalah contoh peluang bisnis jasa yang menguntungkan: 

1. Jasa Penerjemah

Untuk kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing, jasa penerjemah bisa menjadi pilihan. Salah satu cara yang mudah dan cepat adalah dengan menawarkan jasa di marketplace freelance. Kamu juga bisa menggunakan sosial media sebagai media promosi. 

2. Jasa Penulisan Artikel 

Kalau kamu mempunyai kemampuan untuk menulis, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Kamu bisa membuka jasa penulisan artikel dan konten tulisan berbayar lainnya. 

Apalagi saat ini, ada banyak sekali brand yang memerlukan artikel untuk diterbitkan, baik di website dan blog. 

3. Jasa titip 

Banyak penyedia jasa titip yang menawarkan jasanya lewat Instagram dan hasilnya cukup menjanjikan. 

Caranya juga sederhana, kamu hanya perlu datang ke salah satu tempat perbelanjaan dan mengambil foto produk, yang kemudian diupload di media sosial. 

Kamu hanya tinggal menunggu pelanggan yang tertarik kemudian membelikan dan mengirimkan barang pada pelanggan. 

4. Laundry Kiloan 

Bagi beberapa orang, mencuci adalah hal yang melelahkan dan menyita waktu. Misalnya bagi karyawan dan mahasiswa yang tinggal di kos-kosan. Apalagi kalau kosanmu tidak memiliki fasilitas mencuci yang memadai. 

Inilah mengapa banyak orang yang tertarik untuk mencuci pakaiannya di jasa laundry kiloan. Dan ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. 

5. Bisnis Jasa Penjahit 

Siapa yang tak kenal dengan bisnis jasa yang satu ini. Jasa penjahit adalah salah satu jenis bisnis yang sangat mudah ditemui. Baik di kota besar maupun di kota kecil. Bisnis fashion yang makin berkembang, membuat bisnis penjahit tak pernah mati. 

Baca Juga: Strategi Online Marketing Untuk Pemula

Bahkan makin banyak saja penjahit yang bermunculan. Untuk kamu yang ingin belajar menjahit, ada banyak lembaga kursus yang siap melatihmu. Mulai dari balai latihan kerja milik Kementerian Tenaga Kerja di berbagai kota. Dan lembaga kursus swasta. 

6. Jasa Desain Grafis 

Bisnis di bidang jasa desain grafis adalah salah satu bisnis jasa yang sangat diminati. Namun, modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa desain grafis lumayan besar. Minimal, kamu harus memiliki laptop sebagai tools untuk mendesain 

Penutup

Untuk kamu yang sedang berpikir ide bisnis apa yang cocok, membuka bisnis jasa bisa menjadi pilihan. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

Send Comment