Menjadi seorang entrepreneur memang tidak mudah. Salah satu penghalang terbesar untuk memulai usaha adalah sisi risiko yang dinilai sebagian orang, cukup besar. Bahkan, karena takut menghadapi risiko tersebut, tak heran banyak yang memutuskan berhenti di tengah jalan. Dan tak sedikit yang akhirnya mundur teratur, bahkan sebelum memulai usaha. 

Salah satu risiko yang umum dihadapi seorang entrepreneur adalah saat menjalankan strategi bisnis. Baik itu strategi untuk mengatasi permasalahan yang ada di internal bisnis ataupun strategi dalam meningkatkan pemasaran. 

Namun, kalau kamu bisa menggunakan strategi positioning yang tepat, bisa menjadi faktor yang menunjang kesuksesan bisnismu. Untuk menumbuhkan keberanian dan menumbuhkan jiwa wirausaha, pada artikel kali ini kami akan berbagi dengan kamu semua, Kanca Jejualan, tentang apa itu entrepreneur. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Entrepreneur? 

apa itu entrepreneur

Jika ditarik dari segi bahasa, entrepreneur berasal dari bahasa Perancis, yaitu entreprendre, yang jika diartikan adalah berusaha. Kemudian, dari segi terminologi, entrepreneur adalah istilah dari sebuah disiplin ilmu yang membahas tentang nilai, kemampuan, dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup, untuk mendapatkan peluang dengan berbagai risiko yang dialaminya. 

Secara sederhana, entrepreneur adalah orang yang menjalankan kegiatan wirausaha, yang mempunyai ciri-ciri berbakat dalam mengelola bisnis. 

Baca Juga: Strategi Online Marketing Untuk Pemula

Salah satu pakar ilmu manajemen terkemuka dunia, Peter F. Drucker mendefinisikan entrepreneur adalah orang yang mampu memanfaatkan peluang. 

Arti entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai dan membawa sumber daya, berupa tenaga kerja, material,  dan aset lainnya. Kombinasi dari hal-hal tersebut mampu menambahkan nila yang lebih besar daripada nilai yang sebenarnya. 

Hanya saja, untuk menjadi seorang entrepreneur, maka salah satu hal yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk berfikir kreatif dan jeli melihat peluang. 

Sifat Entrepreneur

Agar bisa menjalankan bisnisnya dengan sukses, seorang entrepreneur harus memiliki beberapa sifat atau karakter yang ada pada dirinya. Apa saja? Berikut adalah sifat-sifat yang harus dimiliki seorang entrepreneur: 

1. Percaya Diri

Salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah percaya diri. Seorang entrepreneur harus memiliki sifat percaya diri, yang dimulai dari diri sendiri. Juga tidak mudah untuk digoyahkan pendiriannya. Namun tetap menggunakan saran dari orang lain sebagai masukan yang membangun. 

2. Memiliki Pikiran yang Positif

Seorang entrepreneur, harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan bisnisnya. Untuk itu, pemikiran positif adalah perlu. Karena menjadi entrepreneur tidak hanya berhubungan dengan hal-hal teknis, seperti menghandle karyawan, produksi, namun lebih dari itu, ada mindset. 

3. Cara Pengambilan Risiko

Kemampuan pengambilan risiko dapat berpengaruh penting dalam dunia usaha yang penuh risiko dan tantangan. 

Yang harus kamu perhatikan adalah, bahwa bagaimana seorang entrepreneur mengambil risiko dengan penuh pertimbangan. Apalagi jika menyangkut keputusan-keputusan penting dan genting. Misalnya saat perusahaan dihantam krisis. Saat pandemi seperti saat ini misalnya. 

Situasi krisis, biasanya akan memicu seorang pebisnis untuk mengambil keputusan-keputusan ekstrim. Kita bisa mengambil contoh, pengusaha yang mengalami penurunan omset karena orang takut bepergian keluar rumah. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut, misalnya dengan membuat toko online di Jejualan. Selain kaya dengan fitur, harga membuat toko online di Jejualan sangat terjangkau. Jadi, bisa menekan banyak biaya.

4. Kepemimpinan

apa itu entrepreneur

Dalam diri seorang entrepreneur, harus memiliki jiwa kepemimpinan. Leadership yang bagus akan menjadikanmu jadi sosok teladan bagi karyawan. Dan, seorang pemimpin yang baik haruslah mampu mendengarkan saran dan kritik dari karyawan, demi majunya bisnis yang sedang dijalankan. 

5. Kreatif dan Inovatif

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara baru dalam memecahkan masalah dan melihat peluang yang ada. Sedangkan yang dimaksud inovatif adalah kemampuan untuk menggunakan solusi kreatif dalam mengelola peluang, sehingga mampu mendatangkan manfaat. 

6. Berorientasi Pada Masa Depan

Sebagai seorang entrepreneur, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah memiliki perencanaan bisnis yang jelas. Jika membicarakan bisnis, seorang entrepreneur memiliki segudang perencanaan yang ada di dalam kepalanya. Mulai dari konsep bisnis, pemberian nama brand, bagaimana cara menganalisa pasar, melihat peluang yang mungkin bisa dijajaki, dan lain sebagainya. 

Seorang entrepreneur, harus memiliki visi yang jauh kedepan. Ini penting karena, dalam berbisnis dan berusaha, tidak hanya untuk sementara, namun juga untuk selamanya. Sehingga, ketika akan membangun sebuah usaha, harus memiliki perencanaan dan strategi bisnis yang matang. 

7. Pantang Menyerah 

Seorang entrepreneur sejati, tentu tidak akan mudah untuk menyerah jika ada keadaan yang memberatkannya. Pantang menyerah di sini, seorang pengusaha akan senantiasa belajar untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.  

SIfat tahan banting yang dimiliki seorang pemimpin, bukan tidak mungkin akan dititru oleh orang-orang yang mengikutinya. 

Keuntungan Menjadi Entrepreneur

Menjadi entrepreneur, tentu saja berbeda dengan karyawan. Entrepreneur memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki para karyawan. Apa saja itu? Berikut keuntungan menjadi entrepreneur: 

– Kelebihan pertama yang dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah dapat mewujudkan impian pribadi, untuk menjadi pengusaha yang andal. 

– Keuntungan kedua yang dimiliki oleh entrepreneur adalah memiliki kesempatan untuk menciptakan perubahan pada dirinya sendiri dan lingkungannya. 

– Menjadi entrepreneur dapat memaksimalkan potensi diri. 

– Seorang entrepreneur mendapatkan meningkatkan kualitas hidup dan finansial mereka. 

– Bisa melakukan banyak hal yang disukai dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang baik. Seperti menambah pengetahuan tentang dunia kerja,dan lain sebagainya. 

Contoh Entrepreneur

Diatas, kamu telah mengetahui apa itu entrepreneur dan karakter apa saja yang harus dimiliki entrepreneur. Entrepreneur memiliki beberapa contoh. Berikut ini adalah contoh-contoh entrepreneur yang harus kamu tahu: 

– Sociopreneur

Yang pertama adalah social entrepreneur atau sociopreneur. Contoh dari bisnis ini, seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya, yang membutuhkan dukungan dari sumber daya manusia. 

Baca Juga: Instagram Marketing Tools Untuk Pemula

– Lifestyle Entrepreneur

apa itu entrepreneur

Contoh dari lifestyle entrepreneur seperti bisnis fotografi, membuka bisnis makanan, dan lain sebagainya. 

– Pengusaha Amatir

Pengusaha amatir atau pengusaha pemula. Pada umumnya, pebisnis pada kategori ini hanya membuat bisnis berdasarkan pertimbangan yang mengikuti trend. Misalnya, bisnis online shop. 

Penutup

Menjadi seorang entrepreneur adalah langkah yang berani dan patut diapresiasi. Dengan segala risikonya, menjadi entrepreneur juga menawarkan banyak keuntungan. Misalnya, independensi. Semoga setelah membaca artikel ini, Kanca Jejualan jadi lebih paham, apa itu entrepreneur dan berani untuk menjajalnya. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

 

 

 

Send Comment