Ketika sedang menjalankan bisnis, terutama bisnis online, salah satu hal yang harus dipikirkan baik-baik adalah proses pembayaran. Sangat penting untuk memberikan pilihan pembayaran yang memudahkan calon pelanggan. Jika pelanggan merasa nyaman dengan metode pembayaran yang tersedia, mereka akan dengan senang hati untuk berbelanja di website toko onlinemu. 

Untuk itu, memasang payment gateway bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Menggunakan payment gateway akan membuat proses transaksi di toko online-mu semakin mudah dan efisien. Lantas, apa yang dimaksud dengan payment gateway itu? Mengapa keberadaannya begitu penting di era transaksi digital saat ini? 

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, pada artikel kali ini, Jejualan akan berbagi dengan Kanca Jejualan semuanya, tentang apa itu payment gateway. Jadi, mari simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Payment Gateway? 

Kecepatan dan kenyamanan adalah point penting yang coba dihadirkan oleh payment gateway. Entah sebagai penjual atau pembeli, payment gateway memungkinkanmu untuk bertransaksi dengan orang-orang dari seluruh dunia. Yang penting tersedia koneksi internet, dan bim salabim, transaksi terjadi. Padahal terbentang jarak, katakanlah ribuan kilometer. 

Lantas, apa itu payment gateway? 

Payment gateway adalah gerbang pembayaran, yang menghubungkan rekening bank milikmu, ke tempat di mana kamu perlu mentransfer uang untuk melakukan pembayaran. Ya, perangkat lunak payment gateway akan memberimu keleluasaan untuk melakukan transaksi online menggunakan berbagai saluran. Misalnya, seperti transfer bank, kartu kredit, kartu debit, serta berbagai layanan dompet digital yang banyak beredar saat ini. 

Payment gateway memiliki peran sebagai pihak ketiga, yang menjembatani kedua belah pihak yang sedang bertransaksi. Payment gateway menyediakan jalur yang aman ketika ada orang yang mentransfer uang saat setelah membeli produkmu. 

Misalnya begini, kamu adalah merchant Jejualan, yang ingin melakukan perpanjangan layanan toko online Jejualan. Dan kamu menggunakan Midtrans sebagai kanal pembayaran perpanjangan layanan Jejualan. Payment gateway membantumu dalam proses transfer uang ke Jejualan. 

Sebuah payment gateway harus memenuhi standar keamanan tertentu. Berikut adalah standar keamanan yang harus dimiliki oleh payment gateway: 

  • Address Verification System. Sistem keamanan yang satu ini akan merinci tagihan konsumen, memeriksa, dan menyesuaikannya dengan alamat sudah terdaftar. Jadi, tidak ada ceritanya terjadi salah tagih. 
  • Card Security Code. Dengan sistem ini, sebuah transaksi hanya akan diproses jika memiliki tiga digit terakhir nomor kartu kredit. 
  • 3D Secure Password. Pengguna akan selalu menggunakan password yang aman saat transaksi online sedang dijalankan. 

Cara Kerja Payment Gateway

Apakah kamu tahu, bagaimana cara kerja payment gateway? 

Payment gateway berfokus pada pengamanan informasi sensitif yang diberikan pengguna selama proses yang sedang berlangsung. Tujuannya jelas, proses ini untuk memastikan keamanan. Data yang ada di kartu dan akun bank yang telah disediakan oleh pengguna, akan dienkripsi. 

Berikut adalah cara kerja payment gateway yang harus kamu tahu. Agar lebih mudah dipahami, akan diilustrasikan dengan pelanggan yang dalam proses pembayaran atas sebuah produk yang dibelinya. 

Setting Payment Setting Midtrans Mudah dan Cepat

Pertama, pelanggan melakukan pemesanan, lalu menekan tombol checkout. 

Kedua, pelanggan akan diarahkan oleh sistem toko online ke gerbang pembayaran. Di sana, pelanggan diminta untuk memilih detail bank yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Setelah itu ,pelanggan akan diarahkan ke halaman otorisasi transaksi. 

Ketiga, setelan otorisasi transaksi disetujui, sistem bank akan memeriksa apakah pelanggan memiliki saldo yang cukup dalam rekening. Ini akan menentukan keberhasilan sebuah transaksi. 

Keempat, gateway akan mengirimkan pesan ke seller yang sesuai. Kalau balasan dari bank adalah “Tidak”, maka seller akan mengirimkan pesan kesalahan pada pelanggan. Memberi tahu tentang permasalahan pada rekening bank mereka. Jika jawaban dari bank adalah “Ya”, maka seller dapat melanjutkan transaksi. 

Kelima, bank melunasi payment gateway, yang pada gilirannya akan menyalurkan ke seller. 

Setelah proses ini selesai, pelanggan akan mendapatkan pesan konfirmasi tentang pesanan yang dilakukan. Walaupun tampak panjang, sejatinya proses ini hanya berlangsung bahkan beberapa detik saja. 

Manfaat Payment Gateway

Payment gateway tak hanya memberikan manfaat bagi penjual, namun juga bagi pelanggan. Memangnya, apa saja sih, manfaat payment gateway untuk toko online-mu? 

1. Metode Pembayaran yang Variatif

Salah satu manfaat pertama payment gateway adalah tersedianya pilihan pembayaran yang variatif. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan calon pelanggan yang sedang berbelanja di toko online-mu. 

Calon pelanggan memiliki lebih banyak pilihan ketika akan melakukan pembayaran. Hari-hari ini, rasanya sangat tidak mungkin sebuah toko online hanya menyediakan satu opsi pembayaran untuk calon pelanggan. Selain akan terbebani biaya transfer, bisa juga calon pelanggan juga akan kerepotan. 

Padahal, siapa tahu pelanggan ingin membayar dengan metode lain. Seperti kartu kredit, cash on delivery, pembayaran di minimarket, atau dompet digital. 

2. Proses Instalasi Mudah

Banyak yang membayangkan pemasangan payment gateway itu sulit. Padahal, ya, tidak juga. Pemasangan payment gateway bahkan lebih mudah dari yang dibayangkan. Kalau memakai WordPress, untuk memasang payment gateway cukup menggunakan plugin. 

3. Proses Transaksi Lebih Cepat 

Payment gateway menjadikan proses transaksi berjalan otomatis. Sehingga, semuanya berjalan lebih cepat. Transaksi hanya bisa berjalan secara manual jika tidak menggunakan payment gateway. Calon pelanggan harus mengirimkan uang dengan cara transfer, dan melakukan konfirmasi pembayaran kemudian. Sangat merepotkan, bukan? 

Jangan Sampai Salah Strategi Online Marketing

Belum lagi seller harus membuat invoice secara manual. Akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menuntaskan satu transaksi. Sulit dibayangkan jika toko online-mu memiliki transaksi yang banyak setiap harinya. 

4. Transaksi Lebih Aman

Payment gateway adalah solusi agar transaksi online jadi lebih aman. Perusahaan payment gateway, tentu sudah berupaya maksimal membangun sistem secanggih mungkin. Jadi, semua transaksi dapat diproses lebih cepat dan menghindari transaksi fiktif yang merugikan.

5. Jangkauan Luas, Hingga ke Mancanegara

Menggunakan payment gateway bisa meningkatkan peluang bisnismu menjangkau pasar yang lebih luas lagi, bahkan sampai luar negeri. Alasannya, apalagi kalau bukan metode pembayaran yang lebih banyak, sehingga akan memudahkan konsumen. 

6. Transaksi yang Tidak Terbatas

Bisa dikatakan, transaksi yang sanggup ditangani oleh sistem payment gateway adalah sangat banyak. Bahkan, ada yang menyebut tidak terbatas. Apakah berlebihan? Tentu saja tidak. Artinya, jika toko online-mu ramai, transaksi tetap dapat dilakukan. 

Hampir semua sistem payment gateway memiliki sistem yang yang memungkinkan pengguna memproses banyak transaksi. Semakin banyak transaksi yang dapat diproses, tentu akan semakin mudah, bukan? 

Penutup

Salah satu hal yang membuat transaksi online sangat disukai adalah kemudahan yang ditawarkannya. Percuma melakukan transaksi online, namun proses pembayaran masih dilakukan secara manual. Untuk itulah, kamu harus tahu apa itu payment gateway, sebagai metode pembayaran bisnis online. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

 

Send Comment