Aktivitas belanja online, kini menjadi sebuah hal yang sangat mudah dilakukan. Ya, karena sekarang ada banyak sekali bermunculan platform toko online yang siap memfasilitasi keinginan berbelanja masyarakat yang kini semakin tinggi. Kemajuan teknologi, terutama di bidang keuangan juga jadi menjadi pemicu aktivitas belanja online yang sangat tinggi kurang lebih 10 tahun terakhir.  

Ketika membahas tentang aktivitas belanja online, salah satu hal yang penting untuk dibahas adalah kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Transaksi keuangan hari ini sangat mudah untuk dilakukan. Dan salah satu produk teknologi keuangan yang sangat populer karena digunakan banyak orang adalah Paypal. 

Adakah Kanca Jejualan yang familiar dengan platform pembayaran yang satu ini? 

Kalau kamu adalah orang yang sering bertransaksi, terutama dari luar negeri, setidaknya pernah mendengar nama Paypal. Bukan tanpa alasan mengapa sampai sekarang Paypal memiliki jumlah pengguna yang banyak. Padahal, platform-platform pembayaran serupa  Paypal kini semakin banyak bermunculan. 

Lantas ,apa sih sebenarnya Paypal itu? 

Untuk menjawab rasa penasaran Kanca Jejualan, artikel kali ini akan mengajak kamu semua untuk mengenal Paypal, berikut fungsinya, dan yang tak kalah penting:cara mendaftar Paypal. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Paypal? 

Sekarang saatnya membahas apa itu Paypal. Paypal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa pembayaran online dan juga transfer. Yang menjadikan Paypal tampak outstanding pada awal kemunculannya adalah jaringan yang kuat dan kemampuan untuk melayani transaksi antar negara. 

10 Tips Sukses Jualan Online Untuk Pemula

Paypal sendiri pertama kali muncul akhir tahun 1990-an, oleh perusahaan bernama Confinity. Perusahaan ini kemudian merger dengan sebuah platform online banking X.com, dan meresmikan nama Paypal pada tahun 2001. 

Nama Paypal mulai banyak dikenal ketika digunakan sebagai metode pembayaran resmi di eBay. Kepopuleran Paypal membuat eBay kemudian mengakuisisinya pada tahun 2002. Hingga kemudian pada tahun 2015, Paypal memisahkan diri dan menjadi perusahaan independen yang melantai di bursa saham Nasdaq dengan kode emiten PYPL. 

Sebagai bagian perkembangan bisnisnya, Paypal sering membeli perusahaan lain di bidang teknologi dan keuangan. Beberapa akuisisi ini kerap kali menghasilkan peningkatan teknologi dan fitur Paypal. 

Hingga saat ini, Paypal menjadi salah satu payment gateway yang paling banyak digunakan. Bukan tanpa alasan mengapa Paypal memiliki pengguna yang banyak. Sebab, Paypal memiliki tingkat keamanan yang terbilang sangat baik. 

Belum lagi kemampuannya untuk melakukan transaksi antar negara. Berbeda dengan, katakanlah online banking, Paypal memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran antar negara. Lagi-lagi, ini semua berkat jaringan luas yang dimilikinya. 

Inilah alasan mengapa banyak orang menggunakan Paypal sebagai platform  pembayaran di bisnis online miliknya. Sebab, Paypal memudahkan pengiriman uang dan memberikan kenyamanan yang lebih. 

Fungsi dan Manfaat Memiliki Akun Paypal

Pada bagian sebelumnya artikel ini, kamu telah mengenal apa itu Paypal. Selanjutnya, pasti kamu bertanya-tanya, apakah fungsi dari metode pembayaran yang satu ini? 

Berikut adalah fungsi yang kamu dapatkan jika memiliki akun Paypal: 

1. Sebagai Alat Pembayaran Online yang Diterima Secara Internasional

Paypal adalah salah satu metode pembayaran online terpercaya, yang diterima di seluruh dunia. Mengapa bisa demikian? 

Karena, setiap transaksi harus melewati verifikasi secara sah, yang terintegrasi dengan sistem perbankan di Amerika Serikat. Jika tidak, akun tersebut harus terintegrasi dengan jaringan kartu kredit, seperti Visa dan MasterCard. 

Ketika verifikasi berhasil dilakukan, maka transaksimu dapat terdeteksi secara otomatis oleh bank. Dalam hal ini, bank sebagai penyedia layanan transaksi yang kamu lakukan. 

2. Sebagai Media Menerima dan Mengirim Uang yang Praktis

Manfaat selanjutnya dari penggunaan Paypal adalah, sangat praktis ketika digunakan untuk menerima dan mengirimkan uang. Kamu bisa menggunakan Paypal untuk mengirim dan menerima uang secara instan dari sesama pengguna Paypal lainnya.  

3. Metode Pembayaran yang Telah Diakui Universal 

Salah satu hal yang membuat Paypal populer adalah, Paypal menjadi metode pembayaran yang sudah diakui valid dan legal di seluruh dunia. Maka tak heran, jika kemudian semakin banyak orang yang menggunakan Paypal. Ya, di manapun pengguna berada, selama masih bisa terhubung dengan internet, kamu bisa menggunakan Paypal. 

4. Transfer ke Sesama Paypal Bebas Biaya

Paypal tidak mengenakan biaya tambahan pada transfer antar penggunanya. Sehingga, sebagai pengguna, kamu tak perlu repot lagi harus menghitung biaya transfer yang seringkali merepotkan. 

5. Dapat Melakukan Transfer ke Bank Lokal

Manfaat lain yang bisa didapatkan ketika menggunakan Paypal adalah dapat melakukan transfer ke bank lokal yang sudah resmi terdaftar. Hanya saja, untuk bisa melakukan tranfer tersebut, akunmu harus terverifikasi terlebih dahulu. Verifikasi penting dilakukan, agar keabsahan dan keamanan transaksi. 

Cara Membuat Akun Paypal

Bagaimana, setelah mengenal apa itu Paypal berikut fungsi dan manfaatnya, sudahkah kamu tertarik untuk membuat akun Paypal? 

Membuat akun Paypal sendiri sebenarnya cukup mudah.  Berikut cara mendaftarkan akun Paypal: 

  • Langkah pertama, silakan masuk ke website Paypal. 
  • Kemudian, pada halaman utama, silakan klik menu Sign Up Now
  • Setelah mendaftar, kamu akan diarahkan untuk memilih jenis akun. Yaitu akun bisnis atau akun pribadi. Jika kamu menggunakan Paypal untuk berbisnis, silakan pilih akun bisnis. Jika sudah, klik Lanjutkan
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi data diri. Kamu diminta untuk memasukkan data diri yang meliputi nama, alamat email, dan password. Jika semuanya sudah terisi, silakan klik Agree dan buat rekening. 
  • Paypal akan mengirimkan email padamu yang berisikan kode verifikasi. Selanjutnya, silakan masukkan kode verifikasi tersebut, lalu klik Continue dan masuk ke rekeningmu. 
  • Setelahnya, kamu akan diarahkan untuk melakukan konfirmasi Paypal lewat link yang dikirimkan ke email. 
  • Dari email tersebut, kamu bisa mengklik tautan Paypal sekaligus melakukan konfirmasi lebih lanjut secara otomatis. 
  • Setelah itu, kamu bisa login menggunakan email dan password yang sudah kamu buat sebelumnya. 
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk membuat pertanyaan keamanan. Kamu bisa mengisinya dengan pertanyaan dan jawaban yang mudah diingat. 
  • Dan selamat, akun Paypal sudah jadi. Namun, untuk bisa melakukan transaksi, kamu harus melakukan verifikasi kartu kredit terlebih dulu. 

Penutup

Setelah akun Paypal sudah jadi dan verifikasi kartu kredit telah dilakukan, kamu bisa segera melakukan transaksi. Semoga artikel ini bisa membuat Kanca Jejualan lebih mengenal apa itu Paypal, beserta fungsi dan cara mendaftarkan akun. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment