Untuk memilih cara berjualan online yang efektif bagi banyak orang, dianggap bukanlah hal yang mudah. Hal ini terutama mengingat banyaknya pesaing yang bertebaran di beragam platform. Entah itu website, marketplace, dan media sosial. Perlu untuk mengadopsi strategi yang tepat, untuk memenangkan persaingan. 

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, Kanca Jejualan semua, tentang tips jualan online untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. Yuk, lanjut. 

Tips Jualan Online Untuk Pemula

Bingung ketika ingin memulai jualan online? Berikut ini adalah beberapa tips jualan online untuk pemula versi Jejualan: 

1. Memilih Jenis Jualan Online

tips jualan online untuk pemula

Tips jualan online pertama yang perlu kamu perhatikan adalah, memilih metode jualan online. Kamu bisa menyesuaikannya dengan waktu, atau mungkin biaya yang kamu miliki. 

Ada beberapa jenis jualan online yang harus kamu ketahui, antara lain 

  • Reseller 
  • Dropship
  • Menjual barang karya sendiri
  • Menjual barang bekas
  • Menawarkan jasa atas keahlian yang kamu miliki. 

Jenis apapun yang kamu pilih, bisa dijual lewat beragam platform yang ada di dunia maya. 

2. Menghitung Biaya Produksi atau Operasional

Tips jualan online selanjutnya adalah, menghitung biaya produksi dan operasional. Ini penting dilakukan, sebelum mulai menjual produk atau jasa yang telah kamu pilih. Tak perlu membuatnya terlalu rumit dalam menentukan tahapan ini. Kamu hanya perlu membuat daftar produk atau jasa di Microsoft Excel, untuk kemudian kamu masukkan daftar harga jual yang ditawarkan, misalnya oleh supplier. 

Baca Juga: Instagram Marketing Tools Untuk Pemula

Jika kamu perlu mengambil barang dari supplier, maka kamu perlu memperkirakan, berapa biaya akomodasi dan transportasi. Bensin, misalnya. Ada juga biaya logistik, dari produk yang akan dijual. 

3. Pilih Platform Untuk Jualan

Ketika kamu baru mulai jualan online, jangan terpaku hanya pada satu lokasi atau platform saja. Mengapa? Karena, kamu bisa dengan mudah melihat dan memantau platform yang paling banyak dikunjungi oleh calon pelanggan. 

Setidaknya, ada empat platform yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan secara online: 

  • Marketplace untuk produk atau jasa. 
  • Forum jual beli. 
  • Tempat pembuatan website gratisan. 
  • Website atau toko online milik sendiri. 

Untuk marketplace sendiri, saat ini ada beberapa pemain besar di Indonesia. Atau, kamu juga bisa menjual produk dan jasa lewat forum-forum yang menyediakan fitur jual beli. Opsi lainnya, kamu juga bisa menggunakan platform website gratis seperti Blogspot, WordPress,dan Google Site. 

Kamu juga bisa membuat website sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website, yang banyak tersedia di internet. 

4. Menjual Produk yang Peminatnya Tinggi

tips jualan online untuk pemula

Tips jualan online selanjutnya adalah memilih produk yang memiliki peminat yang tinggi. Hal ini akan berguna untuk memaksimalkan pendapatan. Terutama jika kamu bisa memprediksi produk mana yang akan diminati dan bisa menjadi salah satu yang pertama menjual produk tersebut. 

Tentunya menentukan produk mana yang laris juga bukan pekerjaan yang mudah. Karenanya, kamu harus terus mengikuti perkembangan dari industri yang kamu geluti. Sehingga, kamu bisa melakukan prediksi-prediksi yang lebih akurat. 

5. Gunakan Foto Produk yang Menarik 

Foto produk bisa sangat menentukan, apakah produk yang kamu jual akan terlihat menarik atau tidak di mata pelanggan. Juga, menunjukkan kesan profesional dari toko onlinemu. Tentu, kamu tak harus memiliki kamera mahal dengan pencahayaan kelas wahid. Yang terpenting adalah foto produkmu terlihat jelas. Tidak buram atau blur, dan dalam pencahayaan yang cukup. 

Jika ada opsi untuk mengunggah beberapa foto sekaligus. Kamu juga bisa menggunakan foto dari internet. Di internet sendiri ada banyak website yang menyediakan foto bebas lisensi, yang bisa kamu gunakan dengan bebas. Asal, kamu tetap mencantumkan kredit si pemilik foto. 

6. Promosikan Secara Online

Setelah toko online yang kamu buat sudah siap, jangan lupa untuk mempromosikannya secara online. Untuk berpromosi, cara paling mudah adalah membagikan URL toko onlinemu ke media sosial, dan platform-platform lainnya. 

Atau, kamu juga bisa memasang iklan atau mempromosikan postinganmu di media sosial. Sehingga, produkmu bisa dilihat oleh banyak orang. Dan, yang paling penting adalah mendapatkan jangkauan dan prospek yang lebih luas lagi. 

Berikut ini adalah beberapa jenis promosi online yang bisa kamu lakukan: 

  • Memasang iklan di Google Ads
  • Memasang iklan di media sosial, seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. 
  • Membayar listing premium untuk produk yang ditempatkan di marketplace atau forum jual beli. 
  • Membagikan URL website toko online, lewat aplikasi chat seperti WhatsApp dan Line. 

7. Promosi Offline

tips jualan online untuk pemula

Tak hanya berpromosi secara online, promosi offline juga bisa kamu lakukan untuk menunjang bisnis yang sedang kamu jalankan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan jasa yang kamu tawarkan, antara lain: 

  • Word of Mouth, kita mengenalnya sebagai promosi dari mulut ke mulut. Kamu bisa berpromosi pada keluarga, teman, kolega, dan lingkaran pertemanan terdekat lebih dulu. 
  • Mengikuti pameran, bazaar, atau acara-acara yang menyediakan lokasi untuk disewakan mendirikan booth dan stand. 
  • Membuat alat-alat pemasaran offline, seperti poster, brosur, flyer, spanduk, dan sebagainya. 

8. Targetkan Pasar Baru 

Dalam menghadapi persaingan usaha, sangat mungkin terjadi kejenuhan pasar produkmu . Untuk itu, salah satu cara menghadapi persaingan usaha adalah menciptakan pasar baru. Mungkin kamu merasa produkmu bisa digunakan oleh demografi yang lebih luas, katakanlah perempuan usia 25 hingga 35 tahun. Pasar baru dapat mengarah pada pertumbuhan yang lebih cepat dan lebih baik. Tetapi kamu harus memastikan, apakah siap memasuki dinamika pasar tersebut?  

Baca Juga: Strategi Online Marketing Untuk Pemula

9. Jaga Pelanggan yang Sudah Ada 

Pasar baru memang sangat menarik untuk dimasuki. Namun jangan serta merta melupakan pelanggan yang sudah loyal padamu dalam waktu lama. Saat kamu melakukan diversifikasi produk untuk meluaskan pasar, pertahankan beberapa aspek untuk menjaga pelanggan lama untuk tidak pergi.  

Penutup

Bisnis online selalu bergerak dengan cepat. Karena itu, sebagai cara memenangkan persaingan usaha, inovasi adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Perubahan. Bahkan, banyak ahli manajemen yang mengatakan bahwa yang tidak berubah dari perubahan itu adalah perubahan sendiri.

 Dengan terus berinovasi, kamu akan tetap fokus pada tujuan sambal menjaga pelanggan untuk tidak berpaling darimu.  Semoga tips jualan online untuk pemula ini memberikanmu inspirasi untuk berani berbisnis.

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

 

 

Send Comment