Perencanaan bisnis yang matang adalah salah satu hal yang memberikan pengaruh besar pada kesuksesan bisnis. Ada banyak hal terkait perencanaan yang harus kamu pahami dalam bisnis. Salah satunya adalah segmentasi pasar dari bisnis itu sendiri. 

Ketika kamu berhasil menemukan segmentasi pasar dengan tepat, maka peluang sukses menjalankan bisnis akan semakin besar. 

Karena pentingnya segmentasi pasar, pada artikel kali ini, kami akan ajak kamu, Kanca Jejualan untuk membahas lebih jauh tentang apa itu segmentasi pasar. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Segmentasi Pasar? 

Lantas, apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? 

Segmentasi pasar adalah pembagian kelompok konsumen atau pembeli pada sebuah bisnis. Pasar memiliki kebutuhan, karakteristik, serat perilaku yang berbeda di dalam pasar tertentu. Kemudian akan berubah menjadi sebuah pasar yang homogen dan menjadi target pasar dengan strategi tertentu. 

Jangan Sampai Salah Strategi Online Marketing

Segmentasi pasar juga bisa berarti strategi yang digunakan oleh brand untuk mengenal minat dan kebutuhan konsumen di sebuah market, yang menciptakan barang baru. Dengan kata lain, pasar yang tadinya hanya memiliki satu jenis dan memiliki cakupan yang luas, berubah menjadi pasar yang bersifat homogen setelah mengalami segmentasi. 

Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli 

Agar lebih valid, kita bisa merujuk pendapat para ahli di bawah ini: 

1. Pride dan Ferrel

Menurut Pride dan Ferrel, segmentasi pasar atau market segmentation adalah suatu sistem yang membagi pasar ke segmen-segmen pelanggan potensial, dengan kesamaan karakteristik yang memperlihatkan kesamaan perilaku konsumen. 

2. Kotler dan Armstrong 

Menurut Kotler dan gary Armstrong segmentasi pasar adalah pembagian sebuah market menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. 

Tujuan dari pengelompokan adalah untuk membagi pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok besar yang homogen. Yang mana, pada setiap kelompok dapat ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik konsumen yang ada di pasar. 

Tujuan Segmentasi Pasar 

Tujuan utama dari segmentasi pasar adalah membagi pasar yang masih sangat luas menjadi beberapa kelompok yang bersifat homogen. Berikut adalah tujuan segmentasi pasar. 

1. Memudahkan Ketika Membedakan Pasar 

Salah satu kesulitan yang dialami oleh perusahaan dalam proses pemasaran adalah kondisi pasar yang sangat heterogen. Di mana, minat dan selera pasar sangat beragam. Dengan mengelompokkan konsumen yang sifatnya homogen, perusahaan akan lebih mudah untuk memahami apa yang diinginkan oleh konsumen. 

2. Meningkatkan Kualitas Pelayanan 

Salah satu hal krusial yang dinilah oleh konsumen adalah kualitas pelayanan. Dengan melakukan segmentasi pasar, perusahaan akan lebih mudah untuk memberikan pelayanan maksimal pada konsumennya. 

3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Strategi pemasaran pada pasar yang homogen, dapat lebih terarah. Dengan adanya pengelompokan pasar,maka perusahaan dapat lebih mudah untuk mengarahkan biaya pemasaran ke target pasar yang lebih menguntungkan. 

4. Mengenal Kompetitor 

Salah satu manfaat dari segmentasi pasar adalah dapat mengenal siapa yang menjadi kompetitor. Dengan begitu, perusahaan dapat mempelajari strategi apa saja yang digunakan oleh pesaing, dalam menarik minat calon konsumen. 

Manfaat Segmentasi Pasar 

Terbentuknya segmentasi pasar tentu bukan tanpa alasan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan jalannya strategi pemasaran. Berikut adalah manfaat yang diakibatkan oleh segmentasi pasar: 

  • Dapat merencanakan produk dengan lebih baik, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar. 
  • Menentukan cara promosi yang tepat. 
  • Menyalurkan modal ataupun usaha ke pasar potensial yag dapat menguntungkan bisnis. 
  • Penjual akan berada pada posisi yang cukup baik, agar mengerahkan dan membandingkan kesempatan atau harapan dalam pemasaran, sehingga mampu mempelajari setiap segmen. 
  • Penjual dapat memberikan insight untuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda. Sehingga dapat mengalokasikan anggaran dengan tepat. 
  •  Dapat memilih media iklan yang baik dan menemukan bagaimana cara mengalokasikan dengan baik. 
  • Sebagai acuan dalam evaluasi bisnis 
  • Segmentasi pasar sebagai perbandingan di pasar dan kompetitor yang sama. 
  • Dapat memberikan strategi komunikasi yang baik dan efektif. 

Kriteria Segmentasi Pasar 

Setiap perusahaan yang menjalankan segmentasi pasar, tentu harus melakukan identifikasi terhadap berbagai segmen atau kriteria yang paling menarik. Berikut adalah beberapa kriteria dari segmentasi pasar adalah sebagai berikut: 

Pemasaran Massal 

Pemasaran massal ditandai dengan produksi, distribusi, dan promosi massal sebuah produk ke ke konsumen. Sedangkan produk yang dipasarkan hanya satu jenis produk saja. Tujuannya tak lain adalah dapat memenuhi keinginan konsumen. Selain itu, untuk menghemat biaya produksi dan pemasaran. 

Pemasaran Produk yang Terdiferensiasi

Strategi pemasaran yang satu ini banyak digunakan oleh beragam perusahaan. Pemasar akan mencoba untuk mengidentifikasi berbagai jenis kelompok pembeli, dan membaginya menjadi dua kategori. 

Pemasaran Sasaran 

Yang dimaksud dengan pemasaran sasaran adalah pemusatan usaha pemasaran pada satu segmen pasar saja. Strategi pemasaran yang satu ini dilakukan dengan mengembangkan produk dan pembedanya. Serta, melakukan bauran pemasaran (marketing mix) untuk segmen tertentu saja. 

Setting Payment Setting Midtrans Mudah dan Cepat

Strategi pemasaran yang satu ini umum digunakan pada bisnis dengan tingkat persaingan yang ketat. 

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar 

Segmentasi pasar dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis segmentasi pasar: 

Geografis 

Jenis segmentasi yang pertama adalah berdasarkan geografis. Segmentasi ini dibagi berdasarkan daerah yang dianggap memiliki potensi terhadap produk yang akan dijual. Misalnya berdasarkan kota, negara, dan benua. 

Psikologis

Segmentasi pasar berdasarkan aspek psikologis umumnya berdasarkan reaksi pasar pada masa tertentu. Misalnya, berjualan masker di masa pandemi, tentu berbeda ketika berjualan barang yang sama di masa normal. 

Demografis

Segmentasi pasar jenis ini dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan. 

Sosial Budaya 

Segmentasi sosial budaya umumnya berdasarkan kriteria seperti: Kelas ekonomi, agama, adat istiadat. 

Hubungan Subyektif

Yang dimaksud dengan hubungan subyektif di sini lebih berdasarkan pada hal-hal bersifat personal, seperti: 

  • Tingkat penggunaan
  • Loyalitas pelanggan
  • Tingkat kesadaran

Situasi 

Segmentasi pasar yang satu ini, umumnya berdasarkan pada situasi yang terjadi pada saat-saat tertentu saja. Salah satu contoh yang paling mudah, ketika kamu menjual produk yang identik dengan momen hari besar keagamaan. 

Nilai Produk 

Segmentasi pasar yang satu ini berdasarkan nilai produk yang dianut oleh konsumen. Nilai produk sendiri meliputi: nilai fungsional, nilai sosial, dan nilai emosional. 

Penutup 

Untuk Kanca Jejualan yang sedang atau akan menjalankan bisnis, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah segmentasi pasar. Semoga artikel ini dapat memberikan insight baru tentang apa itu segmentasi pasar. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment