Bisnis ecommerce memiliki banyak bentuk dan manfaat yang sangat beragam. Karena itu, bagi anda yang ingin serius dalam menjalankan bisnis yang satu ini, sudah pasti ada beberapa hal dan juga persiapkan yang harus anda lakukan. Satu hal yang pasti, untuk bisa mendulang sukses yang besar, anda pun juga harus menghadapi beragam tantangan yang signifikan sekali. Disinilah tekad dan niat anda akan diuji. Jika anda bisa tahan uji maka hal tersebut akan memberikan pada anda manfaatnya.

Banyak orang yang mengenal tentang bisnis ecommerce sebagai sarana untuk berjual beli via online. Jawaban itu memang benar, tapi anda harus tau bahwa pengertiannya sebetulnya tidak melulu tentang itu saja. Ada banyak sekali penjabaran tentang bisnis ecommerce, misalnya mengenai sebuah teknologi informasi dan komunikasi yang mampu memberikan kemudahan antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksinya. Supaya anda tidak penasaran, simak selengkapnya di bawah ini.

Bisnis Ecommerce #1: Daftar Iklan Baris

Bentuk Bisnis Ecommerce Dan Manfaatnya

jejualan.com

Bisnis ecommerce yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Ini adalah sebuah bentuk sederhana dari layanan tersebut. Dimana iklan tersebut ditayangkan untuk mempermudah penjual mempromosikan sesuatu kepada pembelinya. Disini jasa yang bersangkutan atau penjual bersangkutan tidak terhubung langsung dengan pembeli. Mereka tapi bisa mempromosikan produk mereka dan pembeli bisa melihatnya. Dari sinilah pembuat bisnis ecommerce akan bisa menjadi penengah yang menjembatani penjual dan pembeli itu sendiri. Mereka akan mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang penjual. Semakin banyak yang dipasang, sudah pasti untungnya pun juga akan lebih banyak. Dalam hal tersebut metode transaksi ini kemudian dikenal sebagai COD atau cash on delievery yang merupakan salah satu cara paling terkenal. COD ini kemudian mempertemukan pembeli dan penjual untuk ketemuan di tempat dan melakukan transaksi tersebut. Tentu saja jenis bisnis ecommerce sudah banyak yang menerapkannya.

Bisnis Ecommerce #2: C2C Marketplace

Bisnis ecommerce bertipe marketplace C2C mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ya, ini adalah sebuah bisnis ecommerce yang terkenal karena mereka menjajakan transaksi keuangan via online. Jadi sudah bukan zamannya lagi hanya barang yang dijajakan. Layanan kemudahan transaksi uang pun juga diberikan. Disini keuntungannya adalah memberikan kemudahan dan keamanan transaksi. Artinya penjual pasti bisa mendapatkan uang dari pembeli, sementara pembeli pun bisa memastikan uang yang mereka transfer akan sampai ke tangan penjual dengan selamat. Disinilah uang tersebut awal mulanya akan disimpan di bank pihak ketiga. Kemudian jika semua transaksi sudah berjalan sesuai rencana maka bisnis ecommerce marketplace C2C ini akan mentransaksikannya sesuai ketentuan yang berlaku, contohnya jika transaksi gagal, maka uang akan kembali ke tangan pembel. Jika transaksi suskes maka uang akan langsung masuk ke rekening penjual. Sistemnya se-simple itu.

Bisnis Ecommerce #3: Shopping Mall

Bentuk Bisnis Ecommerce Dan Manfaatnya

jejualan.com

Bisnis ecommerce yang selanjutnya adalah tentang shopping mall. Di sini anda akan melihat bahwa bisnis ini melibatkan antara penjual yang memiliki brand ternama dengan pembeli. Dalam hal ini keuntungan akan bisa didapatkan secara signifikan. Pelaku dari bisnis ecommerce tersebut pun akan bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi penjualan tersebut. Bisnis tipe ini termasuk bisnis transaksi besar karena biasanya brand tersebut memiliki harga yang cukup mahal, misalnya produk jam tangan asli, pakaian fashion dari desainer ternama, dan lain sebagainya. Disinilah keuntungan yang didapatkan pun juga akan sangat besar sekali. Untuk sistem bisnis ecommerce yang satu ini pastinya lebih ketat lagi verifikasinya karena barang yang dijajakan juga bukan tipe barang yang sembarangan. Ada banyak sekali sejumlah ketentuan yang harus dilakukan. Namun, bisnis ecommerce tipe yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri sangat banyak terjadi di pasaran. Bagaimanapun juga orang pasti ingin memiliki brand ternama ketimbang brand imitasi, bukan?

Bisnis Ecommerce #4: Online Shop B2C

Bisnis ecommerce yang tak kalah pentingya adalah B2C. Dalam jenis bisnis yang saatu ini sama halnya dengan sebuah toko online. Jadi penjual membuat sebuah domain atau web tertentu yang menggambarkan mengenai jasa, layanan dan produk yang dijual. Mereka mengelola domain tersebut dengan bentuk tertentu kemudian melakukan promosi yang menyasar banyak pembeli. Disini mereka tentu saja akan bisa meng-handle semua transaksi sendiri. Satu hal yang pasti, kemungkinan penjual akan membutuhkan modal yang lebih besar lagi dalam pembuatan web tersebut. Tapi ini sepertinya bukan masalah karena dengan memiliki web tersebut maka anda akan bisa meningkatkan citra penjualan dengan mudah. Disini pembeli juga akan bisa langsung melihat toko online yang real dan nyata sehingga mereka tidak akan ragu dalam melakukan pembelian. Apalagi jika brand yang dibangun ternyata sudah dikenal oleh masyaratak sejak lama. Hal inilah yang memicu perlunya dibuat sebuah web untuk mendapatkan pondasi yang lebih kokoh lagi.

Bisnis Ecommerce #5: Toko Online Yang Dibangun Via Social Media

Bentuk Bisnis Ecommerce Dan Manfaatnya

jejualan.com

Bisnis ecommerce yang terakhir yaitu membangun sebuah onine shop di social media. Hal ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda karena tercatat sudah banyak yang melakukannya. Dua social media yang paling umum tersebut yakni Facebook dan juga Instagram. Dengan adanya social media tersebut, sudah pasti akan lebih banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Karena hampir banyak orang yang sudah punya sosmed di era modern ini untuk berbagi sesuai di timeline mereka. Disini sama halnya dengan para penjual yang akan bisa dengan mudah membagikan sesuatu di timeline mereka. Dari layanan yang tersedia di social media ini sudah pasti akan lebih banyak fleksibilitas yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Social media merupakan sebuah tempat terbesar yang mana bisa membuat anda bertemu banyak orang, jadi tidak ada salahnya jika melakukan promosi dengan segera didalamnya.

Baca Juga: Cara Mengembangkan Rencana Pemasaran Blog

Kesimpulan

Bisnis ecommerce tidak hanya sebatas sebuah layanan yang menjembatani penjual dan pembeli, atau dalam kasus ini adalah pihak ketiga dari transaksi jual beli yang dilakukan. Tapi hal ini juga merupakan sebuah pengertian yang lebih meluas lagi. Tapi yang patut anda lakukan adalah membuat sebuah laporan keuangan dari software akuntansi yang akan memudahkan anda untuk melakukan pengelolaan keuangan dalam setiap transaksi jual beli yang dilakukan. Dengan cara tersebut maka laporan akan bisa dibuat secara mudah, aman dan cepat, serta juga akan semakin nyaman untuk diterapkan didalamnya. Hal ini pastinya akan memberikan lebih banyak kemudahan yang anda butuhkan.

Tak perlu heran jika bisnis yang satu ini telah menjamur di kalangan masyarakat karena semua orang kini sudah melek teknologi sehingga semua informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui fitur mesin pencari, termasuk saat mencari produk dan jasa yang dibutuhkan. Mereka akan bisa membelinya dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini tentu saja akan memberikan banyak kemudahan yang lebih signifikan.

Send Comment