Pada zaman sekarang, ada cukup banyak peluang bisnis yang bisa dicoba. Dan salah satunya adalah bisnis digital printing. Ya, bisnis ini tergolong menjanjikan, karena permintaan akan produk-produk digital printing semakin tinggi. 

Bisnis digital printing dinilai memiliki prospek yang bagus karena didukung oleh perkembangan teknologi yang memang semakin canggih. Hal yang menarik adalah, pelaku usaha yang menggeluti usaha digital printing sendiri masih belum terlalu banyak. Dengan demikian, peluang untuk bisa sukses di bisnis ini masih cukup besar. 

Lantas, apa saja sih hasil produksi dari mesin digital printing? Banyak hal visual yang dengan mudah kita temui hari ini adalah hasil dari produksi digital printing. Beberapa diantaranya adalah kaos, mug, kartu undangan, kartu nama, spanduk, brosur, pamflet, ,baliho, billboard, dan masih banyak lagi lainnya. 

Karena itu pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kamu, Kanca Jejualan tentang tips membangun bisnis digital printing untuk pemula. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Tips Membangun Bisnis Digital Printing Untuk Pemula 

Kalau Kamu ingin memulai bisnis yang bergerak pada digital printing dari awal sekali, berikut ini adalah tips-tips yang bisa Kamu simak: 

1. Menentukan Segmentasi Pasar 

Hal pertama yang harus Kamu perhatikan sebelum memulai usaha digital printing adalah menentukan segmen pasar yang ingin dibidik secara spesifik. Di bisnis digital printing, terdapat beberapa target pasar yang bisa dibidik. Mulai dari klien corporate, retail, atau pemesanan custom secara personal. Masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Klien dari perusahaan atau corporate, biasanya memesan dalam jumlah besar. Hanya saja, proses pembayarannya bisa saja lebih lama. Demikian pula, spesifikasi pemesanan akan lebih rumit. Dan pastinya, Kamu dituntut untuk selalu memberikan kualitas produk dan layanan terbaik. 

Baca Juga : Rahasia Memulai Bisnis Kaos Distro Merek Sendiri

Sedangkan untuk klien retail, biasanya mengorder dalam jumlah yang lebih kecil. Dan kadang permintaannya sangat variatif. Yang menjadi keunggulan dari klien retail adalah pembayarannya yang lebih cepat dan pastinya kontan. 

Pun dengan klien personal yang biasanya memesan untuk keperluan pribadi. Sehingga lebih sering untuk custom. Keuntungannya adalah sifat order ini lebih santai. Tetapi jumlah orderannya juga satuan. 

Dari segi target, Kamu harus menentukan, apakah mengincar pasar low price atau justru sebaliknya. Hal ini akan sangat berkaitan dengan kualitas produksi, layanan yang tersedia, dan waktu pengerjaan. 

2. Mempersiapkan Modal 

Tips membangun bisnis digital printing selanjutnya adalah modal. Untuk memulai bisnis, modal yang Kamu butuhkan tentu tidak sedikit. Hal esensial yang harus Kamu siapkan antara lain, perangkat elektronik seperti komputer dengan sistem grafis mumpuni. Juga printer yang mumpuni untuk kerja-kerja berat. 

Harga satu unit komputer untuk usaha digital printing dengan spesifikasi minimal berada di rentang harga 5 juta sampai 10 juta rupiah. Sedangkan untuk alat digital printing sendiri harganya bisa sampai puluhan juta. Pemilihan perangkat ini bisa disesuaikan dengan target pasar yang Kamu pilih. 

3. Lokasi Bisnis 

Untuk membuka jasa digital printing, Kamu membutuhkan tempat yang luas. Ya, ini karena mesin digital printing memiliki ukuran yang cukup besar dan lebar, sehingga akan memakan banyak tempat. Selain untuk mesin, Kamu juga harus menyediakan ruang lain untuk proses finishing. 

Tak harus luas, setidaknya, order dapat dikerjakan dengan nyaman di dua ruangan tersebut. Jangan lupa untuk menyediakan pendingin ruangan, karena mesin digital printing harus dioperasikan di suhu antara 20-15 derajat celcius. 

Agar dapat dengan mudah mengerjakan order dalam jumlah besar, pilihlah lokasi bisnis yang strategis dan mudah dijangkau. Mobilisasi lancar dan klien akan dengan mudah menemukanmu. 

4. Memiliki Dana Operasional 

Yang namanya menjalankan usaha, selain modal, Kamu juga harus memiliki dana operasional. Dana operasional adalah dana yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari. Misalnya untuk pembelian bahan baku, biaya perawatan perangkat, dan gaji karyawan. 

Pastikan dana operasional tersebut tidak terlalu mepet agar Kamu tetap bisa mempertahankan kualitas produk. 

5. Memilih Karyawan

Mempekerjakan karyawan akan membuat beban kerja lebih ringan. Namun, berarti Kamu harus siap dengan tanggung jawab sebagai seorang pemberi kerja. Yaitu memberikan gaji dan beragam fasilitas lainnya. Maka dari itu, Kamu harus bisa menentukan beban kerja dan biaya yang harus dikeluarkan. Kalau memang beban kerja belum terlalu banyak, hindari untuk merekrut terlalu banyak karyawan. 

Baca Juga : 10 Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik, Salah Satunya dari Indonesia

Yang juga harus diperhatikan pula adalah keahlian sang karyawan. Karena ini adalah bisnis digital printing, minimal kamu butuh karyawan yang mahir dalam desain grafis dan terampil mengoperasikan mesin digital printing. 

6. Menentukan Strategi Promosi yang Tepat 

Agar dikenal banyak orang, sudah sewajarnya setiap bisnis harus melakukan strategi promosi yang tepat. Selain agar dikenal banyak orang, kegiatan pemasaran juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Namun tak jarang, banyak pebisnis yang terjebak menghamburkan  uang saat melakukan strategi pemasaran.

Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan strategi marketing yang tepat, dengan biaya yang lebih terjangkau. Contohnya,saat Kamu memilih promosi via sosial media. Misalnya, berikan diskon atau ekstra menu pada pelanggan dengan mengajak mereka untuk memberikan ulasan pada bisnis Anda di media sosial.

Dengan menggunakan strategi ini, selain membuat bisnismu lebih terlihat, audiens pun akan merasa lebih yakin karena ulasan atau testimoni adalah benar-benar dari konsumen yang memiliki pengalaman menggunakan jasa digital printingmu. 

7. Memberikan Pelayanan Terbaik 

Pelayanan kepada pelanggan adalah sesuatu yang dapat diusahakan tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah, tentu pelanggan akan merasa nyaman untuk menggunakan jasa digital printingmu. 

Dan yang namanya bisnis di bidang jasa, tentu tak akan lepas dari keluhan pelanggan. Berbagai keluhan tersebut harus Kamu jawab dengan pelayanan yang ramah. Pelayanan ramah ini bisa terlihat dari bagaimana Kamu memberikan solusi pada pelanggan dengan lembut, tulus, dan dengan intonasi yang sabar. 

Jika pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan yang Kamu berikan, bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi, dan merekomendasikan bisnismu pada teman dan kerabat yang lain. Istilahnya, pemasaran dari mulut ke mulut, gratis, tapi memiliki dampak yang luar biasa. 

Penutup 

Bisnis digital printing masih sangat prospektif karena tren permintaanya akan semakin berkembang. Walaupun modal awalnya tampak besar, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan asal bisa mengelola dengan tepat. 

Wujudkan ide bisnis Anda dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment