Bisnis ecommerce dan online shop tidaklah sama. Masih banyak orang yang salah mengartikan keduanya. Banyak yang mengira dua-duanya sama memiliki arti toko online. Padahal tidak demikian. Dalam arti yang luas bisnis ecommerce dan juga toko online sebetulnya berjalan beriringan satu sama lain. Ecommerce merupakan lapak tempat bagi para pemilik toko online untuk melakukan transaksi jual beli dengan customer. Sementara toko online adalah orang yang menjual barang atau jasa kepada pelanggan. Jadi ecommerce sama halnya dengan rumah atau mall tempat orang-orang menjajakan barang jualamnya.

Perkembangan dari bisnis ecommerce dan toko online di Indonesia saat ini tengah berada di titik puncaknya. Bahkan diprediksi puncak dari popularitas ini akan terus bertahan sampai bertahun-tahun kedepan. Kenapa? Karena dengan adanya bisnis ecommerce ini orang bisa menemukan banyak lapak produk atau jasa yang diinginkan. Ditambah lagi, hal tersebut juga semakin dipremudah dengan adanya transaksi jual beli yang aman. Semua orang sudah mulai jarang datang ke toko fisik langsung untuk membeli barang atau jasa. Mereka cenderung membeli semuanya secara online di internet.

Dengan cara tersebut, tak heran apabila banyak orang yang lebih suka membeli barang di dunia maya. Pasalnya hal ini juga berpengaruh dari segi efisiensi waktu. Nama lain dari bisnis ecommerce ini sendiri adalah Marketplace. Di Indonesia ada banyak marketplace terkenal yang bisa ditemukan misalnya. Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Sementara itu, ada juga marketplace untuk kancah internasional seperti Amazon, eBay, Alibaba, dan lain sebagainya. Nama-nama ini pastinya sudah tak asing lagi di telinga anda. Dengan semakin menjamurnya bisnis ecommerce ini di Indonesia, maka memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi orang-orang untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya di daerah anda tidak ada produk atau barang tertentu. Namun, dengan menggunakan teknologi toko online, Anda akan bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan mudah. Nantinya produk tersebut akan dikirimkan via jasa pengiriman yang tersedia.

Apa Itu Bisnis Ecommerce Atau Marketplace?

 

Bisnis ecommerce

jejualan.com

Marketplace adalah situs yang bertindak sebagai perantara bagi pembeli dan penjual untuk berinteraksi satu sama lain. Disinilah proses jual beli akan bisa terjadi dengan mudahnya. Karena transaksi yang terjadi menggunakan metode online, masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang keamanan yang ada didalamnya. Karena itu orang cenderung membeli via marketplace ketimbang toko online-nya langsung. Jadi inilah yang menyebabkan bisnis ecommerce tumbuh subur. Karena keamanan yang disediakan didalamnya juga akan kian terjamin. Disinilah penjual atau pemilik online shop banyak yang menjajakan produk yang mereka miliki.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ecommerce ini yaitu pembeli tidak bisa melakukan tawar menawar. Artinya mereka harus membeli sesuai dengan harga yang tertera. Namun, hal tersebut rasanya bukan masalah mengingat sebagian pembeli cenderung ingin mendapatkan produk tersebut tanpa khawatir dengan harganya. Perbedaan yang mencolok dari beli secara cash langsung di toko fisik dan beli via internet adalah pembeli harus sedikit bersabar. Kenapa? Karena mereka tidak akan bisa mendapatkannya secara langsung. Apalagi jika penjual berada jauh berbeda kota dengan pembeli. Butuh waktu pengiriman tertentu untuk membuat barang sampai tujuan.

Baca Juga: Ide UKM Untuk Pebisnis Pemula

Tapi keuntungannya adalah pembeli bisa melihat langsung seperti apa barang yang akan mereka dapatkan. Selanjutnya, penjual juga biasanya mencantumkan spesifikasi dan deskripsi produk yang mereka jual. Hal ini akan menambah informasi yang dibutuhkan pembeli. Mereka pun bisa tau mana produk yang mereka inginkan beserta spesifikasi tertentu, misalnya warna, ukuran, motif, dan lain sebagainya. Semua ada lengkap jika membelinya di bisnis ecommerce.

Apa Itu Online Shop?

 

Bisnis ecommerce

jejualan.com

Online shop merupakan sebuah platform jual beli online yang tersedia di internet. Disinilah penjual akan menjualkan produk atau jasa yang dimilikinya secara langsung kepada customer tanpa perantara atau bisnis ecommerce. Meskipun animo masyarakat yang membeli di bisnis ecommerce saat ini sudah banyak, masih ada beberapa orang yang membeli produk tersebut langsung via toko online atau online shop. Kenapa demikian? Hal ini jelas dikarenakan pemilik toko online tersebut sudah punya reputasi yang bagus. Alhasil, pembeli akan lebih percaya jika beli di online shop ketimbang di bisnis ecommerce.

Contoh paling nyata bisa dilihat dari online shop yang menjual barang original atau benar-benar asli seperti toko jam tangan asli, toko produk elektronik dengan merk tertentu, dan lain sebagainya. Bahkan biasanya jika beli di toko online-nya langsung harga bisa sedikit lebih miring atau terjangkau. Tentu saja kredibilitas juga akan meningkat dengan memiliki online shop sendiri. Orang akan cenderung terkesan dengan produk yang dijual dari pemilik website toko online, ketimbang mereka yang hanya memiliki toko online berbentuk social media. Seperti yang kita ketahui banyak promo atau kampanya dilakukan via social media seperti Facebook Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Mana Yang Paling Bagus? Berjualan Via Toko Online atau Marketplace?

Bisnis ecommerce yang menjamur memudahkan banyak orang untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Lalu mana tempat jualan yang paling bagus? Apakah via online shop atau marketplace. Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu saja anda harus mengetahui sendiri apa produk yang anda jual kepada pelanggan. Bagi anda yang merasa sebagai startup atau masih pemula, alangkah baiknya jika menjual produk tersebut via marketplace atau bisnis ecommerce saja. Kenapa? Karena hal ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan pelanggan tetap. Pasang juga harga yang sesuai dengan harga pasar saat ini atau setidaknya harga yang kompetitif mudah dijangkau pembeli. Tapi jika anda pemilik produk atau merk yang berkualitas dan sudah dikenal banyak orang, kemungkinan menjualnya lewat toko online saja sudah cukup. Anda sudah punya pembeli tetap yang ingin mendapatkan produk berkualitas dari anda.

Keuntungan Memiliki Toko Online

 

Bisnis ecommerce

jejualan.com

Online shop merupakan bentuk kredibilitas dan profesionalitas anda dalam melayani pelanggan di era yang semakin canggih ini. Teknologi memudahkan semua orang mendapatkan produk yang diinginkan. Bahkan semua orang kini bisa berjualan dengan mudah tanpa perlu harus bertemu langsung dengan pembelinya. Semua transaksi dilakukan dengan lebih cepat dan tertata rapi. Dengan mengelola sebuah online shop, kemudian memasarkan produk melalui bisnis ecommerce, maka anda sudah bisa mendapatkan pelanggan tetap dalam sekejap. Penting sekali memiliki toko online sendiri.

Pasalnya, hal ini akan memudahkan bagi anda untuk menjalankan bisnis. Seperti yang diketahui bahwa menjalankan sebuah bisnis butuh usaha dan juga perjuangan. Melalui online shop, semua impian bisa terwujud. Anda juga bisa membantu pembeli mendapatkan produk spesifik dari anda. Penjual juga tak perlu khawatir karena market atau pasar untuk mempromosikan produk selalu ada. Apalagi dengan jumlah penduduk di kancah lokal dan internasional yang semakin banyak saat ini. Pasti ada yang membeli produk anda.

Send Comment

Captcha *