Bisnis fashion merupakan sebuah jenis bisnis yang banyak dilakukan oleh setiap orang. Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dari menjalankan bisnis ini. Pasalnya market untuk bisnis ini selalu tetap ada kapan saja dan dimana saja. Asalkan anda memiliki produk yang terupdate sudah pasti akan banyak keuntungan yang bisa anda peroleh didalamnya. Tapi sebagai sebuah binis yang banyak dijalankan oleh orang-orang, tentu saja anda harus tau bahwa modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Guna mencapai sukses dalam bisnis fashion ada berbagai upaya yang harus dilakukan, salah satunya adalah dengan memiliki karakter yang gigih dan tidak mudah menyerah.

Bisnis fashion adalah sebuah andalan karena jika disini anda bisa sukses maka keuntungan akan bisa anda dapatkan dengan mudah. Sebelum memulai bisnis jenis yang satu ini, sudah pasti ada beberapa hal yang harus anda persiapkan, salah satunya adalah menerapkan sistem SWOT untuk bisa menganalisa bisnis fashion yang anda jalankan tersebut. Dengan melakukan riset atau analisa sebelumnya, sudah pasti akan lebih banyak yang akan mampu anda dapatkan di dalamnya. Berikut adalah beberapa hal tentang analisa SWOT yang harus anda terapkan dalam bisnis fashion itu sendiri. SWOT adalah kepanjangan dari strength, weakness, opportunity dan juga threats.

Strength Dalam Bisnis Fashion

Tips Menjalankan Bisnis Fashion Dengan Analisa SWOT

jejualan.com

Bisnis fashion juga berkaitan dengan analisa untuk hal strength atau kekuatan. Yang harus anda ketahui dalam bisnis ini adalah bagaimana caranya anda tahu kekuatan dari bisnis yang anda kalankan tersebut. Berikut adalah beberapa keunggulan yang harus anda analisa tersebut. Pertama adalah segi pelayanan yang diberikan. Misalnya apakah anda menggunakan pelayanan dengan optimasi software atau anda melakukannya dengan manual. Seperti yang anda ketahui bahwa dalam bisnis fashion tersebut, anda harus mengurus banyak produk yang signifikan.

Kalau anda pakai cara manual, anda harus siap untuk bekerja keras. Kedua, hal lain yang menjadi strength adalah dimana lokasi anda menjajakan produk tersebut. Lokasi juga adalah sebuah hal penting karena ini akan memudahkan masyarakat dalam mengakses toko anda tersebut. Jika anda berada di lokasi yang strategis, maka mereka akan dengan mudah mendapatkan produk yang anda butuhkan tersebut. Ketiga, anda juga harus paham bahwa daya beli masyarakat yang akan membeli produk bisnis fashion anda tersebut.  Yang jelas apabila anda menjual brand yang ternama maka anda akan melihat produk tersebut hanya bisa dibeli kalangan tertentu.

Weakness

Bisnis fashion juga berkaitan tentang analisa mengenai weakness tersebut atau yang biasa disebut sebagai kelemahan. Dalam hal ini, anda harus tau bahwa konsep bisnis yang anda jalankan tersebut sudah pas atau belum. Ada kalanya kelemahan anda nantinya adalah modal yang harus anda persiapkan. Apakah modal tersebut cukup untuk menunjang semua aktivitas dari bisnis anda. Misalnya apakah anda sudah punya fasilitas berupa kamar pas, patung modal, gantungan pakaian untuk dijual dan masih banyak lagi yang lain.

Weakness juga menyangkut mengenai seberapa besar daya saing dalam bisnis fashion yang aktual anda dapatkan. Jadi jangan dikira anda akan menjalankan bisnis ini seorang diri karena diluar sana ada banyak sekali orang yang akan menjual produk mereka ke pasaran dengan gaya yang sama dengan anda. Sebaiknya anda mempelajari bagaimana pesaing anda tersebut bisa lebih unggul dari anda dan sistem jualan seperti apa yang mereka terapkan.

Opportunity atau Peluang

Tips Menjalankan Bisnis Fashion Dengan Analisa SWOT

jejualan.com

Bisnis fashion juga berkaitan dengan peluang yang akan bisa anda dapatkan di masa mendatang. Dalam analisa SWOT, hal ini disebut sebagai opportunity atau peluang yang akan muncul dalam bisnis anda tersebut. Disini anda harus mempertimbangkan beberapa kondisi antara lain kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan tempat tinggal anda, dan lain sebagainya. Yang jelas dalam bisnis ini tak sekedar dibutuhkan modal saja, tapi anda pun juga harus mantap dalam menerapkan kreativitas dan inovasi. Semua itu nantinya akan menjadi acuan bagi anda supaya bisa sukses dalam berjaya dalam bisnis tersebut.

Bisnis fashion juga berkaitan dengan momen kapan anda menjual pakaian tersebut. Hal ini akan bisa membuat anda mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Misalnya anda menjual pakaian tertentu dalam rangka merayakan momen natal dan tahun baru, atau merayakan momen hari besar lainnya. Tentu saja ini akan membuat banyak orang search atau mencari produk anda tersebut.  Dengan adanya cara ini sudah pasti akan lebih banyak keuntungan dan manfaat yang akan bisa anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan ledakan pembeli yang sangat banyak karena unggul dalam hal memanfaatkan opportunity yang ada di depan mata tersebut.

Threats atau Ancaman

Dalam analisa SWOT untuk bisnis fashion, anda juga harus paham mengenai adanya threats atau ancaman yang akan siap menghadang anda dalam bisnis tersebut. Berbagai gangguan yang bisa saja terjadi antara lain bencana alam, tindakan criminal, huru-hara, dan lain sebagainya. Misalnya anda punya toko yang tinggal dekat dengan stadion atau tempat umum, maka hal tersebut akan berpotensi terjadi aksi criminal karena ramai dengan orang-orang. Secara psikologis tentunya ada banyak tantangan yang harus anda hadapi.

Threats lainnya yang kemungkinan bisa anda temukan dalam bisnis fashion tersebut adalah golongan ekonomi yang nantinya akan menjadi pelanggan anda. Kalau anda mengincar golongan kelas atas, sudah pasti anda harus menyajikan produk yang benar-benar unggul dalam hal kualitas. Pasalnya, mereka bukan orang biasa. Mereka adalah orang yang benar-benar sangat picky atau selekti ddalam memilih produk yang mereka inginkan. Tapi jika anda mampu mengatasi hal tersebut maka peluang mereka jadi pelanggan tetap anda akan semakin tinggi. Lalu bagaimana dengan golongan ekomomi yang menengah ke bawah dan ke atas? Anda harus pandai dalam menentukan siapa yang nantinya akan jadi target pelanggan anda. Jika mampu melakukannya dengan bak, sudah pasti akan lebih banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Cara Mengembangkan Rencana Pemasaran Blog

Tips Menjalankan Bisnis Fashion Dengan Analisa SWOT

Tips Menjalankan Bisnis Fashion Dengan Analisa SWOT

jejualan.com

Bisnis fashion akan bisa anda terapkan dengan gaya dan analisa SWOT jika anda mampu mempersiapkan semuanya dengan baik. Beberapa tips yang perlu anda persiapkan antara lain melihat apa aja potensi kelemahan yang bisa terjadi dalam bisnis anda tersebut. Kemudian anda juga harus melihat beberapa hal yang sekiranya bisa meningkatkan kekuatan dari bisnis anda tersebut, misalnya memiliki sebuah website, dan lain sebagainya. Lalu jangan sampai anda melewatkan peluang hari-hari penting dan khusus. Terkadang dalam momen tersebut, anda akan punya peluang yang lebih besar untuk bisa mendapatkan pembelli lebih banyak yang anda buuhkan. Ada beberapa hal yang memang harus anda persiapkan selain modal, yakni strategi dan analisa yang akan bisa mengoptimalkan daya saing anda dalam bisnis tersebut. Yang pasti selalu berikan yang terbaik kepada pelanggan anda.

Send Comment