Industri produk kosmetik tumbuh dengan pesat. Permintaan untuk semua jenis produk kosmetik terus meningkat. Peminatnya dari beragam kelas masyarakat. Mulai dari masyarakat ekonomi atas, hingga yang ekonomi rendah. Pun, permintaan akan kosmetik premiumjuga semakin berkembang.

Industri kosmetik sendiri terdiri dari beragam jenis bisnis. Mulai dari klinik anti aging, aromaterapi, salon kecantikan, spa, dan toko kosmetik. Bahkan, salon dan bisnis tata rias juga jadi bagian dari industri kecantikan. Kalau Anda berencana membuka bisnis kosmetik, sangat terbuka peluang asal Anda melakukannya dengan terencana.

Berbicara tentang menjaga kesehatan kulit, kini bukan lagi menjadi monopoli kaum wanita. Kini, tak sedikit kaum pria yang sudah mulai peduli dengan perawatan tubuh dengan menggunakan produk-produk kosmetik dan perawatan kulit.

Kita bisa artikan ini sebagai tanda bahwa pangsa pasar bisnis kecantikan semakin luas. Membuka bisnis poduk perawatan kulit dapat menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Terlebih lagi, kans untuk terjun ke bisnis kosmetik juga juga dipermudah dengan adanya trend jual beli online.

Pertanyaanya adalah, bagaimana cara memulai bisnis kosmetika tanpa harus memiliki pengalaman? Apa iya, kita bisa berhasil meskipun belum pernah memiliki pengetahuan dan pengalaman di industri kecantikan? Semuanya bisa terjadi, jika dapat menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

Tips Sukses Bisnis Kosmetik Tanpa Pengalaman

bisnis kosmetik tanpa pengalaman

Bisnis kosmetik diperkirakan akan menjadi garda depan dalam industri ritel pada beberapa tahun ke depan. Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis ini. Berikut ini adalah tips sukses bisnis kosmetik tanpa pengalaman:

1. Mengikuti Tren dan Pahami Keinginan Konsumen

Salah satu hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika akan terjun ke bisnis kosmetik adalah mengetahui trend yang sedang terjadi. Anda bisa berkiblat pada trend yang ada. Apakah ingin menganut trend kecantikan ala Korea, Jepang, atau bahkan Amerika. Terlebih lagi, trend produk kosmetik juga rutin mengalami perubahan setiap waktu.

Mari ambil contoh kurun waktu tiga tahun terakhir. Sejak meledaknya gelombang Korean Wave atau Hallyu, trend kecantikan mendadak mengikuti gaya-gaya ala Korea yang serba glowing-glowing. Namun kini, trend tersebut mulai bergeser. Mendekati pergantian tahun 2021, gaya natural look mulai mendapatkan tempat.

Baca Juga : Cara Meyakinkan Konsumen Agar Membeli Produk Anda

2. Mempersiapkan Modal

Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kosmetik untuk para pemula? Untuk bisa terjun ke bisnis ini, tidak selamanya membutuhkan modal yang sangat besar. Mari ambil contoh bisnis masker wajah. Tak perlu modal kelewat besar untuk masuk ke bisnis ini. Hanya dengan modal 5 juta rupiah, Anda sudah bisa memulai bisnis kosmetik dengan modal dan pengalaman yang minim.

3. Mengurus Perizinan Bisnis Kosmetika Anda

bisnis kosmetik tanpa pengalaman

Dalam bisnis kosmetik, Anda perlu untuk mengurus perizinan yang berkaitan dengan bisnis.Hal ini untuk menjamin legalitas bisnis Anda. Agar bisnis kosmetik Anda dipercaya pasar dan mendapatkan kredibilitas yang baik.

Perizinan yang sebaiknya Anda urus misalnya izin usaha dari pemda setempat. Jangan lupakan juga untuk mengurus perizinan di BPOM dan dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

4. Mencari Koneksi

“Dari mana saya harus memulainya?”

Pertanyaan ini seringkali muncul saat seseorang memiliki minat untuk berbisnis. Untuk menjawab hal tersebut, Anda bisa masuk ke forum-forum UMKM yang kini tersebar di berbagai kota. Komunitas UMKM biasanya rutin mengadakan pameran perdagangan. Dari sana, Anda bisa mempelajari apa saja yang dibutuhkan untuk masuk ke industri kecantikan.

5. Menemukan Mitra Bisnis yang Tepat

Setelah mendapatkan inspirasi di pameran produk kecantikan, Anda bisa menemukan pihak yang menjadi rekanan untuk produk kosmetik Anda. Misalnya Anda mencari laboratorium yang tepat merupakan langkah awal yang perlu Anda lakukan.

Pilihlah mitra kerja yang sesuai dengan visi Anda. Walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan kimia, bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih mitra bisnis.

Pemilihan mitra juga bisa mempengaruhi kualitas bahan. Anda misalnya bisa menjual berbagai macam masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia.

Untuk mencerahkan kulit contohnya. Bengkoang bisa dipilih sebagai bahan utama yang digunakan.Bengkoang dipercaya dapa membuat kulit lebih cerah, sehingga cocok dijadikan masker wajah.

Kemudian untuk yang memiliki wajah yang mudah berjerawat. Masker berbahan dasar sulfur diyakini sebagai bahan yang mujarab untuk mencegah dan mengobati jerawat.

Dan hidup di negara tropis seperti Indonesia, dengan paparan matahari yang tinggi sepanjang tahun jug menjadikan wajah mudah berminyak. Bahan campuran oatmeal dan madu dipercaya bisa mengurangi minyak pada wajah.

6. Menentukan Cara Menjual Produk

Saat memulai bisnis kosmetik, langkah yang juga tak kalah penting adalah menemukan cara menjual produk yang tepat. Jika Anda ingin menjual produk secara offline, pastikan gerai Anda mudah dijangkau target pasar Anda.

Jika Anda ingin menjual produk secara online, Anda bisa bergabung ke situs ecommerce atau bahkan membuat website toko online sendiri. Memiliki web tok online sendiri akan memberikan Anda kebebasan dalam mengelola bisnis.

7. Melakukan Promosi

Pada bisnis apapun, pemasaran adalah ujung tombak bagi kelangsungan sebuah bisnis. Sebagus apapun produk yang Anda jual, tidak akan jadi apa-apa jika aktivitas pemasaran berjalan buruk.

Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk melalukan promosi dengan maksimal. Tinggalkan sikap malas upload produk foto kosmetik Anda di berbagai kanal media sosial.

Prospek Bisnis Kosmetik Indonesia

bisnis kosmetik tanpa pengalaman

Tak bisa dipungkiri, saat ini bisnis skincare adalah bisnis yang menjanjikan. Baik di masa sekarang maupun dimasa depan. Terlebih bagi kaum perempuan, merawat diri, terutama wajah dianggap sebagai investasi kecantikan di masa mendatang. Perawatan wajah sudah dianggap sebagai kebutuhan pokok.

Tak hanya wanita, pria juga rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memiliki penampilan wajah yang bersih, dan tentu saja menarik. Hal ini membuat bisnis skincare menjadi sebuah bisnis dengan prospek yang menarik. Peluang bisnis skincare bisa dikatakan masih cukup cerah di tengah situasi ekonomi negeri yang morat-marit dihantam pandemi.

Penutup

Kosmetik bukan lagi monopoli wanita, dan sangat identik dengan aktivitas belanja yang seakan menjadi kebutuhan utama. Tapi juga para pria. Untuk mendukung hal ini, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa permintaan akan produk kecantikan di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Memulai bisnis kosmetik tanpa pengalaman? Siapa takut!

Mau bisnis skincare Anda berkembang lebih besar dan bebas mengaturnya? Tunggu apalagi, buat website toko online Anda sekarang juga bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

 

 

 

 

 

Send Comment