Semakin cepatnya perkembangan teknologi internet membuka berbagai peluang baru yang sebelumnya tidak pernah ada dalam bentuk bisnis online. Hampir semua bisnis dewasa ini bisa dilakukan secara online. Mulai dari toko pakaian online, pemesanan tiket online, hingga bimbigan belajar online pun ada. Ya, bimbingan belajar telah lama menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia sejak lama. Hanya saja sejak munculnya era internet, terjadi perubahan pola bisnis pada bisnis bimbingan belajar tersebut. Kini mulai marak kursus online rumahan.

Sejak kemunculannya pertama kali di Indonesia pada tahun 1990-an, bisnis bimbingan belajar dengan cepat menyebar ke berbagai penjuru Indonesia. Dari yang kecil, hingga bimbingan belajar dengan kapital besar yang sudah sangat familiar dengan kehidupan kita, terutama yang berstatus pelajar. Dan kini perilaku konsumen yang cenderung semua serba online mengharuskan banyak Lembaga bimbingan belajar beradaptasi dengan perubahan tersebut. Kanca Jejualan, berikut adalah tips memulasi bisnis kursus online rumahan yang harus Anda ketahui.

Internet membuat siapapun kini bisa membuat bisnis kursus online rumahan sendiri. Tentu membutuhkan keuletan dan perhitungan yang memadai agar semua yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Tips Memulai Bisnis Kursus Online Rumahan

Catatan Sebelum membuka usaha les privat:

  1. Agar bisnis ini berjalan maju, sebaiknya sejal awal menentukan target pasar pada anak-anak. Mulai usia SD, SMP, hingga SMA. Hal ini karena pada jenjang Pendidikan tersebut membutuhkan jasa les privat atau bimbingan belajar khusus di luar sekolah.
  2. Yang kedua adalah memiliki pengetahuan dan pemahaman mendalam pada bidang-bidang tertentu. Bila Anda memiliki pengetahuan mendalam di mata pelajaran fisika, bukalah les provat khusus untuk fisika. Dan jika Anda ingin melengkapi materi dan mata pelajaran lain, Anda bisa mengajak partnet untuk berkolaborasi atau mempekerjakan orang yang ahli dibidangnya.

Cara Membuka Les Privat

Bisnis les privat adalah bisnis yang selalu memiliki peminat. Terutama untuk mata pelajaran tertentu yang menjadi menu utama pada ujian nasional atau seleksi penerimaan mahasiswa baru. Dan teknologi memudahkan Anda untuk membuka bisnis les privat dan bisa dilakukan secara online.

Berikut adalah tips memulai bisnis les privat:

  1. Menentukan Konsep Usaha Les Privat

Agar lebih mudah dalam mengembangkan bisnis, Anda harus mengetahui konsep apa yang ingin Anda gunakan dalam bisnis yang Anda jalankan. Apakah memakai konsep franchise atau dengan memulai sendiri. Setiap model memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika bermodel franchise tentu akan semakin modal yang Anda perlukan untuk memulainya, namun lebih mudah dalam proses pemasaran. Sedangkan jika membuka bisnis kursus sendiri, modal yang Anda butuhkan memang lebih kecil, namun akan penuh tantangan pada aspek pemasaran.

  1. Melakukan Riset Pasar

Tips membuka kursus online selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Ini adalah langkah wajib yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis apapun, sekalipun adalah bisnis kursus online dan les privat. Ini bertujuan untuk menentukan siapa konsumen bisnis kursus online yang Anda jalankan.

Penentuan konsumen ini bisa dilakuan berdasarkan tingkat Pendidikan. Jadi ada konsumen yang berasal dari kalangan siswa SD, SMP, hingga SMA. Lalu setelah menentukan konsumen yang dibidik, sekarang yang harus disadari bahwa Anda kini adalah seorang pendidik. Jadi Anda harus memastikan bagaimana caranya agar peserta didik memahami apa yang Anda sampaikan, tak semata soal bisnis saja.

  1. Persiapkan SDM yang Memadai

Tips Memulai Bisnis Kursus Online Rumahan

Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten adalah sebuah keharusan. Terutama dalam hal mendidik. Anda juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar materi yang disampaikan lebih mudah oleh dipahami siswa. Selain itu, memotivasi diri sendiri juga tak kalah penting dilakukan karena pekerjaan menjadi pendidik adalah sesuatu yang penuh dengan tantangan.

Selain Anda sendiri, pengajar dan staf adalah SDM yang harus Anda persiapkan. Anda bisa merekrut tenaga pengajar dari kampus atau sekolah-sekolah ternama. Gunakan juga lingkaran alumni sekolah atau kampus tempat Anda dulu berkuliah. Hal ini akan memudahkan untuk mengetahui kompetensi pengajar di les privat Anda.

  1. Menciptakan Image yang Berbeda

Brand image sangat penting agar orang melirik bisnis Anda. Ciptakan image yang berbeda, tak tidak dimiliki oleh bisnis sejenis lainnya. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan memberikan penawaran program yang menarik. Misalnya dengan memberikan simulasi SBMPTN atau Ujian Nasional gratis. Dan menjelang tahun ajaran baru, branding menggunakan cara ini sangat umum digunakan.

  1. Lakukan Promosi

Promosi menjadi hal yang penting dalam membuka bisnis les privat. Tanpa adanya promosi, bisnis les privat Anda tak akan dikenal banyak orang. Ada banyak cara promosi yang bisa Anda lakukan. Bisa offline, dan online.

Untuk promosi online, Anda bisa menggunakan media social yang saat ini digandrungi banyak orang. Anda bisa menawarkan jasa Anda di berbagai forum Facebook, atau memposting konten yang menarik di Instagram dan twitter. Jangan pula lupakan website. Bagi Anda yang bekecimpung di bisnis kursus online dan les privat sangat dianjurkan untuk memiliki website.

Untuk promosi offline, Anda bisa menyebarkan pamphlet dan mengadakan kerjasama dengan sekolah untuk mempromosikannya. Bisa juga dengan mengadakan seminar, membuat spanduk, dan lain sebagainya. Pesannya jelas: agar semua orang tahu tetang produk Anda.

  1. Buat Ruang Belajar yang Menyenangkan

Tips Memulai Bisnis Kursus Online Rumahan

Selanjutnya yang harus Anda pikirkan saat memulai bisnis kursus online adalah mempersiapkan ruang belajar yang menyenangkan. Sebentar, kan online, kenapa harus membuat ruang belajar yang menyenangkan? Jawabannya adalah perlu. Mengatur ruang belajar yang layak dan bagus tak hanya akan meningkatkan mood peserta didik, tapi juga akan membuat Anda selaku pengajar mendapatkan suasana yang positif saat mengajar.

  1. Membuat Akun Untuk Online Messenger

Hamper semua orang sekarang telah menggunakan aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp atau Telegram. Akun online messenger ini bertujuan untuk bisa terintegrasi dan efektif untuk digunakan oleh siswa dan orang tua.

  1. Laporkan Perkembangan Anak

Orang tua akan sangat senang jika Anda sebagai pemiliki usaha les privat dan kursus online memberikan laporan secara berkala tentang perkembangan anak mereka. Jangan sungkan untuk memberikan saran-saran perbaikan evaluasi belajar anak. Sehingga orang tua juga bisa memantau perkembangan antara sebelum mengikuti les privat dan sesudah mengikuti les privat.

Kesimpulan

Membuka bisnis kursus online adalah peluang sekaligus tantangan yang disediakan oleh internet. Anda bisa memulainya dengan memberikan les privat di lingkungan Anda untuk mengetahui seberapa besar minat dan maanfaat dari produk yang Anda sediakan.

Kanca Jejualan, demikian artikel tips membuka bisnis kursus online. Jangan lewatk berbagai tawaran menarik dari Jejualan untuk membuat bisnis Anda semakin besar. Seomoga artikel ini bermanfaat.

Send Comment