Facebook Marketplace, sejak pertama kali diluncurkan telah menjadi sebuah tempat jual beli yang cukup powerful. Apalagi sejak diperkenalkan ke publik Indonesia pada tahun 2018. Sebagai negara pengguna Facebook terbesar ketiga di dunia, tidak bisa dipungkiri bahwa kontribusi Facebook Marketplace pada ekonomi dalam negeri sangat besar. Dan karena agar jualan cepat laku, Anda harus tahu cara beriklan di Facebook Marketplace.

Ketika mengakses fitur Marketplace, Anda bisa melakukannya dari Facebook. Baik dari desktop ataupun aplikasi mobile. Jadi, jika Anda ingin merasakan bagaimana pengalaman jual beli menggunakan Facebook Marketplace, Anda dapat mengaksesnya dari semua platform tersebut. Kanca Jejualan, artikel ini akan mengenalkan pada Anda bagaimana cara beriklan di Facebook Marketplace. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Pengertian Facebook Marketplace

cara beriklan di Facebook Marketplace

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara beriklan di Facebook Marketplace, terlebih dahulu Anda harus tahu, pengertian dari Facebook Marketplace. Facebook Marketplace adalah sebuah tempat untuk melakukan aktivitas jual beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook. Karena bagaimanapun fitur ini terintegrasi dengan Facebook. Anda bisa menemukan fitur Marketplace di sebelah kiri atas halaman utama Facebook Anda.

Baca Juga: Trend Bisnis Online dari Rumah yang Menguntungkan

Mengapa Facebook menyediakan fitur Marketplace? Ya, tak lain karena Facebook mempunyai tujuan agar penggunanya bisa dengan mudah mencari dan menemukan berbagai barang menarik yang dijual di Facebook. Dengan fitur ini pengguna bisa langsung masuk ke marketplace secara langsung dari dalam Facebook. Tanpa harus mendownload aplikasi tambahan terlebih dahulu. Dan yang paling penting, tetap menggunakan akun Facebook sendiri.

Marketplace telah menjadi tempat yang nyaman bagi orang-orang untuk menemukan produk, menjual, dan membeli. Pengguna Facebook dapat menemukan barang datau produk yang mereka inginkan secara lebih spesifik dengan menggunakan filter. Filter yang dapat digunakan mencakup pemilihan berdasarkan lokasi, kategori, dan rentang harga.

Berikut adalah kategori yang ada pada Facebook Marketplace. Kategori tersebut antara lain:

  • Kendaraan
  • Sewa properti
  • Alat perkantoran
  • Alat musik
  • Barang rumah tangga
  • Peralatan elektronik
  • Hiburan
  • Hobi
  • Iklan baris
  • Peralatan outdoor
  • Dan lain sebagainya

Mengapa harus beriklan di Facebook Marketplace?

Pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa Anda harus beriklan di Facebook Marketplace? Jawabannya adalah, Facebook Marketplace adalah tools marketing yang sangat penting saat ini. Terutama bagi siapapun yang ingin menjual produk, dengan menargetkan audiens tertentu.

Apalagi saat ini terdapat lebih dari 800 juta orang secara global yang menggunakan Facebook setiap bulannya. Baik untuk menjual ataupun membeli. Hali ini secara langsung memberikan kesempatan bagi para pebisnis online untuk mengedukasi calon pembeli tentang barang yang dijual, kepada orang yang memang benar-benar membutuhkan barang yang Anda jual tersebut.

Cara Beriklan di Facebook Marketplace

cara beriklan di Facebook Marketplace

Ada sebuah pertanyaan menarik yang diutarakan oleh para pebisnis online sebelum memutuskan beriklan di Facebook Marketplace. “apakah perlu beriklan di Facebook?”

Jawaban kami adalah, “perlu!” Mengapa?

Karena dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis. Untuk beriklan menggunakan Facebook, Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu berbayar dan gratis. Bagaimana bisa beriklan gratis di Facebook?

Kanca Jejualan, berikut ini adalah langkah-langkah cara beriklan di Facebook Marketplace:

Langkah pertama – login ke akun Facebook

Langkah pertama adalah login ke akun Facebook Anda. Masukkan username dan password Anda pada kolom yang tersedia.

Langkah kedua – masuk ke halaman marketplace

Setelah berhasil masuk ke beranda, Anda bisa segera masuk ke halaman Marketplace. Arahkan kursor Anda ke sidebar sebelah kiri atas. Klik lihat lainnya, lalu klik “Marketplace”.

Langkah ketiga – buat tawaran baru

Setelah masuk ke halaman Marketplace, untuk membuat iklan pertama Anda, silakan klik “Buat Tawaran Baru”.

Langkah keempat – memilih jenis iklan

Kemudian, setelah berhasil masuk ke halaman “Buat Tawaran Baru”, Anda akan mendati tiga jenis iklan yang bisa dipilih. Antara lain “Barang”, “Kendaraan”, dan “Kontrakan”. Sebagai permisalan, silakan pilih iklan Jual Barang. Silakan klik “Barang Dijual”.

Langkah kelima – mengisi detail barang yan dijual

Lalu, Anda akan diminta untuk mengisi detail barang yang akan diiklankan. Detail informasi yang harus Anda isi antara lain Judul, Harga, Kategori, dan Keterangan. Ada juga detail opsional, yaitu Lokasi dan Ketersediaan. Jika semuanya telah terisi, Anda bisa menyimpan draftnya dulu, atau langsung klik “Selanjutnya.

Langkah keenam – menerbitkan iklan

Setelah semuanya siap, Anda akan diarahkan ke halaman pratinjau. Hal ini penting untuk melihat apakah detail yang Anda masukkan, telah sesuai dengan keinginan. Jika semua semua dirasa telah siap, klik “Terbitkan”. Sebagai catatan, iklan Anda tidak akan langsung terbit, melainkan akan ditinjau terlebih dahulu oleh tim Facebook.

Ada beberapa catatan yang harus Anda perhatikan. Pertama, unutk melihat semua iklan yang pernah dibuat, Anda bisa melihatnya di menu “Penawaran Saya” di halaman Marketplace. Kedua, di menu “Penawaran Saya”, Anda bisa mengedit iklan yang ada atau menutup iklan jika barang yang Anda iklankan telah terjual.

Keuntungan Menggunakan Facebook Marketplace

cara beriklan di Facebook Marketplace

Untuk para penjual, setidaknya terdapat keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan Facebook  Marketplace. Terlebih lagi, Facebook Marketplace menawarkan kemudahan untuk meningkatkan jangkauan produk atau brand.

Berikut dua keuntungan utama menggunakan Facebook bagi penjual:

  • Meningkatkan jangkauan

Tidak dapat dipungkiri, inilah keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan saat menggunakan Facebook Marketplace. Penjual di Marketplace dapat meningkatkan jangkauan produknya di sini.

  • Memberikan pengalaman berbeda pada pelanggan

Facebook Marketplace dapat menampilkan produk yang relevan dengan konsumen. Membantu bisnis Anda menemukan pelanggan yang tepat. Hal ini akan memastikan bahwa produk Anda akan ditemukan oleh orang yang tepat. Yang pada akhirnya akan meningkatkan peluang dari sebuah interaksi, kemudian mengarah pada aksi pembelian.

Bagi penjual maupun pembeli, tentu saja ini adalah kabar yang positif. Semuanya telah difasilitasi.

Tips Beriklan di Facebook Marketplace

Agar iklan yang Anda jalankan dapat berjalan dengan baik, Jejualan punya sedikit tips berguna untuk Anda.

  • Produk atau jasa

Setidaknya terdapat tiga pilihan produk yang bisa Anda iklankan di Facebook Marketplace. Antara lain: item untuk dijual, kendaraan untuk dijual atau disewakan, dan rumah untuk dijual atau disewakan.

  • Foto produk

Kemudian mengeai foto produk. Usahakan foto produk Anda memiliki lebih dari satu sudut pandang. Sehingga dalam sekali posting iklan, Anda bisa mencantumka beberapa foto sekaligus. Gunakan foto produk real pict.

  • Harga

Untuk harga, tuliskan harga yang sebenar-benarnya. Mengambil untung boleh saja, tetapi perhatikan juga nilai barang yang Anda jual sepadan dengan harga yang ditawarkan.

  • Lokasi

Anda bisa menentukan lokasi mana yang ingin dijangkau. Sebagai awalan, usahakan jangan terlalu jauh dari di mana target pasar Anda berada.

Kesimpulan

Beriklan di Facebook Marketplace sangat mudah dilakukan. Bahkan oleh pemula sekalipun. Semoga artikel ini dapat memberikan waawasan baru bagi Anda tentang cara beriklan di Facebook Marketplace dengan gratis.

Online-kan bisnis Anda dengan website toko online Jejualan. Buka Toko Online cuma 20 detik. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Send Comment