Ketika akan memulai sebuah bisnis, ada sebuah pertanyaan yang harus Anda jawab dengan tegas. Apakah Anda ingin membangun bisnis yang berdasarkan tren saja, atau membangun bisnis yang mampu bertahan lama dalam segala kondisi. Jika memang demikian adanya, ada satu jenis bisnis yang bisa Anda coba, yang terbukti selalu ada, dari dulu hingga kini. Yaitu jualan makanan online.

Mengapa Harus Jualan Makanan Online?

Bisnis makanan adalah salah satu bentuk bisnis yang tahan di segala kondisi. Dengan demikian, maka tak heran jika bisnis makanan menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Termasuk di era digital saat ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda tahu, mengapa bisnis jualan makanan online cukup menjanjikan:

  • Semua orang Butuh Makan

Bersama rumah dan pakaian, makanan adalah termasuk ke dalam kebutuhan dasar manusia. Tapi kini, makanan telah berkembang lebih jauh lagi, lebih dari sekadar kebutuhan. Makanan sekarang berkembang menjadi suatu budaya di masyarakat. Sehingga wajar belaka jika banyak orang yang kidup untuk makan, bukan makan untuk hidup.

  • Selalu Memiliki Potensi Untuk Berkembang

Kuliner, merupakan bisnis yang memiliki peluang berkembang yang sangat besar. Terutama berkembang menjadi waralaba. Tentu kita bisa dengan mudah mengambil contoh gerai ayam goreng yang berasal dari satu kota, kemudian dapat cepat berkembang banyak dan ditemui di kota lain. Tak sedikit pula gerai makanan yang awalnya dijual online, kini punya banyak cabang di Indonesia.

  • Mudah Beradaptasi

Seperti yang telah disebutkan diatas, bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang sangat adaptif. Salah satu buktinya adalah kayanya variasi modifikasi sebuah makanan. Halii menjadikan kuliner sebagai sedikir bisnis bisnis yang paling fleksibel.

  • Lebih Sederhana

Sedikit berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis kuliner masih cenderung sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah memasak dan menjualnya. Bahkan hanya dengan tempat yang kecil seluas garasi mobil, Anda sudah bisa menjalankan bisnis kuliner Anda dengan mudah.

Cara Jualan Makanan Online

Untuk Anda yang akan terjun ke dunia bisnis kuliner, terutama makanan berbasis online, Jejualan punya kiat-kiatnya. Berikut ini adalah cara jualan makanan online untuk pemula:

1. Menentukan Jenis Makanan yang Ingin Dijual

cara jualan makanan online

Bisnis makanan adalah sebuah industry dengan scope yang cukup luas. Di negara kita,Indonesia sendiri tumbuh subur berbagai jenis bisnis makanan. Mulai dari yang tradisional hingga sampai yang kebarat-baratan. Untuk itu, sebaiknya tentukan dulu makanan apa yang ingin Anda jual.

2. Menghitung Modal

Cara jualan makanan online selanjutnya adalah menghitung modal yang harus dikeluarkan. Layaknya bisnis lainnya, skala bisnis yang Anda rintis umumnya beriringan dengan modal yang Anda miliki. Untuk yang akan memulai jualan makanan secara online, Anda tak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar.

Anda bisa memulainya bahkan dari dapur rumah  dan menawarkannya para orang-orang terdekat Anda.

3. Memilih Lokasi Bisnis yang Tepat

Saat Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis jualan makanan online, jangan sampai salah pilih lokasi untuk berjualan. Karena, semakin jauh lokasi jualan Anda, akan makin sedikit pula yang akan tahu bisnis kuliner Anda. Meskipun jualan makanan Anda lebih fokus ke ranah online, sangat tidak disarankan untuk menyepelekan faktor lokasi.

Jika Anda menargetkan mahasiswa sebagai target pasar, alangkah baiknya Anda membuka lapak di area kampus. Atau, jika Anda ingin masuk ke pasar karyawan, Anda bisa membuat kedai yang tak jauh dari area perkantoran. Mahasiswa dan pekerja kantoran adalah dua tipe konsumen yang paling suka dengan makanan online.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Food Truck? 

4. Perhatikan Cita Rasa

cara jualan makanan online

Selain urusan teknis, cita rasa dari makanan yang Anda tawarkan juga sangat penting. Karena pada akhirnya, cita rasalah yang akan membuat orang akan kembali memesan makanan online dari Anda. Pada cara jualan makanan online, jangan hanya menyajikan makanan yang biasa saja.

Jika Anda hanya menyajikan makanan yang biasa saja, bisnis Anda tidak akan bertahan lama.

5. Menentukan Target Pasar

Tips cara jualan makana online yang selanjutnya adalah menentukan target pasar. Target pasar akan sangat mempengaruhi bisnis makanan yang baru saja Anda luncurkan. Penentuan target pasar juga dapat mempengaruhi besaran modal yang harus Anda keluarkan.

6. Mengadakan Promo Menarik

Dalam bisnis kuliner, ada kalanya Anda mengalami fase ramai dan fase sepi. Oleh sebab itu, Anda harus tahu cara keluar dari situasi sepi tersebut. Salah satunya adalah dengan mengadakan promo-promo menarik untuk para konsumen Anda.

Promosi masih dianggap sebagai cara jualan makanan online yang ampuh. Promosi yang Anda berikan tentu bisa sangat beragam. Mulai dari diskon, buy one get one free, promo paket, dan lain sebagainya.

7. Aktif di Media Sosial

Di era digital saat ini, memiliki media sosial adalah sebuah keharusan bagi bisnis kuliner. Apalagi Anda yang menggeluti bisnis  kuliner online. Sebab, dengan media sosial Anda bisa menarik calon konsumen yang lebih banyak,tanpa perlu banyak menghabiskan biaya jutaan rupiah untuk iklan.

Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook, dan Twitter. Ketiganya tidak bisa dibantah lagi hingga saat ini masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia.

8. Melakukan Inovasi yang Berbeda Dengan Pesaing

cara jualan makanan online

Setiap bisnis harus memiliki selling point yang unik. Terutama dalam bisnis kuliner dengan persaingan yang amat sangat ketat. Yang membedakan pengusaha kuliner satu dengan yang lainnya adalah sifat inovatif yang mereka miliki. Inovasi menjadi penting sebagai cara untuk membedakan bisnis kuliner Anda dengan yang lain.

9. Kemudahan Dijangkau Konsumen

Kemudahan dijangkau oleh konsumen tidak hanya berkaitan dengan lokasi dimana bisnis kuliner Anda didirikan, tetapi juga seberapa mudah bisnis Anda dijangkau oleh konsumen digital. Pada era yang serba digital ini, orang akan lebih banyak mencari informasi sendiri dengan browsing di internet.

10. Pelayanan Kepada Konsumen

Meskipun berjualan makanan secara online, bukan berarti Anda boleh mengabaikan pelayanan kepada konsumen. Misalnya, seenak apapun makanan Anda, akan selalu ada kata “tapi” setiap kali pelanggan membicarakan makanan Anda. Misalnya, makanan enak tapi pengemasannya jelek, atau makanan enak tapi dirasa terlalu mahal.

Keluhan-keluhan tersebut tentu harus Anda jawab dengan ramah. Bentuk pelayanan ini bisa dari misalnya, menyapa konsumen dengan tulus,dan bagaimana menangani keluhan pelanggan.

Kesimpulan

Itu tadi cara jualan makanan online yang harus Anda tahu. Semoga, artikel ini dapat mempertebal niat siapapun yang ingin terjun ke dunia bisnis kuliner online.

Mau bisnis kuliner Anda lebih dikenal di internet? Buat website toko online Jejualan sekarang juga untuk memperluas jangkauan bisnis Anda. Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

8 Comments

pornpics -

Wish You All The Best In 2021!

Naasan -

Berusaha semampunya

    Luluh Tirestu -

    Tetap semangat Kak! Jangan lupa untuk ikuti tips supaya lebih maksimal 🙂

Arifin -

Terima kasih tipnya n moga lancar semua

    Luluh Tirestu -

    Hallo Kak Arifin, semangat dan jangan menyerah untuk mencoba Kak, Semoga bermanfaat 🙂

anggun -

Berguna banget, dan akan saya coba

    Luluh Tirestu -

    Hai Kak Anggun! Terima kasih sudah mampir di artikel Kami, semoga bermanfaat ya 🙂

TIKA SARTIKA MAYA -

semoga laris

Send Comment