Bisnis food truck. Pada masa saat ini, siapa yang kenal dengan food truck. Bisnis yang masuk kategori food and beverages ini begitu digandrungi terutama oleh para anak muda. Terutama mereka yang ingin berbisnis makanan tapi memiliki keterbatasan dana dan lahan untuk membuka restoran atau rumah makan. Dan food truck menawarkan solusi untuk itu. Banyak yang penasaran, bagaimana cara memulai bisnis food truck.

Hanya dengan sebuah truk mobil atau truck, Anda sudah bisa memulai bisnis makanan Anda sendiri. Tetapi, semudah itu untuk memulai bisnis food truck? Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang lebih dahulu menjadi trend di dunia barat tersebut?

Kanca Jejualan, artikel ini secara mendalam akan menjabarkan pada Anda, bagaimana cara memulai bisnis food truck?

Cara Memulai Bisnis Food Truck

cara memulai bisnis food truck

Sejak kapan bisnis food truck masuk ke Indonesia? Bisnis food truck pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2013. Sejak saat itu, food truck mendapat sambutan yang sangat baik. Banyak yang menilai food truck adalah sebentuk inovasi dari para pebisnis kuliner untuk menjual makanan menggunakan kendaraan dengan desain yang menarik.

Food truck sendiri memiliki konsep menjual makanan menggunakan mobil berukuran besar. Dimana terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan. Di negara Barat seperti Amerika Serikat ataua negara-negara Eropa, fodd truck sangat lazim dijumpai. Dan karena ini menggunakan mobil, food truck dapat berpindah-pindah lokasi. Sangat unik. Berikut ini adalah cara memulai bisnis food truck:

Langah pertama: Membuat business plan

Perencanaan bisnis atau business plan adalah sebuah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis. Ini berisi strategi-strategi dan rencana bisnis yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Business plan akan menjadi guide bisnis Anda, mulai dari fase awal hingga nanti ketika sudah berkembang. Dan pastinya, semua bisnis harus memiliki perencanaan bisnis yang jelas.

Langkah kedua: Mengurus Lisensi

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan memulai bisnis food truck adalah mengurus perizinan. Bentuk perizinan ini bisa bermacam-macam. Seperti sertifikat dinas kesehatan, izin truk, dan juga mengrus perizinan permohonan parkir. Semuanya bisa Anda lakukan sendiri dengan mengurusnya ke pemerintah daerah setempat. Untuk mengetahui bagaiman proses perizinannya, Anda bisa mengunjungi website resmi pemerintah daerah setempat.

Langkah ketiga: Menentukan konsep food truck

cara memulai bisnis food truck

Langkah kedua adalah menentukan konsep food truck. Bisnis food truck berbeda dengan bisnis konvensional pada umumnya. Pemanfaatan ruang menjadi sangat penting karena keterbatasan tempat di dalam truk. Dan karena ruang yang terbatas, ini akan berimbas pada minimnya peralatan dan sumber daya. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan berkaitan dengan konsep food truck antara lain:

  • Ruang

Ruang menjadi salah satu hal pertama yang mendapatkan perhatian. Anda perlu memilih dengan tepat, peralatan apa yang benar-benar dibutuhkan untuk bisa menghasilkan makanan yang Anda jual.

  • Waktu

Selanjutnya adalah waktu. Anda perlu mengatur waktu berjualan dalam sehari. Artinya, lakukan persiapan memasak dengan matang sehingga tidak terlalu banyak waktu yang Anda habiskan untuk memasak.

  • Jenis Makanan

Selain mengutamakan keunikan, Anda harus yakin dengan plihan bisnis Anda sudah seusai dengan minat masyarakat. Mulai dari jenis makanan, harga, hingga seberapa besar porsinya. Karena keterbatasan tempat, food truck umumnya lebih banyak menjual makanan siap saji atau yang mudah diolah.

Langkah keempat: Mencari supplier bahan baku

Karena Anda akan berjualan makanan, maka sebelumnya Anda harus mencari siapa yang akan menjadi supplier atau penyedia bahan mentah. Sebab, akan sulit jika Anda menjalankannya sendirian. Carilah supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas dengan harga yang terjangkau. Tentunya, bahan mentah tersebut harus disesuaikan dengan jenis makanan yang Ana jual pastinya.

Langkah kelima: Merancang spesifikasi food truck

Selanjutnya adalah menentukan spesifikasi food truck yang Anda inginkan. Biasanya ini menyesuaikan dengan apa yang Anda jual. Yang paling krusial tentu saja peralatan dapur. Misalnya jika Anda berjualan nasi goreng, tentu membutuhkan wajan berukuran besar. Jika Anda menjual kentang goreng, Anda membutuhkan deep fryer, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mendapatkan inspirasi food truck yang Anda inginkan bisa dengan mudah didapatkan di internet. Desainnya pun bervariasi, mulai dari yang sederhana, kekinian, hingga yang jadul. Anda bisa menyesuaikan dengan tipe makanan yang dijual.

Langkah Keenam: Membangun food truck

Di Indonesia, belum banyak tempat yang menyediakan jasa pembuatan food truck. Jadi sebagai awalan, Anda bisa mencei mereka yang sudah berpengalaman dengan food truck. Memang, ikin akan sedikit lebih mahal, namun daripada membuatnya secara asal-asalan dan tidak seusai keinginan, Anda mau tak mau akan melakukan pembangunan ulang yang juga tak kalah menguras kantong.

Langkah Ketujuh: Mencari tempat jualan

cara memulai bisnis food truck

Ada pepatah mengatakan, posisi menentukan prestasi. Dimana Anda berjualan, tempat sangat berpengaruh pada usaha yang sedan Anda jalani. Jika lokasi yang Anda temui ramai, akan semakin besar peluang Anda mendapatkan pelanggan yang banyak. Lokasi yang strategis memang harus menjadi prioritas.

Tentu saja Anda tak serta merta bisa berjualan di sebuah tempat. Semua ada aturannya. Anda bisa menghubungi pemerintah setempat untuk mendapatkan beberapa informasi penting seperti zona larangan parkir, agar Anda bsia menghindari lokasi-lokasi tersebut untuk berdagang.

Anda juga harus rajin mencari tahu acara-acara besar atau event-event tertentu di kota Anda. Banyak event organizer kekinian yang sering menyediakan food truck corner untuk memanjakan lidah pengunjung event. Jadi memperbanyak kenalan dari kalangan EO juga harus Anda lakukan.

Langkah kedelapan: Mempromosikan bisnis

Diakui atau tidak, dalam bisnis memang sangat diperlukan aktivitas promosi. Terlebih di era digital seperti saat ini. Media social mempunyai peran yang sangat besar dalam bisnis hari ini. Termasuk bisnis food truck. Terlebih lagi kita semua tahu, orang Indonesia tidak bisa lepas dari yang Namanya media social dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, ini adalah kesempatan Anda untuk berpromosi dengan jangkauan yang luas.

Langkah kesembilan: Bergabung dengan komunitas food truck

Berjejaring dengan dengan sesame pegiat bisnis food truck, bisa dibilah menjadi keharusan bagi siapa saja yang terjun di bisnis ini. Mengapa demikian? Ya, melalui komunitas ini, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru seputar food truck,, event yang sedang dan akan berlangsung, bertukar informasi seputar hal-hal yang sedang tren, hingga mungkin ada peluang kerja sama bisnis. Siapa tahu.

Demikianlah cara memulai bisnis food truck. Jika ingin memulai bisnis Anda sendiri, jangan ragu untuk membuat toko online hanya di Jejualan.

Send Comment