Search engine adalah sebuah istilah bahasa asing yang memiliki arti mesin pencari. Di sini mesin pencari yang dimaksud adalah sebuah sistem yang membantu pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Caranya hanya dengan memasukan kata kunci atau keyword tertentu di kolom pencarian. Nantinya akan muncul hasil yang diharapkan sesuai kebutuhan, baik itu berupa konten tulisan, gambar, map, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan berimbas pada kemudahan yang bisa anda peroleh untuk mendapatkan informasi apapun.

Apa Tujuan Adanya Search Engine?

Cara Kerja Search Engine Yang Perlu Anda Ketahui

jejualan.com

Search engine memiliki tujuan yang signifikan dalam memberitaukan kepada pengguna tentang hasil penelusuran yang serelevan mungkin. Alhasil, anda pun akan mampu mendapatkan informasi yang benar-benar dicari didalamnyaa. Selain untuk tujuan berbagi informasi, ada juga tujuan lain dari search engine tersebut yakni membantu sejumlah pebisnis dalam melakukan promosi. Pihak yang menayangkan iklan pun juga bisa mendapatkan komisi sesuai dengan terms of services yang berlaku, misalnya mendapatkan income sesuai klik, sesuai jumlah pengunjung, dan lain sebagainyaa. Disini mesin penelusuran tersebut selalu ramai dikunjungi orang tiap hari. Apalagi di era Milenials saat ini yang mana banyak orang sudah mulai melek dengan teknologi alias sudah banyak orang yang menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi atau berita.

Sebuah Website Harus Terindex Supaya Bisa Masuk Di Search Engine

Search engine hanya bisa menampilan hasil dari web-web yang terindex di mesin pencari. Ada banyak cara untuk membuat website anda cepat terindex, salah satunya adalah meminta pihak pengembang atau programmer untuk mengindex Google anda di mesin pencarai. Tapi jika anda mau bersabar sebenarnya web yaang anda buat akan bisa terindex dengan sendirinya apabila memiliki korelasi dengan kata kunci tertentu. Misalnya adalah anda membuat artikel dengan kata kunci tips berdagang, tutorial smartphone, informasi terupdate, cara memasak dan lain sebagainya. Disini saat ada pengunjung yang memasukan kata kunci tersebut maka besar kemungkinan hasil yang muncul adalah web anda.

Dari sini bisa ditarik benang merah atau kesimpulan bahwa untuk bisa membuat web anda dengan mudah terindex di mesin pencari, anda harus membuat konten yang original dan high quality. Dengan demikian, website anda pun akan bisa melaju dengan pesat di halaman pertama. Anda juga terkadang harus melakukan teknik backlink supaya situs anda bisa segera terindex oleh mesin pencari ternama seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Jadi setiap konten apapun yang anda buat di website, usahakan semuanya berkualitas dan mengandung kata kunci supaya Google dengan mudah mengindex-nya.

Faktor Yang Menentukan Peringkat Sebuah Website di Mesin Pencari

Cara Kerja Search Engine Yang Perlu Anda Ketahui

jejualan.com

Search engine akan bekerja sesuai dengan algoritma atau rumus yang tersedia. Tapi di sini ada beberapa faktor yang bisa menentukan berapa peringkat anda di mesin pencari tersebut. Jika anda mengikuti prosedur yang ada, bukan hal tak mungkin menjadikan situs anda menjadi peringkat pertama saat ada yang memasukan keyword tertentu. Poin pertama adalah tautan atau link eksternal dan internal yang anda gunakan di website anda. Usahakan pada saat membuat sebuah konten, anda memasukan link internal (dari artikel atau konten lain yang ada di halaman web anda) dan juga link eksternal (link website lain yang berkualitas). Dengan memanfaatkan teknik ini maka akan meningkatkan otoritas halaman tersebut masuk di yang nomor urut kesatu.

Baca Juga: Membuat Website Sukses Dengan 8 Langkah Mudah

Poin kedua adalah usia website anda. Pasalnya sebuah website dengan usia yang sudah lama berdiri biasanya akan menduduki peringkat teratas di mesin pencari Google, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya. Jadi yang terpenting adalah bersabar dan tetap mempublish konten berkualitas di website anda. Karena semakin panjang usianya, maka semakin besar pula peluang mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian. Poin ketiga, faktor lainnya yang juga berpengaruh adalah kata kunci yang dipakai. Usahakan memakai kata kunci yang relevan dengan isi situs supaya tidak membingungkan. Anda juga harus membuat banyak keyword yang biasanya banyak digunakan orang-orang. Kalau mau dapat info lebih lengkap, biasanya anda harus melakukan analisa keyword terlebih dahulu. Nantinya search engine akan langsung mendeteksi situs anda dengan mudah jika sudah sesuai kaidah SEO diterapkan di web anda.

Cek Link Website Anda, Jangan Sampai Ada Yang Mati/Kadaluarsa

Cara Kerja Search Engine Yang Perlu Anda Ketahui

jejualan.com

Search engine akan mendeteksi halaman mana yang sudah mati atau kadaluarsa, kemudian menghapusnya permanen karena dianggap sudah tidak diperlukan lagi. Jadi kalau ada broken link atau link yang rusak di web anda, sebaiknya bergegas perbaiki. Hal ini jelas dikarenakan link yang mati tersebut kemungkinan akan berpotensi mengganggu traffic yang datang ke website anda. Jika hal ini sudah terjadi pastinya akan semakin memperparah keadaan. Selalu lakukan pengecekan link website anda secara berkala supaya tidak mengalami kendala dalam mengembangkan situs anda tersebut.

Pastikan pula bahwa kecepatan loading halaman anda bagus. Kenapa? Karena search engine juga akan melihat apakah halaman anda responsif atau tidak. Jika punya masalah dengan loading hal ini juga akan berpengaruh pada traffic website anda. Nantinya ini juga akan berimbas pada situs anda yang susah terindex Google. Dengan hadirnya web responsif, sudah pasti banyak manfaat yang nantinya bisa anda temukan didalamnya. Sistem search engine akan bisa mendeteksi sebuah website tersebut layak terindex di halaman pertama atau tidak, berdasarkan behavior data-nya. Maksudnya adalah bagaimana interaksi pengunjung terhadap web tersebut. Mana kategori atau halaman yang sering di-klik dan lain sebagainya. Berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di halaman tertentu dan lain sebagainya.

Kesimpulannya

Search engine akan memudahkan anda untuk bisa melakukan pencarian data dan informasi apapun. Sebuah situs akan bisa muncul di halaman awal jika sudah memenuhi kaidah SEO yang berlaku. Selain itu, mesin pencari juga akan mampu memberikan hasil yang signifikan sesuai informasi yang ada di web anda. Jadi pastikan menyediakan konten yang relevan. Untuk bisa semakin memudahkan pencarian, anda juga bisa mencari berdasarkan kategori, baik itu visual (melalui pencarian gambar) atau pencarian langsung melalui data atau konten berita yang tersedia. Adanya search engine secara tidak langsung membantu banyak orang untuk tidak ketinggalan informasi yang sedang trending saat ini.

Selain itu, search engine juga bisa diakses dengan mudah saat ini tak hanya di laptop atau PC saja. Tapi anda juga bisa mengaksesnya via smartphone yang mana pasti lebih mudah dan ringkas. Anda bisa membuka situs apa saja yang anda sukai kapan saaja dan dimana saja anda mau. Selain itu, search engine juga akan memberikan kepada anda kemudahan mengakses informasi yang up to date tiap hari. Caranya adalah dengan mengkonfigurasi hasil pencarian apa yang diinginkan. Anda ingin mencari informasi dari tanggal berapa, ukuran berapa, tipe apa, semua tools tersebut disediakan mesin pencari bagi anda.

Send Comment

Captcha *