Mempelajari cara melayani pelanggan dengan baik sangatlah penting sebagai salah satu upaya untuk mensukseskan bisnis Anda. Pelanggan adalah raja. Melayani seorang pelanggan atau pembeli secara baik adalah suatu keharusan agar pelanggan merasa puas dan menjadi pelanggan setia. Kepuasan pelanggan dalam hal pelayanan tentunya akan meningkatkan ladang bisnis Anda dan semakin dikenal banyak orang. Para pelanggan nantinya dengan suka rela menceritakan hal-hal yang terbaik atas pelayanan dalam bisnis anda. Dengan beberapa tambahan pelanggan, otomatis akan meningkatkan penghasilan anda. Bisnis anda tidak akan kehilangan pelanggan, justru semakin banyak.

Cara melayani pelanggan setiap perusahaan memang berbeda-beda. Akan tetapi pada umumnya mereka akan menomorsatukan layanan pelanggan. Tim layanan pelanggan Anda menjadi wajah dari perusahaan Anda. Tak hanya itu saja, pengalaman pelanggan juga akan ditentukan oleh kualitas customer support yang mereka terima. Sebuah bisnis dikatakan berhasil jika Anda tahu bagaimana cara melayani pembeli dan mampu melayani banyak pelanggan dengan baik.

Anda perlu tahu bahwa cara Melayani pelanggan bukan hanya sekedar memberikan apa yang mereka inginkan. Namun banyak hal yang masih harus diperhatikan lagi. Karena sejatinya, setiap pelanggan punya watak yang berbeda-beda. Yang pasti, gaya pelayanan yang tidak disukai konsumen pastinya memberikan efek buruk, mulai dari kekalahan telak atas Kompetitor, peraihan laba yang semakin meminim, pelanggan setia yang lari hingga kebangkrutan.

Cara melayani pelanggan

Cara melayani pelanggan

Bagaimana cara melayani pelanggan agar bisnis semakin lancar?

Agar bisnis yang Anda jalankan semakin berkembang, maka salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah dengan meningkatkan kualitas layanan. Ini sangat penting karena sepopuler apapun bisnis yang Anda jalankan, semuanya hanya akan sia-sia jika pelayanan yang didapat sangatlah buruk. Lalu, bagaimana trik pelayanan yang baik dalam melayani pelanggan?

Cara mudah melayani pelanggan agar bisnis makin lancar

1.Biarkan Pelanggan Mengenal Anda

Bila Anda menjalankan bisnis dari lokasi yang tidak dikenal atau hanya melalui internet, ini akan membuat Anda semakin tidak dikenal. Kondisi ini memang biasa terjadi saat ini, tapi dengan menambahkan alamat di kartu bisnis Anda akan membuat pelanggan merasa tenang karena mereka tahu Anda tidak akan menghilang. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah dengan langsung menerangkan di mana Anda beroperasi dan pertimbangkan cara untuk menghubungi pelanggan selain melalui email.

2.Dengan menawarkan layanan khusus

Di sini Anda bisa memberikan diskon khusus atau layanan yang tidak diberikan kompetitor.Memberikan penawaran khusus ke pelanggan akan membuat mereka merasa diurus sekaligus membuat mereka mau membayar Anda lebih. Anda juga bisa memberikan reward pada pelanggan yang paling setia.

3.Menawarkan support pelanggan 24 jam

Jika perusahaan Anda memiliki brandwidth untuk melakukannya, maka sedikan layanan pelanggan via telepon 24 jam. Tak ada yang lebih buruk selain menghubungi nomor telepon layanan pelanggan. Ketika Anda sangat membutuhkan bantuan, maka Anda hanya perlu mendengarkan rekaman dari mesin yang memberitahu untuk menelepon kembali pada jam kerja normal. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan dalam bisnis.

Cara melayani pelanggan

Cara melayani pelanggan

4.Melakukan penjaminan kualitas produk

Tujuan dari melakukan penjaminan kualitas produk di sini adalah meyakinkan mereka bahwa produk yang Anda jual benar-benar layak dan bisa dimanfaatkan dengan baik. Salah satu caranya yakni dengan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu. Efeknya, jika dalam waktu yang ditetapkan produk Anda tidak mengalami masalah, maka Anda akan mendapatkan testimoni dari mereka, sehingga mampu mendongkrak pupularitas usaha anda.

5.Meminta kontak konsumen

Hal ini bertujuan agar bisa menghubungi pelanggan jika ada keluhan, ataupun memberitahukan produk-produk baru. Metode ini juga akan mendukung mereka jika seandainya memiliki keluhan sehingga lebihy mudah jika ingin mengunjungi Anda di lain waktu.

6.Membantu pelanggan dengan langsung menangani kendala yang dihadapinya

Tunjukkan bahwa Anda secara aktif mendengarkan pelanggan dengan melakukan kontak mata, mengangguk, atau bahkan menuliskan catatan. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan yang menjelaskan kapan pelanggan selesai berbicara jika perlu untuk mendapatkan rincian lebih lanjut yang akan memungkinkan Anda dalam mengatasi masalah pelanggan. Hindari memutus pembicaraan pelanggan.

7.Bisa menawarkan saran yang tepat

Di sini pelanggan sering memiliki pertanyaan yang tidak secara langsung mengenai produk atau layanan Anda, namun terkait dengan mereka. Misalnya, terkadang pelanggan kebingunan memilih paket yang Anda tawarkan, maka Anda bisa memberikan saran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. Nantinya jawaban yang Anda berikan dapat menjadi pengaruh besar dalam membeli keputusan dan bagaimana perasaan pelanggan terhadap layanan yang Anda berikan.

8.Ramah dan sopan ketika berinteraksi dengan konsumen

Untuk meningkatkan kualitas layanan, jangan sampai Anda memberikan pelayanan yang buruk seperti tidak ramah dan kurang sopan dalam menjawab pertanyaan. Meski karakter pelanggan memang berbeda-beda, namun usahakan agar Anda selalu bersikap ramah dan sopan ketika sedang melayanani karena di sini pelanggan juga akan menilai apakah nantinya akan kembali lagi atau justru mencari produk lain dengan layanan yang lebih memuaskan.

9.Menanggapi keluhan dengan sabar

Tidak semua jenis produk akan diterima dengan baik oleh pembeli karena ada beberapa dari mereka yang merasa kurang puas sehingga memberikan kritikan dan keluhan langsung kepada Anda. Dalam hal ini Anda harus bisa menyelesaikan dengan kepala dingin. Sebaiknya temukan dan pecahkan masalah yang menyangkut dengan keluhan mereka. Setelah diperbaiki, hubungi mereka lagi dan katakan bahwa semuanya sudah diperbaiki.

Cara melayani pelanggan

Cara melayani pelanggan

10.Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih

Mengucapkan terima kasih memang hal sepele. Akan tetapi dengan hanya sekadar mengucapkan terima kasih, pelanggan yang datang akan merasa dihormati dan memberikan sinyal ke mereka bahwa Anda sangat membutuhkan mereka. Jika Anda lupa mengucapkan ini sebelum pelanggan pergi, bisa-bisa pelanggan tadi akan merasa seperti orang hanya membeli dan tidak diharapkan datang lagi. Padahal, pelanggan setia adalah orang yang secara tidak langsung akan selalu mensupport usaha Anda. Ini juga akan menjadi nilai plus di mata pelanggan.

Meningkatkan layanan pelanggan memang tidak bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini juga menjadi perjalanan tanpa akhir dan sangat penting. Jadi, pastikan ini jadi momen Anda untuk meningkatkan layanan ke customer. Kepuasan pelanggan diawali dari pelayanan anda. Semua pelanggan Anda akan merasa puas dengan apa yang Anda berikan pada mereka dan ini adalah kunci sukses bisnis anda.

Begitulah cara mudah melayani pelanggan agar bisnis yang Anda kembangkan semakin lancar. Jangan lupa jika Anda membutuhkan jasa pembuatan toko online, Anda bisa memilih Jejualan. Jejualan menyediakan harga dan fitur yang murah namun tetap berkualitas.

Send Comment