Membuat iklan Facebook ads bisa dibilang menjadi sebuah keahlian yang dimiliki oleh para pebisnis online. Mengapa? Karena Facebook Ads telah menjelma menjadi sebuah tools marketing yang bisa diandalkan. Dengan beriklan di Facebook, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens tanpa harus mengeluarkan biaya yang mencekik leher. Lantas, bagaimana cara membuat iklan di Facebook yang tepat?

Kanca Jejualan, pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara membuat iklan Facebook kepada Anda. Terutama yang masih ragu, takut, dan perasaan negative lainnya terkait bagaimana cara ikaln Facebook bekerja. Membuat iklan di Facebook bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Tetapi tetap dibutuhkan kehati-hatian saat Anda ketika membuat iklan Facebook. Karena itu, simak artikel ini sampai selesai, ya Kanca Jejualan.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Memaksimalkan Media Sosial Untuk Bisnis

Persiapan Sebelum Membuat Iklan di Facebook

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads Dengan Mudah dan Cepat

Untuk bisa membuat iklan di Facebook, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Karena tanpa persiapan di bawah, Anda tak bisa menjalanka iklan di Facebook. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum membuat iklan di Facebook:

1. Akun Facebook yang aktif

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah akun Facebook yang masih aktif. Tanpa akun Facebook yang aktif, Anda akan bisa membuat iklan. Jika belum memiliki akun Facebook, Anda bisa mendaftar untuk membuat akun, gratis tanpa dipungut biaya.

2. Fanpage

Kemudian, hal kedua yang harus Anda persiapkan adalah sebuah fanpage. Di fanpage-lah, Anda bisa memajang konten-konten yang berkaitan dengan aktivitas periklakanan digital Anda di Facebook.

3. Gambar

Anda juga harus menyiapkan gambar. Tetapi bukan sembarang gambar yang harus Anda persiapkan. Siapkan gambar yang lolos peraturan teks maksimal 20%. Anda juga bisa menggunakan iklan berbasis video jika dirasa memerlukannya.

4. Materi copywriting

Selanjutnya adalah materi copywriting. Copywriting juga harus Anda perhatikan dengan serius. Karena dengan copywriting yang bagus, Anda akan lebih mudah untuk menarik pelanggan agar mencari tahu lebih banyak tentang And.

5. Kartu kredit atau debit untuk melakukan pembayaran

Hal terakhir yang harus Anda persiapkan adalah kartu kredit atau debit yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas berjalannya iklan Anda.

Setelah semua hal diatas telah Anda persiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mengenali urutan pembuatan iklan Facebook terlebih dulu.

Alur membuat iklan di Facebook

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads Dengan Mudah dan Cepat

Ketika ingin berbuat sesuatu, sangat penting untuk memahami alur suatu hal. Termasuk ketika membuat iklan di Facebook. Pada dasarnya, terdapat tiga alur iklan di Facebook. Pertama adalah menentukan objective iklan. Kedua, setelah menentukan objective iklan, yaitu melakukan setting Ad Set.

Di sini, Anda bisa membuat lebih dari satu macam Ad Set. Pada Ad Set, Anda bisa mengatur siapa saja audiens yang dapat melihat iklan Anda, menentukan budget iklan, dan di mana iklan tersebut akan tampil. Dan setelah Ad Set telah terisi, maka langkah selanjutnya adalah membuat iklan di level Ad. Anda juga bisa membuat lebih dari satu jenis iklan.

Cara membuat iklan di Facebook

Untuk membuat iklan di Facebook, caranya sendiri cukup mudah. Berikut langkah-langkah cara membuat iklan di Facebook:

Mengakses Ads Manager – Creation

Langkah pertama untuk membuat iklan di Facebook adalah mengakses halaman Ads Manager. Kemudian silakan masuk ke  mode Guided Creation.

Menentukan objective iklan

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan objective iklan. Objective iklan di Facebook terbagi menjadi tiga bagian utama. Ketiga bagian tersebut masih dibagi lagi menjadi 11 sub bagian. Setiap bagian memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Ketiga bagian tersebut adalah Awareness, Consideration, dan Conversion.

Setelah menentukan objective, selanjutna Anda akan dihadapkan pada beberapa opsi:

  • Campaign Name : Pada bagian ini, silakan mengisinya dengan nama iklan Anda. Jika Anda mengalami kebingungan, biarkan default saja.
  • Create split test : Anda bisa menggunakan fitur ini jika ingin melakukan split testing.
  • Budget optimization : Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengoptimalkan anggaran Anda pada setiap Ad Set.

Setelah memutuskan iklan yang Anda pilih, silakan klik tombol Set Up Ad Account. Pada bagian ini, Anda bisa menyesuaikan account country, currency, dan time zone. Setelah itu klik Continue.

Menentukan Audiens, Placement, Anggaran, dan Penjadwalan

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads Dengan Mudah dan Cepat

Setelah mengklik tombol Continue, maka Anda akan diarahkan halaman Ad Set. Di sini Anda diharuskan untuk menentukan audiens, placement, anggaran, dan penjadwalan.

  • Audiens

Pada bagian ini, Anda akan diminta untuk mendefinisikan siapa yang Anda inginkan untuk melihat iklan tersebut berdasarkan parameter tertentu. Antara lain custom audiens, locations, age, gender, language, detailed targeting, dan connection.

  • Placement

Setelah menentukan siapa target Anda, selanjutnya adalah menentukan di mana Anda akan menampilkan iklan. Facebook sendiri menawarkan dua buah opsi, yaitu Automatic placement dan edit placement.

Jika memilih automatic placement, maka penempatan iklan Anda akan diacak oleh Facebook dan akan memberikan tempat terbaik untuk Anda. Sedangkan jika memilih Edit Placement, Anda bisa menentukan sendiri di mana iklan tersebut iklan akan tayang.

  • Budget & Schedule

Setelah menentukan siapa audiens dan di mana Anda akan menayangkan iklan tersebut, maka berikutnya adalah menentukan anggara dan waktu yang iklan.

Untuk budget, terdapat dua pilihan. Yaitu daily budget dan lifetime budget. Jika memilih daily budget, Anda bisa membatasi biaya iklan per harinya. Sedangkan untuk lifetime, biaya iklannya tergantung dari dana yang tersedia di kartu kredit Anda.

Untuk scheduling, Facebook juga menawarkan dua opsi. Yaitu mulai sekarang dan stop kapan saja, atau menentukan kapan mulai dan berakhir kapan berakhirnya. Semua terserah Anda.

  • Membuat iklan Facebook

Setelah mengklik tombol Continue, Anda akan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu membuat iklan Facebook. Di halaman Ad, Anda diminta untuk mengisi beberapa bagian. Antara lain: Identify, yang menawarkan pada Anda apakah ingin menggunakan Facebook Pagae saja atau Instagram.

Kemudian, Format. Untuk Format, ada beberapa pilihan. Yaitu Carousel, Single Image, Video, dan Slide Show. Anda bebas memilih yang mana saja, salah satu atau semuanya.

Untuk text, Anda dapat memasukkan teks apa saja yang ingin Anda tampilkan di iklan. Atau juga bisa memasukkan link menuju website, landing page, dan lain sebagainya. Setelah semuanya selesai, silakan klik Confirm.

  • Melakukan pembayaran

Setelah klik tombol Confirm, tunggulah beberapa saat hingga muncul pop up untuk metode pembayaran. Ada tiga metode pembayaran yang bisa Anda pilih yaitu, menggunakan kartu kredit atau debit, transfer bank, dan menggunakan kode kupon.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat iklan di Facebook. Cukup mudah, bukan? Semoga dengan artikel ini, Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk mengembangkan bisnis secara lebih maksimal.

Tunggu apalagi, online-kan bisnis Anda dengan membuat website toko online di Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Send Comment