Memilih nama bisnis yang tepat sangat penting bagi sebuah bisnis yang baru berdiri. Nama bisnis yang tepat dan mudah diingat akan memberikan keuntungan yang besar bagi bisnismu. 

Hanya saja memilih nama bisnis yang tepat bukanlah pekerjaan yang mudah. Dan sangat normal jika pada awal memulai bisnis, nama yang dipilih masih terkesan “norak” atau malah tidak menggambarkan bisnis yang sedang dijalankan. 

Bila Kanca Jejualan sedang bingung menentukan nama yang pas untuk bisnis yang saat ini sedang dijalankan, sangat tepat, nih. 

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan semuanya, tentang cara memilih nama bisnis yang tepat. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Cara Memilih Nama Bisnis yang Tepat 

Banyak persiapan yang harus dilakukan saat membangun bisnis. Salah satu yang nampak sepele padahal begitu penting adalah nama brand. Lantas, bagaimana, sih, caranya memilih nama bisnis yang tepat? 

Kanca Jejualan, berikut adalah cara memilih nama bisnis yang tepat: 

1. Singkat, Mudah Diingat, dan Menggambarkan Bisnis 

Kanca Jejualan, salah satu tujuan pemberian nama pada bisnis adalah agar mudah dikenal orang. Karena itu, salah satu syaratnya adalah tidak terlalu panjang. Jika perlu, sederhana. 

Umumnya, perusahaan di Indonesia memiliki nama dengan tiga suku kata. Ya, ini adalah salah satu cara untuk membedakan diri dengan brand asing. 

Kamu Developer Properti? Simak Cara Optimasi Sosial Media Bisnis Properti

Memang, suku kata yang dipilih pada nama bisnis, tidak harus memiliki arti yang berhubungan. Bisa saja, kamu membuat nama bisnis yang terdiri dari gabungan nama mitra bisnis. 

Lantas, bagaimana kalau nama bisis tadi, ingin dimasukkan ke logo? 

Tenang, kamu bisa menyingkat nama tersebut menjadi inisial. Dan agar tidak menimbulkan kebingungan, pilihlah kata yang ada hubungannya dengan bisnis perusahaan. 

Sebagai contoh, jika bisnismu bergerak di bidang jual beli handphone, kamu juga bisa menggunakan kata-kata “Phone”, “Seluler” dan sejenisnya. 

2. Memilih Nama yang Belum Pernah Dipakai 

Hal penting kedua yang harus dilakukan ketika memilih nama bisnis adalah, pilih nama yang belum pernah digunakan orang lain. Selain itu, nama tersebut juga bebas dari hak paten. 

Maka dari itu, kamu harus cermat dalam memilih nama bisnis. Salah satu cara paling mudah adalah mengeceknya menggunakan pencarian Google. Dengan Google, kamu bisa melihat nama apa saja yang telah digunakan oleh orang lain. 

Selain itu, pastikan nama yang kamu pilih tidak berkaitan dengan hal-hal yang buruk. Salah-salah, nama yang berkaitan dengan hal buruk itu, dapat memberikan pengaruh buruk bagi bisnismu. 

3. Menghindari Penggunaan Angka 

Nama bisnis yang unik adalah keharusan. Meskipun begitu, unik bukan berarti beda total dan menyimpang dari rangkaian norma dan aturan. 

Sebisa mungkin, hindarilah penggunaan angka dan karakter untuk nama bisnis. Misalnya, PT. M3ncar1 C1n7a Sejati. 

Penggunaan angka-angka pada rangkaian nama bisnis tersebut, tentu saja membingungkan. Tak cuma itu, penggunaan karakter seperti diatas, malah dapat menurunkan citra bisnismu

4. Gunakan Kamus Sebagai Referensi

Bisa jadi, ketika sedang mencari ide nama bisnis, kamu mengalami kebuntuan. Pada saat-saat seperti ini, kamu bisa menggunakan kamus bahasa sebagai referensi. 

Kamu bisa menggunakan pilihan kata yang mungkin saja ,belum pernah kamu dengar sebelumnya. 

Sebagai contoh, perusahaanmu bergerak di bidang fesyen. Perusahaanmu memiliki adalah brand fashion modern dengan target pengguna yang menyukai keanggunan. Kamu bisa menggunakan nama “Citra Boutique”, misalnya. 

5. Penggabungan Dua kata 

Cara memilih nama bisnis selanjutnya adalah menggabungkan dua kata. Banyak perusahaan terkenal yang mengaplikasikan penamaan jenis ini. Seperti “Biznet”, “GoJek”, dan lain sebagainya. 

Kamu harus jeli dalam memilih nama bisnis dengan cara ini. Sehingga, hasil penggabungan kata akan pas, enak dibaca, dan memiliki ciri khas. 

6. Buat Dari Kata yang Diplesetkan

Ide nama dari kata yang diplesetkan juga patut, untuk dicoba Kanca Jejualan. Sebab, ada beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan menamai bisnisnya dengan cara yang satu ini. 

Beberapa yang terkenal, seperti “Pegipegi”, “BliBli”, “Kalibrr”, “Alodokter”, dan “Jejualan”. Jejualan sendiri adalah plesetan dari kata jualan. 

Selain terlihat unik, nama-nama hasil plesetan juga terdengar catchy dan kekinian. 

7. Menggunakan Kosakata Bahasa Asing 

Mencari nama bisnis dari bahasa asing? Hmm, boleh juga, tidak ada yang melarang, ya, Kanca Jejualan. 

Bahkan, ada banyak sekali perusahaan di Indonesia yang menggunakan kata-kata bahasa asing pada namanya. 

Kamu bisa memilih, menggunakan full rangkaian kata dalam bahasa asing, atau bercampur dengan bahasa Indonesia. 

Alangkah baiknya untuk mencari makna yang relevan dengan bisnis yang kamu geluti. Ya, meskipun kata yang kamu pilih terdengar unik, namun jika tidak ada kaitannya dengan bisnis, tak perlu digunakan. 

Sebagai contoh, kamu sedang menjalankan bisnis tanaman hias rumahan. Kamu bisa menggunakan bahasa lain untuk tanaman. Misalnya, kata “Pianta” dalam bahasa Italia yang berarti tanaman. 

8. Menghindari Penggunaan Aksara Tertentu

Mungkin kamu berpikir, penggunaan aksara Jepang, Korea, atau Arab dapat menarik perhatian. Namun, hal ini tidak direkomendasikan, ya, Kanca Kanca Jejualan. Karena bisa saja menyalahi aturan dan tidak semua orang bisa mengejanya.

Maka dari itu, nama bisnis harus menggunakan alfabet latin. 

9. Buatlah Nama yang Fleksibel 

Nama yang diberikan untuk perusahaan, sudah seharusnya adalah bersifat fleksibel. Artinya, kamu harus memilih nama yang dapat digunakan dalam kondisi apapun. Sehingga, nantinya tak perlu mengganti nama. 

Mengapa Bounce Rate Toko Online Tinggi? Yuk. Kenali Penyebabnya

Hal ini sangat penting bagi perusahaan yang berencana mengembangkan jenis produk baru. Namun, apabila hanya ingin fokus pada satu produk maka buatlah nama yang sangat spesifik. 

10. Memanfaatkan Internet 

Membuat nama bisnis yang unik dari hasil pemikiran memang sangat memuaskan. Tetapi, ada kalanya kamu menemui jalan buntu sehingga harus mencari solusi yang paling praktis. Salah satu caranya adalah melihat referensi dari website khusus pencarian nama. Kamu bisa menggunakan name generator. 

Dengan menggunakan company name generator, akan tersedia banyak rekomendasi nama bisnis yang kamu jalankan. 

Ada beberapa company name generator yang bisa kamu gunakan, antara lain: 

  • Oberlo Business Name Generator
  • Shopify Business Name Generator 
  • Anadea 

Penutup 

Pemilihan nama sangat penting dalam pengembangan bisnis. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara memilih nama bisnis yang tepat. 

Wujudkan ide bisnis onlinemu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

 

Send Comment