Cara memulai bisnis online ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Di era modern yang semakin cepat ini, anda wajib untuk menentukan mana tipe bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan bagi anda. Melihat persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis saat ini, memahami tentang cara memulai bisnis online sangatlah penting. Pasalnya Anda juga membutuhkan website yang nantinya dipakai untuk keperluan jual beli online. Dari data yang ada, pertumbuhan bisnis online yang ada di tanah air meningkat pesat. Bahkan jumlah transaksi di e-Commerce meningkat hingga 500% dalam kurun waktu 5 tahun saja. Hal ini menunjukan bahwa animo pembelian terhadap produk atau jasa via internet sangatlah besar. Kini semua orang ingin mendapatkan yang diinginkan secara praktis dan cepat. Penjual pun banyak yang mulai belajar cara memulai bisnis online supaya bisa memiliki toko online sendiri.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online merupakan sebuah langkah jual beli yang dilakukan perorangan maupun perusahaan dengan menggunakan media internet. Produk tersebut biasanya sudah diatur melalui katalog yang tersedia. Pembeli hanya tinggal masuk ke website tersebut dan memilih mana produk atau jasa yang diinginkan. Setelah itu pembeli bisa masuk ke halaman cart atau keranjang belanja dan melakukan proses payment atau pembayaran.

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

 

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula Maupun Startup

jejualan.com

Cara memulai bisnis online bagi pemula terlihat sangat menantang dan sulit. Apalagi bagi anda yang belum pernah terjun pada bidang ini sama sekali. Bahkan jika anda adalah orang yang tidak memiliki background pendidikan dalam bidang ekonomi atau marketing. Supaya anda tidak kebingungan, berikut adalah urutan dari tahap-tahap yang anda lakukan untuk cara memulai bisnis online bagi pemula tersebut:

Baca Juga: 5 Cara Jitu Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Cara #1: Temukan Apa Yang Dibutuhkan Orang-Orang

Cara memulai bisnis online yang pertama adalah dengan menemukan apa yang dibutuhkan para pelanggan terlebih dahulu. Anda harus memastikan ketersediaan produk yang menjadi target pasar anda. Caranya yang paling mudah adalah berkunjung ke forum diskusi di internet, maupun melalui social media. Disini anda akan menemukan banyak forum yang bisa menyelesaikan masalah anda dalam untuk mencari produk yang sedang trending saat ini. Anda juga bisa melakukan pencarian yang lebih spesifik dengan menggunakan Keyword Planner atau Google Trends. Disini anda bisa menemukan informasi tentang kata kunci paling trending tentang pembelian barang yang banyak dicari orang-orang.

Selanjutnya, anda juga wajib untuk mengecek website pesaing atau kompetitor anda. Sebisa mungkin cari informasi tentang bagaimana mereka bisa menjalankan bisnisnya. Kemudian apa saja yang mereka lakukan guna memenuhi permintaan pelanggan. Bagaimana dengan modal? Tentu saja anda bisa mendapatkan modal dengan mudah karena sejumlah situs e-Commerce yang ada di tanah air saat ini memberikan fitur memberikan modal bagi para pemula. Anda juga bisa mendapatkan modal dengan cara menabung. Misalnya selama satu tahun, anda bisa melakukan riset sebelum memulai bisnis online. Kemudian, dalam setahun itu, menabunglah uang sebanyak mungkin. Dari sini jika setahun sudah terlewati, maka anda akan sudah memiliki modal yang dibutuhkan.

Cara #2: Buatlah Promosi Yang Menarik

Cara memulai bisnis online yang selanjutnya adalah membuat judul promosi yang menarik. Dengan adanya promosi yang menarik tersebut maka anda akan bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan. Promosi yang tepat ibarat sebuah magic yang akan memberikan sugesti kepada pembeli untuk membeli produk yang anda jual. Cara lain adalah dengan memaparkan lebih jauh tentang apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan produk anda. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, anda mungkin juga perlu melakukan riset tentang permasalahan apa yang sedang dihadapi atau dicari banyak orang saat ini. Kemudian mengeluarkan solusi melalui produk atau jasa yang anda kembangkan.

Selain itu, pemilihan gambar juga penting. Jika anda jago editing gambar, anda bisa menciptakan gambar produk anda sendiri tanpa meminta bantuan pakar yang ahli. Di sini anda hanya tinggal melakukan editing sedikit saja yang kemudian bisaa anda kembangkan sendiri untuk membuat sebuah toko online terbaik. Panduan memulai bisnis online dengan memakai gambar dan penawaran terbaik masih menjadi jurus jitu dari dulu sampai sekarang!

Cara #3: Buatlah Website Yang Bagus

 

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula Maupun Startup

jejualan.com

Tutorial cara memulai bisnis online sudah pasti harus memiliki website. Karena namanya saja online, anda harus terhubung dengan internet guna memulai bisnis anda. Sebuah website yang bagus bisa anda bentuk sedemikian rupa menampilan produk-produk yang dibutuhkan oleh pelanggan. Kemudian, anda bisa memanfaatkan web ini untuk menjual produk anda kepada semua orang di seluruh dunia. Pembuatan website sebetulnya tidaklah susah. Anda bisa membuatnya sendiri secara manual dengan memakai Blog atau menggunakan jasa hosting domain. Blog bisa anda pakai jika ingin dapat web gratis. Tapi sangat disarankan memiliki web dengan domain anda sendiri supaya website tersebut terlihat lebih professional.

Jika anda memilih cara memulai bisnis online melalui paket hosting domain, pastikan memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Cara lainnya adalah dengan join bersama website e-commerce. Pasalnya, banyak juga pebisnis online yang kini sukses di internet karena mereka bergabung dengan e-commerce. Disini e-commerce akan menaungi semua penjual dan pembeli untuk bisa bertransaksi dengan aman dan juga mudah.

Cara #4: Membangun Reputasi Bisnis Online Anda

Cara memulai bisnis online yang bisa anda terapkan adalah dengan membangun reputasi yang spesifik untuk bisnis anda. Membangun reputasi ini bisa dilakukan dengan cara menonjolkan tertimony para pelanggan yang sudah puas dengan pelayanan anda. Kemudian, anda juga bisa membangun reputasi dengan menawarkan produk yang harganya lebih terjangkau. Cara lain membangun reputasi adalah menyediakan konten yang bermanfaat bagi pembaca. Sehingga toko yang anda miliki terlihat lebih bagus dan menjual. Disini artikel-artikel atau konten yang berkualitas bisa menjadi solusi paling tepat bagi anda untuk melakuknnya.

Selain itu, sebuah reputasi juga terbentuk dari cara anda menjaga loyalitas pelanggan. Berikan mereka penawaran-penawaran menarik dari toko anda. Hal ini akan memberikan kepada mereka kemudahan untuk membeli lagi produk atau jasa yang anda tawarkan. Selain itu, anda juga bisa menjaga loyalitas pelanggan dengan cara memberikan layanan yang ramah dan professional. Jangan memberikan kesan buruk. Berterima kasih kepada pelanggan, selalu membalas chat atau pertanyaan dari mereka, menyediakan customer support 24 jam adalah ide yang sangat bagus.

Kesimpulannya

 

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula Maupun Startup

jejualan.com

Cara memulai bisnis online bisa anda terapkan dengan menggunakan 4 cara diatas. Sudah banyak orang yang bisa sukses di bisnis online dengan omzet yang luar biasa besarnya. Saatnya mengikuti trend dan perkembangan zaman yang ada saat ini. Dengan cara tersebut maka anda pun akan bisa menerima lebih banyak keuntungan. Persaingan yang semakin ketat juga pastinya akan mengharuskan anda untuk terus menerus menjalankan bisnis yang anda miliki dengan cara yang lebih professional.

Send Comment

Captcha *