Cara mendaftarkan situs ke mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan lain sebagainya adalah hal penting. Setelah anda membuat website, pastinya anda ingin web anda tersebut muncul di Google, bukan? Jadi tak hanya memasukan nama domain anda di browser saja, tapi juga semua secara otomatis bisa muncul di Google. Bahkan untuk beberapa website yang sudah populer, anda akan bisa menemukannya secara instan hanya dengan memasukan kata kunci tertentu. Sebetulnya, untuk bisa membuat situs anda masuk di index pencarian tidaklah susah. Bahkan untuk web berkategori subdomain atau blogspot, semua masih bisa terindex di Google. Perbedaannya hanyalah dari segi rangking saja karena pasti yang lebih unggul adalah website dengan domain sendiri.

Cara Mendaftarkan Situs di Index Pencarian Secara Otomatis

Cara mendaftarkan situs di index pencarian sebenarnya bisa terjadi secara spontan atau langsung tanpa perlu anda ribet melakukannya secara manual. Hal tersebut akan langsung bisa anda dapatkan asalkan sejumlah syarat yang ada didalamnya terpenuhi. Beberapa syarat yang harus anda penuhi antara lain sebagai berikut:

Cara Mendaftarkan Situs Anda Ke Search Engine atau Index Google

jejualan.com

Syarat #1: Memiliki Gambar Yang Mengandung Alt Text dan Gambar Original

Cara mendaftarkan situs langsung di index pencarian sebetulnya bisa dilakukan dengan membuat gambar original buatan anda sendiri. Misalnya anda ingin memasukan gambar pada konten yang ada di web anda, pastikan membuat gambar yang bagus terlebih dahulu melalui Photoshop. Anda bisa mengkombinasikan berbagai gambar, kemudian menambahkan watermark. Dari sini gambar anda akan dinilai sebagai gambar yang original. Setelah itu sematkan pula alt text di gambar ini. Sekedar tips tambahan, sebaiknya anda memasukan alt text berupa keyword. Disini yang dimaksud dengan keyword adalah kata kunci yang serupa dengan tema dari web yang anda miliki tersebut. Dengan demikian, saat ada orang mencari gambar dan memasukan kata kunci tersebut, yang muncul nantinya adalah gambar hasil editing anda. Hal ini akan bisa sekaligus mempromosikan situs anda dengan cara yang mudah hanya menggunakan gambar saja.

Syarat #2: Pastikan Website Anda Mengandung Unsur Teks

Cara mendaftarkan situs di index mesin pencari adalah membuat situs anda memiliki unsur teks didalamnya. Disini yang termudah bisa anda lakukan adalah menciptakan konten atau artikel yang berkualitas. Sangat disarankan menciptakan konten berupa tips-tips terupdate yang bisa digunakan oleh pembaca dengan mudahnya. Disini konten yang berkualitas adalah yang benar-benar asli anda ketik sendiri. Bukan yang anda copy dari sumber lainnya. Kalau anda mengambil dari sumber lain maka peluang anda menduduki peringkat pertama akan semakin jauh. Karena konten anda dianggap tidak asli. Pada dasarnya cara mendaftarkan situs dengan konsep yang satu ini adalah yang paling banyak diterapkan. Terlebih lagi bagi situs yang merupakan kategori media atau penyedia informasi harian kepada pembaca.

Syarat #3: Lengkapi Header dan Meta Description Semua Halaman

Semua komponen yang ada pada website seperti header dan meta description juga harus anda isi dengan lengkap. Pasalnya, hal ini paling penting dalam cara mendaftarkan situs di mesin pencari. Ini akan membuat situs anda semakin SEO Friendly alias mudah ditemukan di Google. Selain itu, pemberian header dan meta description juga akan membantu visitor mengetahui apa yang anda bagikan di situs anda tersebut. Sebuah situs yang bagus adalah yang menyajikan informasi ada di dalamnya secara lengkap dan transparan. Jadi untuk penerapan cara mendaftarkan situs yang satu ini tidak boleh sampai anda lewatkan.

Syarat #4: Buat Website Dengan Menu dan Kategori Halaman Yang Lengkap

Mempercantik website juga akan menjadi cara mendaftarkan situs masuk di index Google. Jadi jangan meremehkan setiap keindahan yang anda ciptakan pada situs anda. Pastikan untuk menciptakan sebuah situs yang lengkap dan jelas halamannya. Ada beberapa menu dan kategori yang juga wajib anda pasang di situs tersebut. Dengan cara inilah maka akan semakin mudah bagi anda untuk bisa memperoleh situs yang benar-benar berkualitas dan juga SEO Friendly.  Anda pun akan mampu menciptakan sebuah situs terbaik yang bisa mendatangkan banyak pengunjung dalam sekejap.

Syarat #5: Buat Sitemap

Jika anda membuat website tentang pusat informasi terupdate atau toko online, maka cara mendaftarkan situs di index Google yang bisa anda lakukan akan lebih gampang lagi! Anda tinggal memasukan saja sitemap untuk situs yang anda buat tersebut. Misalnya anda berjualan snack atau jajanan pasar. Buat sitemap yang memberikan info kepada pengunjung tentang dimana lokasi toko anda. Hal ini selain untuk sarana promosi juga akan bisa membuat website semakin mudah terindex di Google. Setiap harinya selalu ada orang yang mencari produk atau jasa tertentu. Kuliner pun juga tak ketinggalan banyak dicari oleh pengguna dari seluruh dunia. Jadi alangkah baiknya jika anda membuat Sitemap.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Anda Juga Bisa Mendaftarkan Situs Anda Langsung Ke Google

Cara Mendaftarkan Situs Anda Ke Search Engine atau Index Google

jejualan.com

Bagi anda yang tak mau ribet, alias mau instan, anda juga bisa langsung mendaftarkan situs anda ke Google. Cara mendaftarkan situs yang satu ini juga sering dilakukan. Anda tinggal menuju ke page atau halaman submit_content pada Google.com. Disinilah nanti akan langsung terhubung ke pusat index Google. Tugas anda hanyalah memasukan nama website yang anda buat tadi. Pilih Add URL dan masukan nama website anda, kemudian pilih Continue untuk proses yang lebih lanjut. Tinggal tunggu beberapa waktu kemudian situs anda akan langsung terindex oleh mesin pencari. Tak hanya lewat Google saja. Di beberapa situs pencari lainnya seperti Yahoo, Yandex, dan Bing, anda juga bisa melakukan hal yang sama. Khusus untuk di situs pencari Yahoo, anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke kolom search yahoo.com, kemudian pilih Info à Submit. Setelah itu masukkan nama URL website yang anda gunakan.

Patuhi Syarat dan Ketentuan Supaya Situs Anda Terindex Dengan Baik

 

Cara Mendaftarkan Situs Anda Ke Search Engine atau Index Google

jejualan.com

Terkadang setelah melakukan beberapa tahapan diatas belum ada jaminan bahwa situs anda akan langsung terindex. Disinilah anda harus bersabar karena ada beberapa tahapan atau seleksi yang harus dilakukan. Pasalnya setiap mesin pencari memiliki kebijakannya masing-masing dalam hal mengindex situs yang anda daftarkan. Jadi tugas anda selanjutnya adalah bersabar. Anda tak perlu khawatir juga karena waktu yang dibutuhkan juga tidak akan lama. Setelah masuk ke index pencarian, anda bisa menuju ke tahap selanjutnya yakni menciptakan sebuah situs yang ramah SEO. Jadi dengan hanya memasukkan kata kunci tertentu saja, orang sudah bisa melihat hasil situs anda di deretan rangking satu mesin pencari tersebut. Tentu anda harus berlomba dengan kompetitor website lainnya yang juga menyediakan konten yang sama dengan yang anda gunakan. Dari sinilah memberikan konten yang berkualitas sangat penting agar pengunjung betah berlama-lama di situs Anda dan datang lagi.

Send Comment

Captcha *