Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari internet. Dan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling populer tentu saja dengan menjadi freelancer. Memasuki abad ke 21, selain dari internet, cukup banyak pekerjaan yang bisa ditemukan pada media daring lainnya. Bahkan, kamu bisa bebas bekerja dari mana saja sesuka hatimu. Yang penting  pekerjaan selesai tepat waktu dan klien puas dengan pekerjaanmu. 

Ada juga pendapat yang mengatakan freelance adalah bekerja secara lepas atau bebas yang dilakukan orang tanpa terikat kontrak dengan perusahaan atau orang tertentu, dimana pekerjaan dapat dilakukan sesuai keinginan pekerja lepas tersebut. Seorang pekerja lepas dikenal dengan sebutan freelancer.

Pekerjaan freelance dapat dilakukan secara full time ataupun part time. Ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan. Namun tak sedikit juga yang menjadikannya pekerjaan utama. Dan seiring semakin canggihnya teknologi, keberadaan freelancer seperti diakomodasi dan banyak mendapat ruang.

Dari sekian banyak platform yang biasa digunakan para freelancer untuk mengais rezeki di internet, salah satunya adalah Fiverr. Fiverr menjadi tempat terbaik bagi para digital nomad, julukan para freelancer online menghasilkan uang dan mengumpulkan bayaran dalam bentuk dollar. Di platform yang satu ini, setiap freelancer bebas untuk menawarkan jasa mereka pada klien yang tersebar di seluruh dunia. 

Pada artikel kali ini, Kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan tentang cara mendapatkan uang dari internet lewat Fiverr. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. Mari kita mulai!

Apa Itu Fiverr? 

Fiverr adalah sebuah job marketplace yang disukai oleh para freelancer di internet. Ada banyak sekali layanan jasa yang bisa kamu tawarkan di Fiverr. Mulai dari kepenulisan, translasi, desain grafis, edit video, sampai pemrograman dan virtual assistant. 

Pada freelancer yang bergabung di platformnya ,Fiverr menawarkan, untuk memasang harga terendah $5. Dari sinilah awal mula nama Fiverr. Selanjutnya, Kamu bisa menambahkan harga sesuai dan paket tambahan yang dapat Kamu tawarkan sendiri. 

Baca Juga : Rahasia Memulai Bisnis Kaos Distro Merek Sendiri

Misalnya, Kamu bisa menawarkan paket pengerjaan kebut semalam dengan biaya yang lebih mahal misalnya $10. Kamu juga bisa memberikan lisensi penuh serta source file bisa ada pembeli rela merogoh dompet sebesar $100. 

Bagian sebagian orang, 5 Dollar untuk sebuah pekerjaan tentu terasa kecil sekali. Jangan anggap remeh dulu. Karena Fiverr memang memfasilitasi pekerjaan yang bersifat microjobs, atau pekerjaan kecil. Fiverr punya tujuan untuk menyediakan sebuah tempat di mana para pelaku usaha dapat menemukan karyawan lepas, guna menyelesaikan berbagai pekerjaan di bisnis mereka. Sehingga, para pebisnis tersebut dapat lebih fokus mengembangkan bisnisnya. 

Cukup banyak pekerjaan kecil namun memiliki frekuensi yang tinggi dan berulang, yang didelegasikan pada para freelancer. Di Fiverr sendiri, terdapat empat elemen penting yang saling berkaitan. Yaitu: 

  • Buyer

Buyer adalah orang yang memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan. Dengan kata lain, mereka adalah para pemilik bisnis. 

  • Seller 

Seller adalah orang yang mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan. Dengan kata lain, seller adalah freelancer itu sendiri. 

  • Gigs

Bukan, ini bukan gigs yang merujuk pada pertunjukan. Di Fiverr, gigs adalah pekerjaan yang harus diselesaikan. 

  • Fiverr

Platform marketplace untuk layanan freelancer. 

Jasa Apa yang Bisa Dijual di Fiverr? 

Ada banyak sekali jasa yang bisa dijual di Fiverr. Beberapa kategori jasa layanan yang populer di Fiverr, seperti desain grafis, digital marketing, writing & translation, video editing, dan pemrograman. 

Banyak juga sub kategori  yang bisa kamu temukan di Fiverr. Salah satunya adalah digital marketing. Kamu bisa menemukan jasa yang berkaitan dengan digital marketing seperti SEO expert, social media marketing, dan SEM. 

Tips Sukses Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Lewat Fiverr

Untuk bisa menghasilkan uang di Fiverr, tentu saja kamu harus menyediakan layanan. Ketika ada orang yang menggunakan layanan yang kamu jual, peluang untuk mendapatkan uang di Fiverr akan semakin besar.

Berikut adalah tips cara mendapatkan uang dari internet lewat Fiverr: 

1. Buat Gig dengan Niche yang Spesifik

Tips pertama yang bisa dicoba para freelancer adalah membuat gig dengan niche yang spesifik. Misalnya, kamu mempunyai gig di kategori Writing, dengan subkategori content writing. Jika tidak menggunakan niche, target pasarmu akan terlalu luas. Sainganmu akan terlalu banyak,dan sebagian dari mereka mungkin adalah para penulis dengan level seller yang lebih tinggi. Mereka sudah punya bekal pelanggan dan testimoni yang siap menyilaukan siapa saja yang melihat profilnya. 

2. Mengoptimalkan Promosi di Media Sosial

Untuk para freelancernya, Fiverr menyediakan tempat untuk memajang portofolionya. Kamu harus memanfaatkan hal ini dengan baik. Tampilkan karya terbaik kamu miliki. Misalnya, bisa dengan menambahkan foto, video, dan keterangan agar gigmu terkesan meyakinkan dan profesional.

Baca Juga : 10 Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik, Salah Satunya dari Indonesia

Dengan terlihat kompeten, buyer akan teryakinkan untuk menggunakan jasamu. 

Optimalkan gigmu dengan menulis judul yang menarik, dengan copywrtiting yang meyakinkan. Dan, jangan lupa juga untuk menampilkan foto thumbnail yang menarik. 

3. Rajin Mengirim Buyer Request

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengirimkan ke buyer request. Di Fiverr, ini adalah cara yang normal untuk usaha mendapatkan buyer pertama. Setelah mendaftar sebagai seller, lalu membuat gig pertama. Kamu bisa melihat ada pekerjaan apa saja yang dibutuhkan buyer di Fiverr dengan melihatnya di buyer request.

Di sana, kamu akan menemukan banyak buyer request, ya semacam lowongan pekerjaan begitu. Satu seller boleh mengirimkan hingga 10 offer setiap harinya. 

4. Upayakan Selalu Dapat Rating yang Positif

Di platform job marketplace manapun, rating adalah yang utama. Termasuk di Fiverr. Orang tidak akan tertarik membeli gig yang kamu tawarkan jika ratingnya kurang dari 95%. Misalnya, jika kamu baru punya 10 gig, dan ada satu gig yang negatif, nilai ratingmu sudah 90% saja. 

Salah satu trik yang bisa kamu coba adalah dengan meminta buyer memberikan rating 5 bintang. Dan sebagai imbalannya, kamu akan memberikan ekstra free service pada mereka. 

5. Kirim Pekerjaan Sebelum Deadline

Usahakan untuk selalu menyelesaikan dan mengirimkan pekerjaan sebelum waktu yang dijanjikan. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan buyermu. Hal ini juga membuat mereka punya kesempatan untuk melakukan review, dan melakukan perbaikan jika diperlukan. 

Penutup

Itulah tadi cara mendapatkan uang dari internet lewat Fiverr. Berikut dengan tips dan trik yang bisa kamu coba. Meskipun hanya platform freelance, jika memang sungguh-sungguh, akan besar peluang untuk bisa sukses di Fiverr. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

Send Comment