Bagi banyak orang, mencari ide untuk menulis adalah perkara yang mudah. Begitu ada ide yang melintas, sebuah tulisan bisa selesai dengan cepat. Tapi beda ceritanya untuk orang yang sering kesulitan untuk menemukan ide dan gagasan ,lalu kemudian dituliskan. Sebuah masalah, yang banyak dialami oleh para blogger. Mulai dari blogger yang masih pemula, hingga yang sudah punya jam terbang tinggi.

Media sosial populer, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, selama ini sering menjadi tempat para blogger untuk menemukan ide-ide terbaik tulisan mereka. Namun ada kalanya, informasi yang dibutuhkan sebagai ide tulisan malah tidak dapat ditemukan di ketiga platform tadi. Maka, Anda bisa mengandalkan Quora. Sebagian dari Anda, tentu sudah pernah, setidaknya sekali mendengar nama ini, bukan?

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, Kami akan membagikan ada Kanca Jejualan semua, tentang cara menggunakan Quora untuk tulisan di blog. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Quora Adalah

cara menggunakan quora

cara menggunakan quora

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menggunakan Quora, mari mengingat kembali, apa itu Quora. Pada hari-hari ini, ketika ada sebuah pertanyaan terlintas di kepala, internet tentu saja menjadi tempat pertama yang akan Anda tuju. Karena internet adalah sebuah tempat, di mana segala informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat.

Bagi Anda yang belum tahu, Quora adalah website tanya jawab berbasis komunitas. Tempat orang mencari informasi. Setiap konten di website ini, dibuat oleh pengguna. Hal ini juga termasuk pengeditan, dan diatur oleh orang yang sama, yang menggunakan website tersebut.

Setelah melihat tentang apa itu Quora diatas, masih saja ada yang bertanya mengapa tidak menggunakan mesin pencari, seperti Google misalnya. Alasannya adalah, Quora memiliki beberapa hal, yang tidak dimiliki tools untuk mencari informasi sejenis. Misalnya, Quora memungkinkan penggunanya untuk membuat jejaring sosial dan mengikuti topik yang mereka sukai. Selain itu, bagi Anda yang menginginkan jawaban dengan kualitas tinggi, juga bisa menggunakan Quora. Dan yang terakhir, Quora memungkinkan penggunanya untuk memberikan suara pada jawaban, untuk menyorot informasi yang paling akurat.

Keuntungan Menggunakan Quora

Sejak kali pertama diluncurka oleh mantan kepala teknis Facebook, Adam D’Angelo, Quora memiliki pertumbuhan pengguna yang sangat pesat. Hal ini tak lepas dari banyak pengguna yang merasa diuntungkan dengan kehadiran Quora. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Quora:

Mengikuti Topik yang Anda Minati

cara menggunakan quora

cara menggunakan quora

Anda bisa menggunakan Quora sebagai website yang bagus untuk sarana belajar. Ajukan pertanyaan yang bersifat dapat memicu terjadinya sebuah dialog, bukan sebatas ya dan tidak sebagai jawaban. Hindari untuk membuat pertanyaan yang sudah ada sebelumnya. Karena itu, selalu telusuri pertanyaan yang ingin Anda tanyakan terlebih dahulu. Siapa tahu sudah ada yang menanyakan dan menjawab pertanyaan sejenis.

Menjaring ide

Quora adalah tempat terbaik untuk menjaring ide, baik untuk konten website, atau bahkan ide bisnis. Teliti cerita atau ide tentang blog. Ajukan pertanyaan tentang pesaing Anda, lakukan evaluasi. Anda bahkan bisa mengajukan pertanyaan secara anonim.

Baca Juga : 5 Ide Bisnis Rumahan di Masa Pandemi 

Belajar Dari yang terbaik

Kualitas jawaban di Quora, bisa dibilang cukup mengesankan. Pengguna Quora bisa memanfaatkan gagasan dari para pakar yang banyak memberikan jawabannya di Quora. Ada banyak sekali ahli lintas bidang, yang memiliki akun Quora, dan rajin memberikan jawaban untuk para penanya di seputar topik-topik tertentu.

Bagaimana Cara Menggunakan Quora?

Untuk bisa menggunakan Quora, pertama-tama, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa mempelajari fungsi dasar situs yang satu ini. Selain cukup mudah, membuat akun Quora juga gratis.

Cara Membuat Akun Quora

Pertama, ketika baru masuk ke halaman utama Quora, Anda akan ditanyai, apakah ingin login atau membuat akun baru. Dari pop up yang baru muncul, silakan klik “Sign Up With Email”. Setelah itu, Anda akan diminta untuk melengkapi semua informasi yang diperlukan  saat membuat sebuah akun baru.

Baru kemudian Anda bisa mulai mengikuti tema atau topik-topik menarik yang ingin diikuti. Tema apapun yang Anda ikuti nantinya, maka konten yang berkaitan tersebut akan muncul di feed Anda.

Cara Menggunakan Quora Untuk Ide Tulisan Blog

cara menggunakan quora

Cara menggunakan Quora, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ketika Anda menggunakan layanan seperti Yahoo! Answer, forum online, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan niche atau tema pada blog. Atau, Anda juga menggunakan pertanyaan orang lain dan jawaban yang ada untuk ide tulisan di blog.

Dan ingat, Quora bisa membantu Anda untuk mendapatkan ide berkualitas atau inspirasi segar untuk tulisan Anda.

  • Menemukan Ide Tulisan yang Baru

Ini adalah cara menggunakan Quora yang paling bermanfaat untuk pengembangan blog Anda. Ketika Anda mendaftar di Quora, Anda akan dihadapkan dengan berbagai topik yang disediakan. Pilihalah topik yang sesuai dengan blog Anda.

Beragam pertanyaan dan jawaban dari penggunanya bisa Anda manfaatkan untuk menemukan ide untuk tulisan terbaru Anda. Gunakan pertanyaan-pertanyaan sebagai topik tulisan Anda. Dan Anda bisa menjadikan pertanyaan sebagai sebuah tulisan di blog. Anda juga bisa menjawab pertanyaan tadi dengan menyertakan alamat tautan tulisan Anda untuk menjawabnya.

  • Mengetahui Sejauh Mana Potensi Ide tulisan Dengan Bertanya di Quora

Dengan Quora, Anda bisa menanyakan tentang ide, yang nantinya bisa dibahas di blog Anda. Ketertarikan pengguna dalam merespon dan menjawab pertanyaan, serta sejauh mana potensi ide tersebut untuk dibahas di blog Anda. Tanyakan semua ide Anda, dan seleksi mana yang paling penting untuk dibahas dan mana yang kurang menarik untuk dibahas.

  • Mengukur Sejauh Mana Wawasan Anda Sebagai Blogger di Topik Tertentu

Dengan Quora, Anda bisa dengan bebas bertanya dan menjawab tentang niche yang menarik bagi Anda. Ukurlah sejauh mana keahlian dan kemampuan Anda sebagai blogger di topik-topik tertentu. Caranya tentu saja dengan menjawab berbagai pertanyaan yang ada. Anda juga bisa melihat jawaban pengguna lain terhadap jawaban Anda tersebut.

Penutup

Mengembangkan blog sangat bergantung pada cara Anda untuk menyampaikan ide lewat tulisan. Dan salah satu website yang bisa digunakan untuk mendapatkan gagasan adalah Quora. Selain mudah menggunakannya, ada banyak ide-ide yang bisa Anda dapatkan dari website tersebut. Semoga artikel ini mampu memberikan jawaban yang memuaskan tentang cara menggunakan Quora untuk ide tulisan blog.

Wujudkan ide bisnis online-mu dengan website toko online. Mau punya website toko online sendiri? Tunggu apalagi, buat toko online-mu bersama Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

Send Comment