Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi di masa pandemi yang segalanya berjalan tidak pasti beberapa waktu belakangan ini. Menggantungkan kebutuhan hidup seutuhnya hanya dari gaji, sepertinya menjadi hal yang berat kini.

Bisnis sampingan menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pada era yang serba terbuka dan cepat kini, semua hal bisa dilakukan di manapun dan kapanpun, termasuk dalam hal bisnis.  Anda juga tidak perlu mencari tempat usaha atau berinvestasi untuk membangun lahan bisnis Anda sendiri. Ya, karena Anda bisa melakoni bisnis hanya dari rumah, alias bisnis rumahan.

Bisnis rumahan tidak membutuhkan tempat dan modal yang cukup besar. Dengan keterampilan yang Anda punya, jaringan, kemampuan menganalisa tren, dan akses internet, bisnis rumahan Anda sudah bisa berjalan. Bisnis rumahan bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik anak muda, ibu rumah tangga, atau pekerja kantoran  yang ingin keluar dari rutinitas yang itu-itu saja.

Tetapi, meskipun memiliki niatan untuk berbisnis, tak sedikit orang yang akhirnya memilih mengurungkan niat untuk turun gelangggan berbisnis. Salah satunya karena terkendala ide bisnis. Kendala ini umum dihadapi olehmereka yang baru akan terjun berbisnis.

Padahal, sejatinya ada sangat banyak ide bisnis rumahan, yang kalau diseriusi  memiliki potensi penghasilan yang luar biasa. Kanca Jejualan pada artikel ini, kami akan membagikan ide bisnis rumahan kepada Kanca Jejualan semuanya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis rumahan, patut Anda pahami bahwa tidak semua bisnis harus mengeluarkan modal yang besar. Pada dasarnya, ada banyak sekali bisnis rumahan yang bisa dimulai dengan modal yang minim. Ada banyak jenis pilihan bisnis rumahan dengan modal terbatas, yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Berikut ini adalah ide bisnis rumahan modal kecil yang dapat dijadikan inspirasi:

1. Jasa Katering Harian

Ide bisnis rumahan modal kecil yang pertama adalah jasa katering harian. Dengan semakin banyaknya orang yang tenggelam dalam kesibukan pekerjaan, ini adalah peluan bisnis rumahan yang bagus. Anda bisa mulai membuka bisnis katering harian. Jika Anda memiliki keahlian untuk mengolah bumbu-bumbu menjadi santapan yang lezat, membuka bisnis katering adalah ide yang tepat.

Buatlah menu-menu yang menarik, lezat, dan menggugah selera, sehingga akan mencipatakan pelanggan loyal Anda sendiri.

Baca Juga : Peluang Bisnis Katering dan Analisa Bisnisnya

2. Membuka Online Shop

ide bisnis rumahan

Salah satu ide bisnis rumahan yang cukup umum dan populer adalah membuka online shop. Mengapa bisa demikian? Ya, karena membuka online shop atau toko online kini sangat mudah dilakukan. Apalagi jika menggunakan layanan website toko online Jejualan. Di mana, Anda bisa memiliki website toko online sendiri 20 detik setelah proses registrasi tuntas.

Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh bisnis yang satu ini membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi siapapun yang ingin memulai bisnis dari rumah. Jika Anda masih ingin belajar bagaimana mengelola toko online, Anda bisa memulainya dengan menggunakan metode dropshipping dan menjadi reseller.

Dari situ, Anda akan dapat belajar banyak. Kira-kira jenis toko online apa yang cocok, yang bisa Anda jalankan.

3. Jasa Cuci Sepatu

Untuk Anda yang memiliki minat lebih di bidang persepatuan, jasa cuci sepatu bisa menjadi ide bisnis rumahan yang dapat dicoba. Ada beberapa hal yang menjadikan bisnis cuci sepatu menjadi menarik. Misalnya, semakin tingginya peminat sepatu di Indonesia. Para penggemar sepatu tersebut banyak yang menaruh perhatian pada kebersihan sepatunya.

Dan tentunya, bisnis ini bisa dimulai tanpa modal yang besar. Dengan dana tidak sampai 5 juta rupiah, Anda bisa mulai menjalankan jasa cuci sepatu kecil-kecilan.

4. Menjadi Freelancer Online

ide bisnis rumahan

Ya, Anda tidak salah membaca. Menjadi pekerja freelance kini juga banyak dijadikan pilihan orang yang tak mau lagi terikat kehidupan di kantor yang serba mengikat. Pilihan menjadi seorang freelancer umumnya dipilih oleh orang yang memiliki keahlian di bidang-bidang tertentu.

Keahlian yang umum dimiliki orang-orang yang terjun sebagai freelancer juga cukup bervariasi. Mulai dari menulis, translator, SEO specialist, desain, dan ilustrasi, hingga coding. Ada juga virtual assistant online yang kini juga banyak dicari.

Masih banyak sebenarnya skill lain yang dibutuhkan untuk menjadi digital nomads (sebutan lain freelancer online).

5. Jasa Laundry Kiloan

Di zaman yang serba cepat seperi saat ini, sebagian besar orang menyukai hal-hal yang praktis. Terutama mereka yang sibuk bekerja. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha jasa laundry kiloan.

Apalagi jika Anda tinggal di lingkungan pusat perkantoran atau pusat pendidikian. Bisnis laundry Anda memiliki potensi untuk cepat berkembang.

Tips Sukses Berbisnis Dari Rumah

Berbisnis dari rumah kini tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Jika serius menjalankannya, bukan tidak mungkin bisnis rumahan tak hanya sekedar sampingan belaka, menjadi mata pencaharian utama. Berikut ini adalah tips sukses berbisnis dari rumah:

1. Jangan Takut Gagal

Seorang pebisnis umumnya hanya mengenal dua pilihan: sukses atau gagal. Meskipun masih dan pemula, Anda harus bisa mengatasi rasa takut akan kegagalan. Perasaan takut gagal hanya akan menghantui setiap Anda akan mengambil keputusan dan menentukan arah bisnis kedepannya.

Jika terus menerus dikungkung oleh rasa takut terus menerus, sangat besar bisnis yang Anda jalankan akan gagal. Karena itu, penting untuk membangkitkan mental pemenang di dalam diri. Yakinkan diri sendiri, bahwa Anda memiliki lebih banyak hal untuk membawa bisnis rumahan Anda pada jalan kesuksesan.

2. Memilih Bisnis yang Sesuai Dengan Passion

Ada yang bilang ini adalah tips usang dan tidak relevan. Tapi nyatanya, menjalankan bisnis tanpa passion dapat berujung pada kegagalan. Membangun bisnis adalah hal yang tidak semudah membalik telapak tangan. Namun jika Anda menjalankannya dengan passionate, semangat, semua akan terasa mudah karena Anda benar-benar melakoni hal-hal yang disukai.

3. Menentukan Visi dan Misi Bisnis

ide bisnis rumahan

Menentukan visi dan misi akan membantu Anda menentukan tujuan dan arah bisnis rumahan Anda. Dengan memiliki target Anda akan terus terpacu agar bisnis terus berkembang.

4. Menghitung Modal yang Dibutuhkan

Tidak bisa dipungkiri, setiap bisnis membutuhkan modal. Penting untuk menghitung apakah modal yang Anda miliki cukup untuk memulai usaha yang Anda pilih.

Kesimpulan

Siapa yang tak ingin berada di rumah saja tapi tetap menghasilkan. Berbisnis adalah solusinya. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi ide bisnis rumahan untuk Kanca Jejualan.

Supaya bisnis rumahan Anda makin eksis, jangan lupa untuk membuat website toko online Anda di Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. Klik di sini untuk informasi selanjutnya.

 

Send Comment