Menjadi freelance online adalah profesi yang menarik. Mengapa? Karena model kerja modern ini menggabungkan dua unsur utama. Unsur tersebut adalah teknologi, dan komunikasi. Para pekerja ranah freelance  ini dibutuhkan dalam berbagai jenis industri. Seperti pemasaran dan periklanan, penerbitan, hingga komunikasi digital.

Ada banyak platform yang biasa digunakan para freelancer untuk mengais rezeki di internet. Salah satunya adalah Fiverr. Fiverr menjadi tempat terbaik bagi para digital nomad menghasilkan uang dan mengumpulkan pundi dalam bentuk dollar. Di platform yang satu ini, setiap freelancer bebas untuk menawarkan jasa mereka pada klien yang tersebar di seluruh dunia. 

Pada artikel kali ini, Kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan tentang cara menghasilkan uang dari Fiverr. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. Mari kita mulai!

Mengenal Apa Itu Fiverr

Fiverr adalah salah satu marketplace yang disukai oleh para freelancer di internet. Ada banyak sekali layanan jasa yang bisa kamu tawarkan di Fiverr. Mulai dari kepenulisan, translasi, desain grafis, edit video, sampai pemrograman dan virtual assistant. 

Fiverr menawarkan pada freelancer yang bergabung di platformnya, untuk memasang harga terendah $5. Dari sinilah awal mula nama Fiverr. Selanjutnya, Kamu bisa menambahkan harga sesuai dan paket tambahan yang dapat Kamu tawarkan sendiri. 

Baca Juga : Rahasia Memulai Bisnis Kaos Distro Merek Sendiri

Misalnya, Kamu bisa menawarkan paket pengerjaan kebut semalam dengan biaya yang lebih mahal misalnya $10. Kamu juga bisa memberikan lisensi penuh serta source file bisa ada pembeli rela merogoh dompet sebesar $100. 

Jasa Apa yang Bisa Dijual di Fiverr? 

Ada banyak sekali jasa yang bisa dijual di Fiverr. Beberapa kategori jasa layanan yang populer di Fiverr, seperti desain grafis, digital marketing, writing & translation, video editing, dan pemrograman. 

Banyak juga sub kategori  yang bisa kamu temukan di Fiverr. Salah satunya adalah digital marketing. Kamu bisa menemukan jasa yang berkaitan dengan digital marketing seperti SEO expert, social media marketing, dan SEM. 

Cara Menghasilkan Uang dari Fiverr

Untuk bisa menghasilkan uang di Fiverr, tentu saja kamu haru menyediakan layanan. Ketika ada orang yang menggunakan layanan yang kamu jual, peluang untuk mendapatkan uang di Fiverr akan semakin besar. 

Di Fiverr, kamu bebas menentukan berapa harga layananmu. Sehingga, kamu bisa memperkirakan, berapa yang bisa kamu dapatkan ketika membuka gigs di Fiverr. 

Berikut ini adalah cara menghasilkan uang dari Fiverr: 

1.   Penulis

Jenis pekerjaan freelance yang cukup populer pertama adalah penulis. Jika kamu merasa memiliki talenta dalam memilih, jangan sia-siakan begitu saja kemampuan tersebut. Menulis adalah salah satu pekerjaan freelance yang paling banyak dibutuhkan dan mempunyai peminat yang banyak. Kamu dapat mengekspresikan apa yang dirasakan dalam bentuk kata-kata.

Menjadi penulis freelance cocok dilakukan untuk kamu yang masih mahasiswa, pekerja paruh waktu, atau siapapun yang suka dan cinta dunia tulis menulis. Banyak informasi mengenai lowongan penulis freelance. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di internet. Umumnya, penulis akan menulis sesuai orderan. Website yang menyediakan lowongan penulis online antara lain Upwork, fiverr, dan lain sebagainya. 

2.   Desainer grafis

Di zaman sekarang ini, keberadaan desainer grafis sangat dibutuhkan. Sebuah layanan atau produk dari sebuah brand biasanya membutuhkan sentuhan visual artistik, yang bertujuan menarik minat pemirsa terhadap produk atau layanan tersebut.

Baca Juga : 10 Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik, Salah Satunya dari Indonesia

Selain memiliki taste yang bagus, seorang desainer grafis harus mempunyai skill untuk menerjemahkan briefing dari klien menjadi visual yang sarat pesan. Beberapa tools yang dikuasai antara lain software pengolah gambar seperi Adobe Photoshop, CorelDraw, dan lain-lain.

3. Fotografer

Pekerjaan sebagai fotografer bisa dibilang adalah jenis freelancer yang tak lekang oleh waktu. Keberadaan fotografer dibutuhkan untuk beragam keperluan acara. Mulai dari pernikahan, pesta ulang tahun, wisuda, dan event-event khusus lainnya. Jika hobi fotografimu didukung dengan kemampuan memotret dan skill editing foto yang baik, mulailah untuk menawarkan jasa fotografi kamu .

4. Programmer

Apa sih pekerjaan yang dilakukan seorang programmer itu?

Membicarakan pekerjaan yang dilakukan programmer, ada banyak pekerjaan yang bisa mereka lakukan. Dari membuat website, membuat game, aplikasi mobile, system informasi, dan lain sebagainya. Saat ini, kebutuhan terhadap programmer sangat tinggi karena banyak brand yang membuat aplikasi mereka sendiri, yang bertujuan menarik pengguna lebih banyak.

Saat ini, hampir di semua website marketplace freelance, programmer selalu dicari. Terutama mereka yang memiliki kemampuan fullstack, alias menuguasai semua Bahasa pemrograman.

5. SEO Specialist

Di fiverr, sangat banyak freelancer yang menawarkan jasa SEO. Mereka menawarkan jasa, misalnya riset kata kunci untuk website klien untuk mesin pencari. Di Google contohnya. Tugasmu adalah memastikan hasil risetmu memuaskan klien agar dapat mengembangkan blognya. 

6. Data Entry

Buat kamu yang jago ngetik, pekerjaan sebagai data entry bisa jadi pilihan. Untuk bisa menjadi seorang data entry, setidaknya kamu harus menguasai dasar-dasar komputer, seperti Word, Excel, dan aplikasi lain yang berkaitan dengan spreadsheet.

Jenis pekerjaan data entry juga sangat banyak lho, dari mulai mengisi survei, mengisi formulir, hingga mengubah gambar menjadi teks adalah tugas seorang data entry.

7. Menjadi Translator

Seorang penerjemah memiliki peran yang penting, beberapa diantaranya di sector bisnis dan Pendidikan. Terlebih masih banyak orang yang memiliki kemampuan terbatas dalam berbicara, mendengar, dan menulis menggunakan Bahasa asing.

Fiverr adalah platform yang secara khusus menyediakan jasa pekerjaan freelance online. Dan salah satu jenis jasa yang paling banyak peminatnya adalah jasa penerjemah. Kamu bisa mulai membangun portofoliomu sendiri. Menemukan jasa penerjemah yang berkualitas tidaklah mudah. Seorang penerjemah yang berkualitas adalah hal yang tidak mudah.

8. Jasa Layanan Media Sosial

Salah satu jasa yang paling banyak dicari di era saat ini adalah pengelola media sosia. Banyak pebisnis yang mencari orang-orang terbaik yang mampu menghandle sosial media mereka. Dan Fiverr menyediakan banyak freelancer yang memiliki keahlian social media management. Jika kamu memiliki skil di bidang social media management, seperti manajemen postingan, cara meningkatkan engagement dan followers, bidang ini bisa kamu coba lho. 

Penutup

Fiverr adalah satu dari sekian banyak website yang bisa digunakan oleh para freelancer online untuk mendapatkan penghasilan. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaanmu tentang bagaimana cara mendapatkan uang di Fiverr. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

 

 

 

 

 

Send Comment