Ada sebuah pertanyaan untuk Kanca Jejualan yang sedang menjalankan aktivitas email marketing: apa tujuanmu melakukan email marketing? 

Kalau yang menjadi tujuanmu adalah, katakanlah untuk meningkatkan penjualan, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah mengoptimalkan email marketing tersebut. Bagaimana caranya? Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menggunakan email marketing automation. 

Email marketing telah menjadi strategi online marketing yang efisien. Tak hanya itu, email marketing juga sangat efektif untuk membangun kedekatan personal antara brand degan konsumennnya. Dan tools email marketing juga sangat banyak di luar sana. Peruntukannya juga sangat variatif, tergantung dari tujuan brand yang menggunakannya. 

Utnuk itu, pada artikel kali ini, kami akan mengajak Kanca Jejualan, untuk belajar bagaimana cara memaksimalkan email marketing menggunakan email marketing automation. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Email Marketing Automation? 

Email marketing automation adalah rangkaian email yang secara otomatis terkirim ke pelanggan dan calon konsumen potensial. Dengan menggunakan autoresponder, kamu bisa menjadwalkan pengiriman email berdasarkan interaksi pemirsa dengan bisnismu. 

Sebagai contoh, ketika seseorang mendaftarkan diri untuk berlangganan newsletter, secara otomatis, kamu bisa mengirimkan email secara otomatis. 

Mengapa Harus Mengotomatisasi Email? 

Ada satu pertanayaan yang banyak diutarakan terkati otomasi email. Mengapa harus melakukan otomasi email? Jawaban paling tepat atas pertanyaan ini adalah terletak pada kuantitas. Sangat mustahil rasanya menulis satu per satu email untuk para pelanggan yang jumlahnya mungkin ribuan. Sangat tidak mungkin. 

Baca Juga: Instagram Marketing Tools Untuk Pemula

Sebaliknya, otomatisasi email memungkinkanmu untuk fokus membuat email yang yang sesuai dengan kebutuhan audiens, dan mengirimkannya pada waktu tertentu. Pilihan ini jelas lebih baik daripada kamu harus menulis satu per satu email untuk ribuan pelanggan, bukan?

Salah satu kekhawatiran ketika menggunakan otomasi email adalah, mengurangi rasa personal dari sebuah email. Apakah memang demikian? Setiap email memang memiliki sisi uniknya, tetapi tetap dapat menampilkan sisi personalnya. 

Maka dari itu, sebenarnya, kamu tidak perlu khawatir. Tools email automation memungkinkanmu untuk mengelompokkan audiens berdasarkan minat dan perilaku mereka. Masing-masing audiens dapat dikelompokkan dalam segmennya masing-masing. Dengan segmentasi, artinya ada banyak cara untuk mempersonalkan setiap email yang kamu kirimkan. 

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Email Marketing Automation? 

Email marketing otomatis, dipercaya dapat menghasilkan hasil yang memuaskan. Namun email marketing otomatis tak selamanya bisa digunakan setiap saat. Ada saat-saat tertentu, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Apa saja? 

Permintaan Untuk Menyelesaikan Pembelian

Sebagai penjual ,ketika melihat ada transaksi yang belum diselesaikan oleh konsumen, tentu gemas rasanya. Ada banyak alasan yang membuat konsumen belum menyelesaikan transaksinya. Penyebab yang paling umum adalah bahwa mereka belum siap untuk membeli barang tersebut. 

Dan email otomatis adalah cara yang tepat untuk membuat mereka segera menyelesaikan transaksi. Ketika seorang konsumen belum menyelesaikan transaksinya, kamu bisa mengirimkan email otomatis, agar mereka segera menyelesaikan transaksi. Email ini akan mengingatkan pelanggan, bahwa mereka memiliki transaksi yang harus segera diselesaikan. 

Mengirim Newsletter ke Pelanggan 

Salah satu sisi positif dari internet adalah, kamu tetap bisa terhubung dengan pelanggan, meskipun mereka sudah jarang mampir ke websitemu. Maka salah satu cara terbaik untuk membuat mereka kembali ke websitemu adalah dengan mengirimkan email marketing secara rutin. 

Bagikan konten  terbaikmu pada pelanggan. Buat mereka ingin selalu kembali ke websitemu. Misalnya, kamu bisa membagikan tips-tips menjadi reseller yang sukses. Berikanlah denga contoh nyata, dan mereka akan dengan senang hati untuk membaca. 

Email Promosi

Salah satu manfaat dari email marketing otomatis dapat mengirimkan pesan secara terjadwal. Bukan, bukan berarti kamu harus mengirimkan email penawaran setiap hari. Salah satu pesan terjadwal yang bisa kamu kirimkan adalah email promosi. 

Buatlah perencanaan email promosi yang matang. Dengan email otomatis, kamu bisa fokus membuat konten promosi yang menarik, tanpa harus bingung bagaimana cara mengirimkannya. 

Email Selamat Datang

Email selamat datang adalah email yang dikirimkan pada pengunjung, sesaat setelah mereka mendaftarkan diri ke websitemu. Dan email otomatis adalah cara yang tepat, untuk menyambut setiap pengunjung yang mendaftarkan diri ke website. Rasanya, sangat tidak mungkin untuk memandangi layar komputer sepanjang hari, hanya untuk melihat siapa saja mendaftar dan membalasnya satu per satu. 

Baca Juga: Strategi Online Marketing Untuk Pemula

Ucapkan terima kasih sudah bersedia berlangganan ke websitemu. Dan jelaskan, apa yang akan mereka dapatkan jika berlangganan pada websitemu. 

Membalas Komplain Pelanggan Secara Otomatis 

Ketika ada pelanggan yang komplain, tentu mereka ingin mendapatkan respon secepat mungkin. Dengan email otomatis, kamu bisa menenangkan mereka, bahwa keluhan mereka sedang ditangani. Buatlah email otomatis yang menjelaskan bahwa kamu sedang berupaya untuk memperbaiki masalah tersebut. Hal ini setidaknya membuat pelanggan yakin, bahwa kamu serius menangani masalah mereka. 

Kapan Saat Untuk Tidak Menggunakan Email Otomatis? 

Ada kalanya, kamu tidak boleh menggunakan email otomatis. Misalnya, karena hal yang ingin disampaikan pada pelanggan sangatlah personal. Misalnya ketika merespon keluhan pelanggan pada produk atau layananmu. Misalnya, kamu sudah membalas email otomatis mereka dengan email marketing automation. Namun, jangan sampai menggunakan email otomatis lagi, ketika merespon keluhan lanjutan mereka. Jangan sampai pelanggan merasa tersinggung karena keluhan mereka dijawab dengan email otomatis. Pelanggan merasa ,bahwa kamu tidak bekerja secara maksimal untuk menyelesaikan keluhan mereka. 

Tools Email Marketing Automation Terbaik 

Bagaimana cara menulis email marketing yang bagus? Kamu bisa memulainya dengan memilih tools email marketing. Ada sangat banyak tools email marketing automation yang beredar di pasaran saat ini. Jadi, kamu harus bisa cermat memilih tools email marketing yang tepat. Berikut adalah beberapa tools otomasi email marketing yang bisa kamu coba: 

Mailchimp 

Kalau kita membicarakan tools email marketing automation, tentu sulit untuk tidak menyebut MailChimp. Siapa yang tidak kenal dengan tools email marketing yang satu ini. Apalagi, untuk akun yang memiliki kurang dari 2 ribu pelanggan, MailChimp menyediakan layanan gratis. Namun, fitur yang didapatkan tentu saja lebih terbatas. Kamu hanya bisa mengirimkan 12 ribu email per bulan. 

Fitur gratis yang bisa kamu dapatkan antara lain: Template email, segmentasi audiens, dan performance report. 

Zoho Campaigns

Zoho Campaigns memiliki layanan gratis, yang mirip dengan MailChimp. Antara lain seperti pengiriman email gratis hingga 12 ribu email, kepada 2 ribu pelanggan.  Fitur yang diberikan masih terhitung bagus untuk layanan gratisannya. Namun, agar bisa menggunakan fitur automation nya, kamu harus berlangganan. 

Penutup 

Menggunakan email marketing automation adalah cara yang tepat agar aktivitas email marketingmu semakin opitmal. 

Wujudkan ide bisnismu dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik. 

Send Comment