Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar pekerjaan sebagai desainer grafis? Umumnya bayangan yang muncul kepala adalah pekerjaan yang berkaitan dengan seni desain grafis. Mulai dari majalah, poster, kartu undangan, sampai baliho dan banner yang biasa terlihat di jalanan. Dan seiring dengan perjalanan waktu, barang-barang terkait desain grafis semakin bertambah nilainya dengan adanya tambahan elemen lain. Misalnya saja seperti infografis, kartu nama digital, desain media sosial, hingga desain kutipan caption Instagram di era yang serba digital saat ini. 

Mengenal Pekerjaan Desainer Grafis

Banyak hal yang bisa dikerjakan oleh seorang desainer grafis. Mulai dari pembuatan grafik dan layout untuk berbagai macam produk, termasuk logo perusahaan, situs web, pakaian, buku, game, hingga buku manual sebuah produk. Seorang desainer grafis harus memiliki pemahaman yang bagus tentang warna, konstruksi gambar, jenis font, dan berbagai hal bersifat artistik lainnya. Ini sangat penting agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh pemirsa tertarget. 

Baca Juga : 10 Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik, Salah Satunya dari Indonesia

Skill yang harus dimiliki seorang desainer grafis: Kemampuan menggambar, baik secara manual ataupun menggunakan tool digital. Juga harus kreatif dan inovatif, komunikatif. Tak ketinggalan juga, desainer grafis juga minimal harus memahami penargetan audiens dan mahir menggunakan software pengolah gambar.Software pengolah gambar populer antara lain: Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, Corel Graphic Suite, dan lain sebagainya. 

Kanca Jejualan, pada artikel kali ini, kami akan berbagi denganmu tentang bagaimana cara menjual desain grafis di Fiverr. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Cara Menjual Karya Desain Grafis Secara Online 

Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan oleh seorang desainer grafis yang ingin menjual desain online di internet. Ada sangat banyak website dan platform di internet yang bisa menjadi perantara untuk mendapatkan pendapatan. Fiverr adalah salah satunya.

Caranya sendiri cukup mudah. Yang Kamu butuhkan tentu saja kemampuan desain grafis, kesabaran, keuletan dan pastinya kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan skill. Jangan lupa juga untuk menyiapkan rekening online, minimal Paypal atau Payoneer sebagai tempat menampung bayaran atas jasa desain grafismu. 

Fiverr, Salah Satu Freelance Marketplace Favorit Desainer Grafis

Saat seorang desainer grafis memutuskan bekerja secara mandiri, Ia harus tahu lebih dahulu ke mana harus mencari klien. Cara terbaik yang bisa Kamu lakukan adalah bergabung dengan website-website penyedia jasa freelance. 

Dewasa ini, banyak sekali cara yang bisa ditempuh bagi seorang desainer grafis untuk mendapatkan pemasukan tambahan lewat jasa freelance secara online. 

Khusus untuk Fiverr, Kamu bisa membuat service/gig untuk ditawarkan. Client yang tertarik akan membeli jasa yang Kamu tawarkan. Karya desain apa saja bisa Kamu jual, mulai dari desain logo sampai edit foto. Semua ada. 

Siapa yang Berbisnis di Fiverr? 

Di Fiverr, setidaknya terdapat beberapa pihak yang saling berkaitan secara langsung. Siapa saja mereka? Ini dia daftarnya: 

  • Buyer

Elemen pertama yang ada di Fiverr adalah buyer. Buyer adalah pihak yang menikmati layanan freelance oleh orang yang menjual jasanya. Nantinya, setelah pekerjaan selesai, buyer akan membayar sejumlah uang yang telah disepakai karena telah bertindak sebagai pembeli atas jasa yang disediakan orang lain. 

  • Seller 

Seller adalah orang yang menjajakkan jasa di Fiverr dan harus menyelesaikan pekerjaannya dengan benar, untuk pihak yang telah membayar jasanya. 

Seller akan mendapatkan fee dari pekerjaan yang dilakukan untuk buyer. 

  • Gigs

Kemudian ada Gigs. Gigs adalah pekerjaan yang harus diselesaikan oleh para reseller. Biasanya, pekerjaan ini tergantung pada keahlian pada seller. Sehingga sanat memungkinkan meningkatkan kepuasan seller. 

  • Platform

Dan elemen keempat adalah platform, dalam hal ini Fiverr sebagai marketplace. Marketplace online merupakan platform yang digunakan untuk para freelancer memasarkan jasanya. 

Cara Menjual Desain Grafis di Fiverr

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk menjual desain grafis di Fiverr. Pada artikel ini, kami berasumsi kamu belum mendaftar akun Fiverr, maka langkah-langkahnya akan dimulai dari: 

  1. Mendaftar di Fiverr sebagai seller. 
  2. Buat profil dan lengkapi semua informasi yang diminta. 
  3. Buat gig. Gig adalah sebutan untuk jasa yang kamu jual di Fiverr. 
  4. Jika pernah membuat desain sebelumnya, jangan ragu untuk cantumkan portofolio.
  5. Buyer membuat order di gig milikmu. 
  6. Kerjakan orderan tersebut, lalu kirimkan hasil pekerjaanmu. Selalu jaga komunikasi dengan buyermu. Tanya, apa yang mereka inginkan, dan konformasi apa yang kamu pahami dari permintaan mereka. 
  7. Jika buyer puas, order akan dianggap selesai. Buyer kemudian membuat testimoni yang baik tentang layananmu. Testimoni positif ini akan menjadi modal yang bagus untuk karirmu di Fiverr. 
  8. Uang akan masuk di saldo Fiverr dan siap ditransfer ke rekening milikmu setelah 14 hari kerja. Kamu bisa menarik saldo Fiverr ke Paypal, lalu diteruskan ke akun bank yang kamu gunakan. 

Tips Sukses Berkarir di Fiverr

Buat Gig Dengan Niche yang Spesifik

Tips pertama yang bisa dicoba para freelancer adalah membuat gig dengan niche yang spesifik. Misalnya, kamu mempunyai gig di kategori Graphics and Design, dengan sub kategori logo. Jika tidak menggunakan niche, target pasarmu akan terlalu luas. Sainganmu akan terlalu banyak,dan sebagian dari mereka mungkin adalah para penulis dengan level seller yang lebih tinggi. 

Baca Juga : Rahasia Memulai Bisnis Kaos Distro Merek Sendiri

Mereka sudah punya bekal pelanggan dan testimoni yang siap menyilaukan siapa saja yang melihat profilnya. 

Optimalkan Promosi

Untuk para freelancernya, Fiverr menyediakan tempat untuk memajang portofolionya. Kamu harus memanfaatkan hal ini dengan baik. Tampilkan karya terbaik kamu miliki. Misalnya, bisa dengan menambahkan foto, video, dan keterangan agar gigmu terkesan meyakinkan dan profesional.

Usahakan Selalu Mendapat Rating Positif

Di platform job marketplace manapun, rating adalah yang utama. Termasuk di Fiverr. Orang tidak akan tertarik membeli gig yang kamu tawarkan jika ratingnya kurang dari 95%. Misalnya, jika kamu baru punya 10 gig, dan ada satu gig yang negatif, nilai ratingmu sudah 90% saja. 

Salah satu trik yang bisa kamu coba adalah dengan meminta buyer memberikan rating 5 bintang. Dan sebagai imbalannya, kamu akan memberikan ekstra free service pada mereka.

Kirim Pekerjaan Sebelum Deadline Date

Usahakan untuk selalu menyelesaikan dan mengirimkan pekerjaan sebelum waktu yang dijanjikan. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan buyermu. Hal ini juga membuat mereka punya kesempatan untuk melakukan review, dan melakukan perbaikan jika diperlukan. 

Penutup

Itulah tadi cara menjual desain grafis di Fiverr. Dengan peluang yang besar, apakah Kamu tertarik untuk terjun sebagai desainer grafis? 

Wujudkan ide bisnis Anda dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

Send Comment