Mobilitas orang dan barang yang cepat saat ini membuat kebutuhan akan moda transportasi menjadi tak terelakkan lagi. Masyarakat masa kini sangat mudah untuk memiliki kendaraan bermotor sebagai alat transportasi. Yang paling umum tentu saja mobil dan motor. Dua jenis kendaraan ini dinilai mampu menjawab kebutuhan orang akan alat transportasi. 

Tak hanya untuk digunakan sendiri, kini banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadinya sebagai alat untuk mencari uang. Salah satunya dengan menjadi ojek online. Rutinitas masyarakat terutama di daerah perkotaan menuntut ketepatan waktu dan kemudahan. Keterbatasan waktu dan banyaknya urusan dalam satu hari membuat banyak orang tidak mau membuang waktunya sia-sia di jalan. 

Peluang inilah yang coba ditangkap oleh para pengendara ojek motor dan menawarkan jasanya secara online. 

Pengendara ojek online tidak hanya berasal dari alumni ojek pangkalan saja. Namun banyak orang lintas profesi yang menjadikan ojek online pekerjaan, bukan hanya sampingan, tetapi menjadi pekerjaan utama. Kini, dengan mudah kita temukan para pengojek di berbagai sudut, tak hanya di kota, namun juga sampai ke desa-desa. 

Baca Juga : Cara Belajar SEO yang Mudah Dimengerti

Seiring bergulirnya waktu, sekarang muncul banyak pelaku bisnis ojek online selain Gojek dan Grab, dua penguasa pasar ojek online saat ini. Cara promosi yang ditempuh oleh pebisnis ojek online tersebut juga tidak kalah dengan bisnis ojek online yang sudah lama mapan. 

Namun, semakin banyak yang membuka bisnis jasa ojek online, membuat persaingan yang ketat tak terhindarkan lagi. Ini mengakibatkan omset bisnis ojek online menurun, yang tentu sangat berpengaruh pada pendapatan bagi para driver. Ketatnya persaingan ini, tak lepas dari kemudahan untuk membuka jasa ojek online dan peluang keuntungan yang akan didapatkannya. 

Kanca Jejualan, pada artikel ini, kami akan berbagi pada Kanca Jejualan tentang cara promosi ojek online agar cepat ramai. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Cara Promosi Ojek Online 

Walaupun kehadiran ojek online banyak mengundang kontroversi, terutama perselisihan dengan ojek pangkalan dan taksi konvensional, nyatanya banyak orang yang puas dengan ojek online. Bahkan tak sedikit yang menjadikan ojek online sebagai moda transportasi utama. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi. 

Hal inilah yang membuat peluang bisnis ojek online masih terbuka bagi siapa saja yang ingin terjun ke sana. Ketika Anda baru membuka jasa ojek online, maka Anda harus bisa mempromosikan bisnis tersebut agar dikenal orang. Cara promosi dan strategi marketing yang tepat dapat menentukan apakah ojek online yang Anda rintis, berkembang atau tidak. Berikut ini adalah cara promosi ojek online yang bisa  Anda, Kanca Jejualan aplikasikan. Jadi, simak sampai bagian akhir artikel ini, ya. 

1. Menaruh Nomor Handphone di Motor 

Cara promosi yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menempatkan stiker bertuliskan nomor handphone di bagian yang mudah terlihat di motor. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan orang untuk menyimpan nomor Anda saat melihatnya di jalanan. Bukan tidak mungkin ada orang yang menghubungi untuk menggunakan jasa Anda nantinya. 

2. Nongkrong di Tempat yang Ramai

Nongkrong di tempat yang ramai bisa menjadi cara promosi ojek online untuk mendapatkan pelanggan. Hal ini dapat diibaratkan seperti ketika Anda memancing. Agar mendapatkan ikan, tentu saja Anda harus berada di bagian sungai, laut,atau kolam yang banyak ikannya. 

Keberadaan Anda di tempat yang ramai tentu saja dapat menarik perhatian orang, bahwa di sini ada ojek online yang siapa mengantarkan penumpang ke mana saja. 

Ketika Anda melakukannya secara rutin, maka secara tidak langsung, orang akan terbiasa melihat keberadaan Anda dan tertarik mencoba jasa ojek online yang Anda tawarkan. 

Apalagi jika Anda bertempat di daerah perkantoran di kota-kota besar, bisa saja Anda menawarkan jasa pada setidaknya ratusan orang yang lalu lalang di tempat tersebut. Sudah bukan rahasia lagi kalau pekerja kantoran adalah konsumen terbesar ojek online. 

3. Melakukan Pendekatan Pada Calon Penumpang 

Cara promosi ojek online yang satu ini sebenarnya cukup mudah dan mungkin sedikit tricky. Anda cuma perlu berbicara dengan orang yang baru saja Anda antar dan bila penumpang puas dengan jasa Anda, berikanlah nomor telepon Anda pada pelanggan. Ini agar mereka lebih mudah menghubungi Anda ketika ingin bepergian menggunakan jasa ojek. Atau, bisa juga Anda meminta pelanggan tersebut merekomendasikan jasa ojek online Anda pada orang lain. Yakinlah, promosi dari mulut ke mulut kadang lebih efektif dari jenis promosi apapun. 

4. Menggunakan Media Sosial

Bisa dibilang, ini adalah salah satu cara promosi modern yang paling banyak diaplikasikan saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi dan meratanya penggunaan internet, aktivitas berbau online kini banyak diminati. 

Netizen menjadikan media sosial sebagai tempat untuk mencari berbagai informasi. Mulai dari berita, bahkan jual beli. Dengan banyaknya aktivitas tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis ojek online Anda. Pun, Anda juga bisa berkomunikasi secara berkala dengan calon pelanggan dan pengguna jasa ojek online Anda. 

Baca Juga : Cara Memaksimalkan Media Sosial Untuk Bisnis

5. Memasang Baliho atau Spanduk di Titik Protokol Kota 

Memasang Spanduk atau baliho di titik-titik utama kota, sebenarnya adalah cara promosi yang banyak memakan biaya. Baliho yang Anda pasang di titik-titik keramaian kota, tentu saja akan banyak dilihat orang. Orang akan lebih cepat tahu bahwa ada jasa ojek online Anda. 

Beberapa informasi bisa Anda masukkan dalam spanduk atau baliho. Mulai dari nama jasa ojek online, kontak yang bisa dihubungi, sampai jangkauan wilayah yang dapat dijangkau. Anda juga bisa memberikan penawaran promosi yang menarik, yang dapat memancing rasa penasaran calon pelanggan untuk menggunakan jasa Anda. 

6. Memberikan Penawaran Promosi Gratis 

Cara ini bisa dibilang menjadi cara yang ampuh untuk menarik calon pelanggan baru. Bahkan, perusahaan ojek online besari di negeri ini pun seringkali menggunakan penawaran gratis untuk menarik pelanggan. Anda bisa memberikan penawaran promosi pada periode waktu tertentu atau jumlah pemakaian tertentu. 

Misalnya, Anda bisa memberikan 1 kali jasa gratis setelah 10 kali perjalanan. 

Penutup

Bisnis jasa ojek online, meskipun saat ini dikuasai oleh dua startup terbesar, bukan berarti jalan untuk ikut meramaikan bisnis ini menjadi tertutup. Nyatanya, kini di banyak daerah bermunculan ojek online dengan pendekatan yang lebih lokal. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi Kanca Jejualan, tentang cara promosi ojek online. 

Wujudkan ide bisnis Anda dengan website toko online dari Jejualan. Dapatkan berbagai fitur terbaik toko online harga terjangkau dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.  

 

Send Comment