Ada banyak peluang yang dapat Anda jadikan sebagai ide untuk memulai bisnis. Salah satu peluang bisnis dengan prospek yang menjanjikan adalah bisnis baju. Tapi bukan bisnis baju eceran, yang selama ini tampak mendominasi pasar. Tetapi usaha grosir baju.

Sebagai bagian kehidupan sehari, dunia bisnis baju selalu berkembang pesat dari waktu ke waktu. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bisnis jual beli baju adalah salah satu bisnis yang tidak pernah mati.

Jika Anda ingin memulai bisnis yang mudah dengan target pasar yang lumayan luas, maka usaha grosir baju  bisa menjadi pilihan untuk Anda tekuni.

Mulai mengembangkan bisnis baru adalah fase-fase yang menantang bagi orang yang melakukannya. Sebagian orang mungkin akan menganggap hal tersebut biasa saja. Namun sebagian lainnya, terutama para pemula, tentu saja ini adalah hal yang tidak biasa.

Sebuah bisnis harus membutuhkan konsep dan pemikiran yang matang dalam pelaksanaannya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis  harus direncakanan dengan sempurna. Agar hasil kelak yang didapatkan sesuai dengan harapan.

Salah satu bisnis yang menjanjikan dan selalu memiliki daya tarik tersendiri adalah bisnis pakaian. Sebagai salah satu kebutuhan utama manusia, bisnis kaos tidak akan pernah sepi dari pembeli. Namun, hal tersebut tentu berbanding lurus dengan ketatnya persaingan di bisnis baju.

Menjadi seorang pemula di dunia usaha grosir baju bukanlah sesuatu yang harus dijalani dengan rasa khawatir akan ketatnya aroma persaingan. Anda tetapi bisa sukses bisa bila dapat membuat perencanaan bisnis yang baik mampu menjalankan bisnis secara efisien.

Pada artikel kali ini, Jejualan akan berbagi dengan Kanca semuanya, tentang cara usaha grosir baju cepat laris. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Cara Usaha Grosir Baju Cepat Laris

cara usaha grosir baju

Semakin hari, usaha grosir baju semakin banyak saja pesaingnya. Bahkan, para pedagang baju dari salah satu pusat grosir baju terbesar di Indonesia, Tanah Abang, sudah sangat banyak yang merambah dunia online. Walaupun demikian, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan sekecil apapun peluang yang tersedia di depan mata.

Lantas, bagaimana agar usaha baju grosir jadi lebih cepat laris? Berikut ini adalah cara usaha grosir baju cepat laris. Mohon disimak, ya.

Menentukan Lokasi Usaha yang Tepat

Ada sebuah ungkapan yang bunyinya begini, “Posisi sangat menentukan prestasi”. Mungkin ungkapan tersebut banyak diamini oleh para pelaku bisnis. Misalnya, harga sewa toko yang berada di pinggir jalan raya, tentu lebih mahal dari toko yang berada sedikit lebih kedalam. Pun begitu, kios yang berada di mall, bisa jadi lebih mahal daripada kios yang ada di pasar tradisional.

Maka dari itu, lokasi merupakan ukuran di mana Anda bisa mempromosikan barang lebih banyak lagi. Anda juga bisa memanfaatkan tempat untuk menjadi pengingat bagi para pelanggan. Karena tidak jarang, pelanggan akan mengunjungi toko, karena mengingat tempatnya. Untuk ukuran jualan baju, apalagi secara grosir, bentuk toko tidaklah terlalu penting. Yang terpenting adalah lokasi yang mudah untuk dijangkau.

Mencari Agen dan Reseller

Pada umumnya toko grosir memang dibutuhkan oleh para pengusaha, dari skala pedagang kecil, hingga pedagang besar. Intinya adalah, mereka yang menjual kembali. Hal penting lain yang juga harus Anda lakukan adalah mencari agen atau reseller. Ini penting untuk memperluas jaringan penjualan Anda.

Jika sudah begitu, orang akan tertarik untuk menjadi reseller Anda. Jika sudah memiliki reseller tetap, ini akan sangat bagus untuk bisnis grosir baju Anda.

Baca Juga : 10 Alasan Mengapa Bisnis Kaos Sangat Menguntungkan

Selalu Update Dengan Tren

cara usaha grosir baju

Sebagai seoran pengusaha di bidang pakaian, Anda dituntut untuk selalu update tentang tren pakaian terbaru. Bahkan jika perlu menyediakan pakaian yang kemungkinan disukai oleh pasar, dan diprediksi populer di masa yang akan datang.

Apalagi, pakaian, sudah mengalami banyak kemajuan dari sisi teknologi dan mode. Pun juga dengan pilihan bahan yang semakin bagus kualitasnya. Di jamin, toko grosir Anda akan semakin terkenal.

Misalnya ketika mendekati momen lebaran, busana muslim pasti menjadi buruan. Anda bisa menyediakan stok yang lebih pada momen tersebut.

Pakaian bayi juga dapat menjadi pilihan untuk Anda, yang dapat memprediksi tren. Apalagi pakaian bayi sudah pasti banyak dicari oleh para orang tua yang baru memiliki bayi.

Memaksimalkan Pemasaran

Pemasaran adalah hal paling penting yang harus Anda lakukan. Pada kasus ini adalah karena Anda berjualan kaos secara online, berarti Anda harus melakukan pemasaran secara daring. Yang harus Anda perhatikan adalah, fokuslah pada salah satu teknik digital marketing terlebih dahulu.

Misalnya Anda ingin memaksimalkan marketing di Instagram, akan lebih baik bagi Anda untuk melakukan pemasaran di Instagram. Setelah pemasaran di Instagram sudah berjalan baik, maka tugas selanjutnya adalah melirik cara pemasaran digital lainnya. Seperti Twitter, SEO, SEM dan lain sebagainya.

Memberikan Promo dan Diskon

Promo merupakan salah satu dari sekian banyak cara untuk meningkatkan penjualan. Anda pun juga bisa menggunakan strategi pemasaran yang satu ini. Misalnya Anda memberikan promo diskon. Ketika ingin memberikan potongan harga, mungkin cara ini sudah biasa. Anda bisa menggunakan strategi ongkos kirim. Anda bisa memberikan gratis ongkir, misalnya dengan syarat pembelian tertentu.

Memprioritaskan Kualitas

cara usaha grosir baju

Selalu dahulukan kualitas, dibandingkan harga. Mengapa demikian? Ketika menjadi penjual grosir, harga sudah menjadi keunggulan kompetitif Anda. Karena grosir umumnya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan retailer.

Anda bisa menggunakan kualitas sebagai senjata untuk bersaing di pasar. Apalagi konsumen pada saat ini cenderung sangat cerdas. Di mana, mereka bisa menemukan baju yang terbilang murah, tapi dengan kualitas yang sangat bagus. Anda harus menawarkan hal yang sama. Atau bahkan lebih, dengan ciri khas Anda.

Selalu Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Cara meningkatkan penjualan bisnis grosir yang kedua adalah selalu meningkatkan kualitas pelayanan yang baik. Terutama dengan peritel. Peritel adalah bagian tak terpisahkan dari rantai distribusi barang yang berlangsung antara pebisnis baju grosir sebelum suatu barang sampai di tangan pelanggan.

Sebagai rantai terakhir dari distribusi barang ke konsumen terakhir, memberikan pelayanan yang baik dengan peritel akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Selain itu, kerjasama yang baik juga akan meningkatkan penjualan bisnis grosir Anda.

Penutup

Bisnis grosir baju banyak menjadi pilihan banyak orang karena potensinya yang masih sangat besar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapapun Anda yang ingin tahu cara usaha grosir baju cepat laris.

Mau bisnis baju Anda berkembang lebih besar lagi? Jangan lupa online-kan bisnis Anda dengan website toko online dari Jejualan, Buka Toko Online Cuma 20 Detik.

 

 

 

Send Comment